MASTER THESIS
Permanent URI for this community
Browse
Browsing MASTER THESIS by Title
Now showing 1 - 20 of 1025
Results Per Page
Sort Options
- ItemABSTRAK PERAN KNOWLEDGE MANAGEMENT DENGAN MODERATOR KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI (Studi Kasus Pada Salah Satu Perguruan Swasta Di Bandung)(Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2018) Kristianto, Eugenius Tejo SukmojatiBerkembangnya pendidikan perguruan tinggi saat ini berdampak pada persaingan Institusi Perguruan tinggi terhadap kualitas lulusan yang dihasilkan. Dalam rangka menjaga dan terus berupaya untuk menjadi lebih unggul, institusi perguruan tinggi perlu meningkatkan kualitas human resource management. Manajemen perguruan tinggi bertanggung jawab atas semua permasalahan yang ada di dalam sebuah institusi. Dengan Manfaat knowledge management terhadap sebuah institusi atau organisasi berupa penyederhanaan dalam pencapaian visi dan misi institusi. Knowledge Management menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola knowledge tersebut sebagai aset institusi yang berharga dan menjadi tantangan tersendiri bagi manajemen perguruan tinggi dalam menghadapi persaingan kualitas di dunia pendidikan tinggi. Penelitian ini membahas peran knowledge management dalam pengelolaan sumber daya manusia pada sebuah institusi pendidikan tinggi secara kuantitatif dengan metode verifikatif kausal dan dengan teknik probability accidental sampling sebanyak 90 responden.Hasil yang diperoleh adalah Attitude toward knowledge sharing behavior yang dimoderasi oleh subjective norms berpengaruh terhadap Intention to share knowledge.
- ItemABUSE OF POWER DAN DISKRESI ATAS OPINI AUDIT YANG DIBERIKAN OLEH AUDITOR KANTOR AKUNTAN PUBLIK BERTARAF INTERNASIONAL DI INDONESIA(Program Studi Magister Akuntansi S2 Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2021) Fitriany, Ulfah GitaPenelitian ini dilakukan untuk menggambarkan: 1) faktor-faktor yang mendorong seorang akuntan publik/auditor melakukan tindakan abuse of power pada opini audit; 2) faktor-faktor yang mendorong seorang akuntan publik/auditor melakukan tindakan diskresi pada opini audit. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan wawancara sebagai teknik pengumpulan datanya. Informan dalam penelitian ini adalah 8 (delapan) auditor eksternal dari 4 (empat) Kantor Akuntan Publik (KAP) bertaraf internasional di Indonesia. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Peluang seorang akuntan publik/auditor untuk melakukan abuse of power pada pemberian opini audit sangatlah kecil, karena sekarang regulasi bagi Kantor Akuntan Publik (KAP) dalam melakukan audit semakin banyak, P2PK (Pusat Pembinaan Profesi Keuangan) mengawasi KAP lebih ketat daripada sebelumnya, P2PK tidak hanya mengecek laporan keuangan audit klien saja melainkan hingga time table auditor pun dicek. Melihat dari sisi pemerintah OJK (Otoritas Jasa Keuangan), BPKRI (Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia), dan lembaga-lembaga negara lainnya sudah siap untuk memberikan sanksi-sanki kepada KAP dan akuntan publik/auditor yang melakukan kecurangan. Akuntan publik/auditor sendiri pasti mempunyai kesadaran untuk selalu menjunjung tinggi kode etik, menjaga integritas, dan selalu tetap berada pada koridor yang seharusnya. Faktor-faktor yang membuat seorang akuntan publik/auditor ingin melakukan abuse of power adalah adanya opportunities (kesempatan) dan pressure (tekanan); 2) Diskresi merupakan suatu tindakan kecurangan dengan memanfaatkan posisi/jabatan untuk mengambil keputusan. Potensi terjadinya diskresi kecil. Sama seperti abuse of power, faktorfaktor yang membuat seorang akuntan publik/auditor ingin melakukan diskresi adalah opportunities (kesempatan) dan pressure (tekanan).
- ItemANALISA EXPECTED RETURN MULTI SEKTORAL DI INDONESIA(Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2021) Kusuma, Irham AkbarPenelitian ini bertujuan untuk menguji adanya karakteristik sektoral terhadap expected return yang diukur menggunakan Capital Asset Pricing Model (CAPM) pada perusahaan Indonesia dan pengaruh variabel keuangan E/P, Size, Likuiditas, BV/MV dan DER terhadap expected return. Sampel meliputi 440 observasi perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2016 - 2020. Untuk memperhitungkan potensi hubungan antara variabel-variabel keuangan (E/P, Size, Likuiditas, BV/MV dan DER) dan expected return, digunakan model regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan (i) rata-rata expected return untuk sektor pertambangan adalah yang paling tinggi, sementara, sektor dengan expected return yang paling rendah adalah konsumer, (ii) rasio fundamental perusahaan E/P, Size, Likuiditas, BV/MV dan DER secara simultan berpengaruh signifikan dan positiv terhadap expected return, (iii) E/P dan Size secara parsial berpengaruh signifikan terhadap expected return, (iv) Likuiditas, BV/MV dan DER secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap expected return pada tahun 2016-2020. Oleh karena itu, signifikansi variabel-variabel yang mempengaruhi expected return dapat menjadi landasan keputusan calon investor dan perusahaan dalam konteks investasi dan penerbitan saham.
- ItemANALISA FAKTOR PERCEIVED USEFULLNESS, PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED ENJOYMENT TERHADAP NIAT BELI ONLINE MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Widyatama)(Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung, 2017) Sugandy, Riyan RidwanPenelitian ini dilakukan unuk mengetahui faktor apa saja yang memiliki pengaruh terhadap niat beli online di kalangan mahasiswa dalam dunia ecommerce. Mahasiswa merupakan pangsa pasar yang sangat menarik bagi perusahaan dan pengusaha yang bergerak dalam bidang ecommerce. Berdasarkan penelitian terdahulu, faktor Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Perceived Enjoyment memiliki pengaruh terhadap niat beli online mahasiswa. Penelitian dilakukan kepada 203 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Widyatama. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perceived Usefulness memiliki pengaruh sebesar 19.1%, Perceived Ease of Use memiliki pengaruh sebesar 27,9% dan Perceived Enjoyment memiliki pengaruh sebesar 43.3% terhadap Niat Beli Online dari responden yang terlibat dalam penelitian ini.
- ItemANALISA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEGAWAI BERWIRAUSAHA TAHUN 2019(Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2020) IskandarAdanya kondisi dimana para pegawai atau karyawan yang memutuskan untuk menjadi wirausahawan disebabkan faktor-faktor tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pegawai atau karyawan yang memutuskan untuk mengundurkan diri dan memilih menjadi wirausahawan. Data yang digunakan adalah data primer, berdasarkan hasil melalui kuesioner terhadap 114 pegawai yaitu sebagian besar pegawai atau karyawan bank, dan sebagian kecil dari karyawan perseroan terbatas (PT) dari Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang beroperasi di sebagian besar wilayah kota Bandung, kabupaten Bandung dan sekitarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, dengan menggunakan metode pendekatan deskripti verifikatif. Data diolah dan dianalisa menggunakan analisis regresi linear - uji hipotesis parsial (Uji t) menggunakan SPSS statistics for Windows 23. Temuan penelitian ini membuktikan dan memberikan kesimpulan sebagai berikut : (1) Motivasi mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap pegawai yang berwirausaha atau menjadi wirausahawan. (2) Minat mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap pegawai yang berwirausaha atau menjadi wirausahawan. (3) Bakat dan Kemampuan mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap pegawai yang berwirausaha atau menjadi wirausahawan. (4) Teknologi Informasi dan Bisnis Online mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap pegawai yang berwirausaha atau menjadi wirausahawan. (5) Kondisi Lingkungan Kerja mempengaruhi secara positif namun tidak signifikan terhadap pegawai yang berwirausaha atau menjadi wirausahawan. (6) Keyakinan ajaran agama mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap pegawai yang berwirausaha atau menjadi wirausahawan. Penelitian ini menghasilkan implikasi bahwa upaya, strategi, dan inovasi perusahaan bersinergi dengan pemerintah dan pegawai sebagai penentu utama, sehingga wirausaha berkembang dengan baik mengekselerasi peningkatan perekonomian.
- ItemANALISA HUBUNGAN ELEMEN-ELEMEN BRAND EQUITY TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KOPI ABC SUSU (Penelitian Pada Konsumen Kopi ABC Susu di Bandung)(Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2015) Triono, FredIndustri kopi sachet di Indonesia makin kompetitif dan bervariasi, saat ini PT Santos Jaya Abadi menjadi market leader industri kopi sachet di Indonesia dengan share sebesar 54,3%. Untuk kategori R&G 3in1 PT Santos Jaya Abadi memiliki produk Kopi ABC Susu, Kopi ABC Susu menjadi market leader di kategorinya hanya beberapa tahun terakhir share dari Kopi ABC Susu terus menunjukkan penurunan. Hal ini salah satunya disebabkan faktor brand equity Kopi ABC Susu yang berpengaruh terhadap loyalitas konsumen Kopi ABC Susu. Penelitian ini menggunakan metode survey melalui kuisioner kepada konsumen Kopi ABC Susu. Jumlah responden yang disurvey sebanyak 100 orang. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisa jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisa deskriptif secara keseluruhan kinerja elemenelemen brand equity Kopi ABC Susu termasuk kategori sangat baik. Dan berdasarkan penelitian verifikatif pengaruh elemen-elemen brand equity secara bersamaan terhadap loyalitas konsumen sebesar 71,2%. Dan apabila dianalisa secara parsial dari elemen-elemen brand equity yang diteliti, brand association berpengaruh paling signifikan terhadap loyalitas konsumen sebesar 29,0%.
- ItemANALISA KEBUTUHAN PROGRAM PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN BERDASARKAN KOMPETENSI PADA TALENTS BANK BJB CABANG HASYIM ASHARI(Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama, 2015) Yuthadiana, R. VinaPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan program pelatihan dan pengembangan karyawan dengan cara mengidentifikasi gap kompetensi yang terjadi pada talents di bank bjb Cabang Hasyim Ashari. Data penelitian ini diperoleh dari data primer dan sekunder menggunakan kuesioner, interview dan observasi. Temuan penelitian menunjukan perbedaan kompetensi superior dan average pada talents (karyawan) dengan job level first line managerial grade 6, 8 dan 11 baik manajer senior maupun junior serta penelitian kebutuhan program pelatihan dan pengembangan kompetensi yang dibutuhkan agar dapat menjalankan tugasnya dan berkinerja superior. Hipotesa H0 ditolak dengan hipotesis Ho: level kompetensi talents berkinerja superior sama dengan level kompetensi talents berkinerja average, dengan tingkat kepercayaan pengujian (a) = 0.05 ditolak. Kriteria penolakan Ho jika p-value lebih kecil atau sama dengan 0.05. Kompetensi dengan nilai p-value < 0.05 merupakan kompetensi pembeda dari talents berkinerja superior dengan yang berkinerja average. Hasil penelitian dapat diimplementasikan dalam strategi pengelolaan sumber daya manusia (Talent Management) yang terintegrasi di bank BJB mulai dari proses rekruitmen, penempatan, pelatihan dan pengembangan, perencanaan karir ii dengan membandingkan antara persyaratan level kompetensi pembeda pemangku jabatan dengan kompetensi individu. Dapat digunakan juga sebagai acuan atau gambaran umum dalam lebih memahami kondisi nyata di manajemen cabang serta sebagai dasar untuk penempatan karyawan dan kesempatan karir yang lebih efektif. Disarankan pihak management sumber daya manusia pusat agar memperhatikan pelatihan dan pengembangan yang sungguh-sungguh diperlukan guna menunjang karyawan-karyawan yang memiliki nilai kompetensi lebih sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.
- ItemANALISA KUALITAS LAYANAN KLAIM JAMINAN KECELAKAAN KERJA REIMBURSE (STUDI KASUS DI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG CIMAHI)(Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2018) Adiarti, FitriaKualitas layanan merupakan faktor penting dalam perusahaan, apapun yang menjadi produknya. Sebagai badan hukum publik yang wajib menyelenggarakan perlindungan dasar bagi pekerja di Indonesia, pelayanan yang diberikan harusah pelayanan prima yang memenuhi baik peraturan perundangan, termasuk kebutuhan peserta, untuk bisa menjadi jembatan bagi kesejahteraan peserta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas layanan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja Reimburse di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cimahi pada periode tahun 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Angket wawancara dilakukan terhadap 10 informan di bidang pelayanan, dan empat perusahaan dengan pengajuan klaim kecelakaan kerja reimburse tertinggi. Berdasarkan Service Quality Gap Model yang dikembangkan Zeithaml, Parasuraman dan Berry, dari hasil wawancara didapatkan hasil adanya gap service design and standards gap dan service performance gap. Untuk bisa mengurangi gap yang muncul, dibutuhkan konsistensi, monitor, dan kontrol dalam menjalankan alur kerja sesuai ketentuan, dan memberikan layanan prima sesuai Service Blue Print yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen. Penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat bagi manajemen BPJS Ketenagakerjaan serta dapat menjadi pembanding bagi penelitian lanjutan.
- ItemANALISA LOYALITAS PELANGGAN XL AXIATA DITINJAU DARI PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN(Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2019) Pasaribu, Rudi HamzahSuatu perusahaan akan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan mereka, pelanggan mereka dan yang paling penting yaitu mempertahakankan loyalitas pelanggan mereka. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian tentang loyalitas pelanggan XL Axiata Penelitian ini bertujuan untuk mengukur loyalitas pelanggan XL Axiata ditinjau dari promosi dan kualitas layanan yang diberikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriftif dan verifikatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang seluruhnya adalah pelanggan XL Axiata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi sangat berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan dan sebaliknya kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan XL Axiata.
- ItemANALISA PENGARUH JOB STRESS TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI BANK RAKYAT INDONESIA(Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2017) Febriyanti, Intan RikePenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh job stress terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi di Bank Rakyat Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yakni metode penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau menggabungkan variabel satu dengan yang lain. Banyaknya sampel yang diteliti adalah 180 responden yang merupakan karyawan BRI bagian marekting (tenaga pemasaran) dan teknik yang digunakan adalah teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling (yaitu pengambilan sampel berdasarkan target tertentu).Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa persamaan regresi linear berganda untuk pengaruh job stress terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara job stress terhadap kinerja, kepuasan kerja terhadap kinerja dan job stress terhadap kepuasan kerja. Sedangkan secara simultan job stress dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT.BRI.
- ItemANALISA PERBANDINGAN PENGGUNAAN FUND TRANSFER PRICING (FTP) DENGAN METODE NET FUNDING TERHADAP POOLED FUND (SINGLE POOL, SPLIT POOL, DAN MULTIPLE POOL) DI BANK BJB(Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2019) Putra, Yudha SenjayaPenentuan Fund Transfer Pricing (FTP) sangat penting untuk mengevaluasi profitabilitas dalam pengumpulan dana pihak ketiga dan penyaluran kredit. Identifikasi FTP yang tepat sangat penting untuk penetapan harga suatu produk perbankan, evaluasi kinerja dan strategi yang akan dijalankan oleh bank. Penyebab sistem FTP bank bjb yang ada saat ini belum mampu meningkatkan kinerja keuangan (laba) adalah proses perhitungan suku bunga FTP berdasarkan pada saldo selisih dari dana masuk dan dana keluar sehingga menimbulkan ketidakadilan dalam penilaian Kantor Cabang. Selain itu, terdapat gap yang cukup besar pada FTP rate terhadap produk Kredit dengan produk DPK sehingga Kantor Cabang lebih memilih menempatkan dananya ke Kantor Pusat daripada disalurkan ke kredit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode Fund Transfer Pricing (FTP) yang sesuai untuk bank bjb dalam pencapaian target kinerja keuangan bank bjb serta dapat lebih mendorong Business Unit untuk berekspansi dan menjadi tools bagi manajemen untuk menentukan arah bisnis. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan Kantor Cabang bank bjb periode tahun 2017. Ada tiga metode FTP yang nantinya akan disimulasikan pada penelitian ini, Single Pool, Split Pool, dan Multiple Pool. Hasil dari simulasi tersebut nantinya digunakan pada alternatif analisis untuk menentukan metode FTP yang sesuai dengan bank bjb . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga metode FTP yang disimulasikan dapat menghasilkan pendapatan yang lebih bagi Kantor Cabang dibandingkan dengan metode FTP Net Funding yang digunakan sekarang. Dari tiga metode FTP yang disimulasikan tersebut, metode Multiple Pool adalah metode yang paling sesuai untuk diimplementasikan pada Kantor Cabang bank bjb karena menghasilkan pendapatan yang lebih besar dibandingkan dua metode lainnya.
- ItemAnalisa Persepsi Konsumen Terhadap Layanan Restoran Dan Promosi Restoran Serta Pengaruhnya Pada Keputuan Membeli Kembali (Studi Kasus Orbit Cafe)(Universitas Widyatama, 2010) Hendra, Susanto-
- ItemANALISA PROYEK PEMBUATAN PRODUK HEALTHY COOKIES LADIFABITES SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PRODUK MELALUI METODE BUSINESS MODEL CANVAS DI PT BONLI CIPTA SEJAHTERA (BCS)(Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2019) Hakim, Lukman Abdul AzizulPenelitian ini ditujukan untuk meneliti bagaimana suatu proyek di Perusahaan dijalankan berdasarkan kaidah-kaidah sesuai dengan ilmu pengetahuan, dimana dalam penelitian ini dilakukan analisa mengenai Perkembangan persaingan bisnis di Indonesia yang menjadi salah satu fenomena yang sangat menarik, terlebih dengan adanya globalisasi dalam bidang ekonomi yang semakin membuka peluang pengusaha asing untuk turut berkompetisi dalam menjaring konsumen lokal. Dampak globalisasi menyebabkan perusahaan yang terdiri dari berbagai macam perusahaan seperti perusahaan makananan atau minuman berkembang dengan cepat. Perusahaan dituntut untuk mengerti kebutuhan dan keinginan konsumen untuk menyesuaikan kemampuan perusahaan dengan kebutuhan yang sesuai keinginan konsumen.
- ItemANALISA STRATEGI BERSAING DAN SWOT ANALISIS PT. CAPRIFARMINDO DALAM UPAYA MENGHADAPI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) SECARA MENYELURUH PADA TAHUN 2019(Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung, 2018) Abdina, HaniPersaingan di industri farmasi sangat ketat dan di tahun 2014 terdapat 206 perusahaan farmasi. Untuk memenangkan persaingan perusahaan farmasi dituntut untuk merumuskan dan melaksanakan strategi bersaing yang sesuai dengan kemampuan internal perusahaan dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan eksternal perusahaan. PT. Caprifarmindo Laboratories telah merumuskan dan melaksanakan strategi dalam bersaing dengan mempertimbangkan arahan dari strategi global, prinsip perusahaan dan pengalaman yang dimiliki. Hal yang pertanyaan adalah apakah PT. Caprifarmindo Laboratories mampu memanfaatkan potensi pertumbuhan pasar yang menjanjikan dengan strategi yang telah ada saat ini. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi bersaing PT. Caprifarmindo Laboratories, menganalisis kondisi internal & eksternal perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara atau pemberian pertanyaan dan studi pustaka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menarik kesimpulan apakah strategi perusahaan masih efektif untuk diterapkan saat ini dan memberikan alternatif strategi untuk meningkatkan kemampuan bersaing dan pertumbuhan penjualan obat perusahaan di industri farmasi Indonesia. Untuk mengetahui keberhasilan strategi perusahaan saat ini penulis menggunakan indikator pertumbuhan penjualan perusahaan dibandingkan dengan pertumbuhan pasar farmasi nasional. Analisis ekternal seperti faktor porter’s five competitive dan forces driving forces digunakan untuk memaksimalkan peluang dan mengantisipasi tantangan dari lingkungan industri untuk memenangkan persaingan dalam industri farmasi Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dirumuskan dan diterapkan oleh PT. Caprifarmindo Laboratories masih belum efektif karena menghasilkan rerata pertumbuhan penjualan obat perusahaan di bawah rerata pertumbuhan pasar farmasi nasional, maka penulis mengusulkan perbaikan strategi untuk bisnis obat non resep. Rekomendasi yang diberikan adalah melakukan kegiatan continuous improvement untuk dapat selalu meningkatkan penghematan disemua sektor dan membangun kerjasama dan komunikasi dengan mitra strategis, kerjasama dengan pemerintah, penggunaan dan pengembangan teknologi dan restrukturisasi atau pengembangan organisasi dan sumber daya manusia harus tetap dilakukan dengan melakukan peningkatan penjualan sehingga meningkatkan rerata penjualan obat.
- ItemANALISIS ASYMETRIC HERDING BEHAVIOR PADA INDUSTRI MANUFAKTUR DI ASEAN EMERGING CAPITAL MARKET PERIODE 2015-2022(Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2024) Hartono, RyandyGejolak perekonomian dunia yang juga berdampak terhadap perekonomian negara-negara ASEAN selama beberapa tahun terakhir menyebabkan terjadinya perilaku herding di pasar modal, termasuk pada Industri Manufaktur yang cukup rentan dengan kondisi ketidakpastian. Perilaku herding merupakan salah satu bentuk bias perilaku yang paling menonjol dalam menghadapi ketidakpastian tinggi yang mempengaruhi keputusan investasi investor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeteksi keberadaan perilaku herding, terutama asymmetric herding pada kondisi pasar yang berbeda (up dan down market) selama periode Januari 2015–Desember 2022 pada industri manufaktur yang tercatat di Emerging Capital Market ASEAN (Indonesia, Malaysia dan Thailand). Penelitian ini menggunakan pendekatan dispersi cross-sectional untuk dapat mencapai tujuan penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pada periode sebelum COVID-19 tidak terdeteksi adanya perilaku herding pada industri manufaktur di Indonesia, Malaysia dan Thailand, sementara pada periode COVID-19 perilaku herding hanya terdeteksi pada industri manufaktur di pasar modal Thailand, sedangkan Malaysia dan Indonesia belum terdeteksi adanya perilaku herding. Pada periode penuh penelitian tidak ditemukan adanya perilaku herding di ketiga negara yang diteliti. Keberadaan asymmetric herding hanya terdeteksi pada industri manufaktur di pasar modal Indonesia, ketika pasar dalam kondisi turun (down) saja, tidak pada saat kondisi pasar naik (up). Temuan penelitian ini akan memberikan informasi yang dapat digunakan oleh pembuat kebijakan untuk menjaga stabilitas ASEAN Emerging Capital Market, terutama pada industri manufaktur.
- ItemANALISIS AUDIT INTERNAL DAN WHISTLEBLOWING SYSTEM DALAM PENCEGAHAN KECURANGAN (Studi Pada Badan Usaha Milik Negara PT Pos Indonesia (Persero))(Program Studi Magister Akuntansi Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2024) Syaftari, Aldy YuliantoTujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis mengenai audit internal dan whistleblowing system dalam pencegahan kecurangan (studi pada Badan Usaha Milik Negara PT Pos Indonesia (Persero)). Pencegahan kecurangan belum berjalan dengan optimal (Nurmayanti dan Indrawati) hal ini dibuktikan masih ditemukan kasus-kasus kecurangan (ACFE). Audit internal menjalankan fungsi penilaian pengendalian internal yang diharapkan akan membantu perusahaan dalam pencegahan terjadinya kecurangan, begitupula dengan whistleblowing system yang menjalankan fungsi sebagai tempat pelaporan indikasi kecurangan yang terjadi di perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor internal pada unit audit internal PT Pos Indonesia (Persero). Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Peran audit internal di PT Pos Indonesia (Persero) sudah sesuai dengan fungsinya, yaitu melakukan pengukuran dan penilaian efektifitas dari unsur-unsur pengendalian internal yang kemudian menyajikan analisis, penilaian rekomendasi dan komentar-komentar penting kepada auditee serta whistleblowing system di PT Pos Indonesia (Persero) sudah diterapkan sebagai channel dalam pelaporan indikasi kecurangan walaupun belum optimal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Audit Internal berperan dalam pencegahan kecurangan dan Whistleblowing System belum berperan dalam pencegahan kecurangan.
- ItemANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Prime Plaza Hotel Purwakarta)(Program Studi Magister Akuntansi Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2024) NurjanahBalanced scorecard sangat penting untuk mengukur kinerja suatu perusahaan, dengan terukurnya kinerja suatu perusahaan dapat dijadikan sebagai tolak ukur kinerja untuk memberikan gambaran tentang strategi kemajuan perusahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja perusahaan dengan menggunakan metode balanced scorecard yang diukur dengan menggunakan: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Prime Hotel Purwakarta pada tahun 2021 berdasarkan perspektif keuangan dengan indikator: Current Rasio, Department Profit/Loss, Operating Income Ratio, dan Operating Ratio, memperoleh hasil kurang baik. Berdasarkan perspektif pelanggan dengan indikator: Market Penetration Index (MPI), Revenue Generating Index (RGI), dan Average Rate Index (ARI), memperoleh hasil sangat baik. Berdasarkan perspektif proses bisnis internal dengan indikator: Minimize Error Rate and Rework (MERR), Pihak Ketiga (Partner with Third Party Providers), Proses Pelayanan Pasca Jual, dan Inovasi memperoleh hasil baik. Berdasarkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan indikator: Kapabilitas Karyawan, Kapabilitas Sistem Informasi, dan Retensi Karyawan memperoleh hasil baik. Secara keseluruhan kinerja Prime Hotel Purwakarta pada tahun 2021 berdasarkan balanced scorecard adalah cukup baik.
- ItemANALISIS BAURAN PEMASARAN JASA PADA PEOPLE, PHYSICAL EVIDENCE, DAN PROCESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NASABAH DALAM PENGAJUAN KREDIT GUNA BHAKTI BANK BJB (Studi Kasus Pada BJB Kantor Cabang Pembantu Terusan Kopo)(Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2018) Buana, GalangBank Bjb KCP Terusan Kopo telah berusaha untuk meningkatkan penjualan dari produk KGB dari nasabahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bauran pemasaran yang terdiri dari people, physical evidence, dan process dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada produk KGB Bank Bjb KCP Terusan Kopo. Penelitian ini menganalisis mengenai keputusan pembelian pembelian produk KGB Bank BJB KCP Terusan Kopo Bandung dilihat dari Bauran Pemasan Jasa. Adapun yang menjadi objek penelitian sebagai variabel bebas (X) (independent variable) yaitu Bauran Pemasaran Jasa pada variabel People, Physical Evidence, dan process masalah penelitian yang merupakan variabel terikat (Y) (dependent variable) yaitu Keputusan Pembelian yang memiliki dimensi Pre Purchase, Purchase, Post Purchase, Dengan uji Hipotesis :Uji T untuk uji pengaruh parsial, Koefisien Determinasi, Koefisien Korelasi, dengan sebaran sampel 125. Hasil Penelitian Pengaruh people, physical evidence, dan process serta pengaruhnya positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk KGB Bank Bjb KCP Terusan Kopo , artinya semakin baik nilai dari people, physical evidence, dan process yang diterapkan oleh Bank Bjb KCP Terusan Kopo, maka akan semakin tinggi pula tingkat keputusan pembelian pada produk KGB.
- ItemANALISIS CAPITAL BUDGETING UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENDIRIAN KLINIK UTAMA STUDI DI PT SARANA USAHA SEJAHTERA INSANPALAPA (TELKOMEDIKA) BANDUNG(Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2018) Eddyana, Wiedya AgustiantyBiaya kesehatan merupakan salah satu dari kebutuhan perusahaan yang semakin meningkat setiap tahunnya. Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyadari bahwa untuk dapat mewujudkan produktifitas yang tinggi pada karyawannya, maka kesejahteraan dan kesehatan karyawan beserta keluarga harus terjamin dengan baik. TelkoMedika didirikan untuk bersinergi dengan Yakes-Telkom dalam rangka mewujudkan efisiensi biaya layanan kesehatan khusus untuk karyawan, keluarga dan pensiunan Telkom. Salah satu cara untuk dapat melakukan efisiensi biaya kesehatan adalah dengan menyelenggarakan layanan kesehatan rawat jalan tingkat lanjut secara mandiri melalui pengembangan Klinik Utama TelkoMedika. Dalam mengambil keputusan terkait dengan rencana pengembangan klinik utama, perusahaan dapat melakukan perhitungan dengan menggunakan teknik capital budgeting. Teknik capital budgeting yang digunakan dalam menilai rencana investasi terdiri dari metode perhitungan yaitu ARR, Payback Period (PP), Discounted Payback Period (DPP), NPV, Profitability Index (PI) dan IRR. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan klinik utama khusus jantung, stroke dan diabetes melitus merupakan bisnis yang potensial untuk mendatangkan keuntungan dan dapat memberikan efisiensi biaya bagi Telkom.
- ItemAnalisis Citra Merek dan Kepercayaan Dalam Loyalitas Merek Debitur Kredit Guna Bhakti (Studi Kasus pada Bank BJB Cabang Majalengka)(Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2018) Fauzi, Ade RijalKondisi persaingan yang semakin ketat membuat perusahaan harus mampu bersaing, bertahan hidup dan bahkan terus berkembang. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dan dilakukan adalah mempertahankan nasabah yang telah ada. Kredit Guna Bhakti Bank bjb yang saat ini menjadi penguasa pasar untuk segmen kredit Pegawai Negeri Sipil terus mengalami penurunan. Untuk itu citra merek dan kepercayaan merek memegang peranan yang sangat penting dalam menciptakan nasabah yang loyal. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk 1) mengetahui citra merek Kredit Guna Bhakti bank bjb Cabang Majalengka 2) mengetahui kepercayaan merek Kredit Guna Bhakti Bank bjb Cabang Majalengka 3) mengetahui loyalitas merek Kredit Guna Bhakti bank bjb Cabang Majalengka 4) mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap loyalitas merek Kredit Guna Bhakti bank bjb Cabang Majalengka 5) mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek Kredit Guna Bhakti bank bjb Cabang Majalengka 6) mengetahui seberapa besar citra merek dan kepercayaan merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas merek pada debitur Kredit Guna Bhakti bank bjb Cabang Majalengka. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, peneliti mengumpulkan data menggunakan kuesioner terhadap 125 responden yang merupakan nasabah Bank bjb Cabang Majalengka. Uji statistik yang digunakan untuk menganalisis data termasuk uji validitas, reliabilitas, normalitas dan analisis regresi linear berganda serta menguji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari penelitian menyatakan bahwa citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh sebesar 40,4% terhadap loyalitas merek, adapun sisanya sebesar 59,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam objek penelitian. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap loyalitas Debitur Kredit Guna Bhakti Bank bjb Cabang Majalengka”. Judul penelitian ini bukan merupakan hasil adaptasi, jiplakan atau tiruan akan tetapi ini merupakan hasil dari pemikiran penulis. Penulis merekomendasikan agar perusahan lebih memperhatikan reputasi perusahaan dan memberikan service serta perhatian yang lebih kepada pelanggan agar karakteristik perusahaan semakin kuat.