Communities in DSpace
Select a community to browse its collections.
ACADEMIC PUBLICATIONS Digital Collection of Research Report Widyatama University LibraryFINAL ASSIGNMENT (Bachelor and Vocational Degree) Tugas Akhir Program D3 Dan S1LECTURER JOURNAL MASTER THESIS MASTER THESISSTUDENT JOURNAL
Recent Submissions
Item
PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA CV TIARA INDAH KOTA BANDUNG
(Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2023) Prabowo, Anang Yuli
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil analisis dan kajian
mengenai pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan, pengaruh motivasi
kerja terhadap gaya kepemimpinan transformasional, pengaruh gaya
kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan, serta seberapa besar
peran mediasi gaya kepemimpinan transformasional antara pengaruh motivasi
kerja terhadap kinerja karyawan CV Tiara Indah Bandung. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan mengukur dan menganalisis
fenomena yang dapat diukur secara kuantitatif. Metode ini menggunakan data
kuantitatif yang dapat diukur, dengan teknik uji hipotesis menggunakan Structural
Equation Model (SEM) pada software AMOS. Populasi penelitian ini adalah
seluruh karyawan CV Tiara Indah Bandung dengan jumlah 225 karyawan. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa motivasi kerja tidak berpengaruh secara
signifikan dan menunjukkan pengaruh negatif terhadap kinerja karyawan di CV
Tiara Indah Bandung pasca Pandemi Covid-19, motivasi kerja memiliki pengaruh
sangat kuat dan positif terhadap kepemimpinan transformasional di CV Tiara
Indah Bandung pasca Pandemi Covid-19, kepemimpinan transformasional tidak
memiliki pengaruh signifikan namun menunjukkan pengaruh positif yang kuat di
CV Tiara Indah Bandung pasca Pandemi Covid-19, serta peran kepemimpinan
transformasional sebagai mediasi memiliki pengaruh yang signifikan dan positif
di CV Tiara Indah Bandung pasca Pandemi Covid-19, memperkuat hubungan
antara motivasi kerja dan kinerja karyawan, serta mempengaruhi produktivitas
dan kepuasan karyawan.
Item
EFEKTIFITAS REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PT. TS TECH INDONESIA
(Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2024) Riyadi, Agus
Penelitian ini mengkaji efektifitas penggunaan reward and punishment dalam
meningkatkan kinerja karyawan di PT. TS Tech Indonesia. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai dampak
dari sistem reward and punishment yang diterapkan, yang nantinya dapat
digunakan sebagai dasar untuk membuat keputusan yang lebih tepat mengenai
sistem reward and punishment, penilaian kinerja karyawan, dan pengembangan
teori manajemen sumber daya manusia. Metode mixed methods digunakan untuk
mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai fenomena yang
diteliti. Analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel reward memberikan
kontribusi sekitar 26,5 % terhadap kinerja, sedangkan variabel punishment
berkontribusi sekitar 19.4%. Hasil menunjukkan bahwa kedua variabel ini
memiliki efek positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan tingkat
kesalahan sebesar 5%. Oleh karena itu, sistem reward and punishment yang
efektif dan adil di PT. TS Tech Indonesia berkontribusi signifikan terhadap
peningkatan produktivitas dan pencapaian tujuan perusahaan secara efisien dan
efektif. Penelitian ini menegaskan pentingnya implementasi strategi HRM yang
tepat untuk mencapai keefektifan organisasi.
Item
PENGARUH KEMAMPUAN KERJA SERTA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) TERHADAP KINERJA PEGAWAI INSPEKTORAT DAERAH KABUPATEN BANDUNG BARAT
(Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2024) Budiawan, Agus Indra
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan
kerja serta pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja pegawai Inspektorat Daerah
Kabupaten Bandung Barat. Penelitian dilakukan di Inspektorat Daerah Kabupaten
Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptifverifikatif
dengan jumlah sampel sebanyak 60 pegawai yang diambil dari seluruh
jumlah populasi. Teknik sampling yang digunakan ini adalah sampel jenuh atau
sensus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear
berganda melalui software statistik SPSS Seri 26. Hasil penelitian menunjukan
bahwa seluruh variabel termasuk dalam kriteria baik. Penelitian ini dilakukan
dengan cara menyebar kuesioner, wawancara dan observasi sebagai teknik
pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerja
berpengaruh terhadap kinerja pegawai Inspektorat Daerah Kabupaten Bandung
Barat selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain, begitu pula pendidikan dan
pelatihan berpengaruh terhadap kinerja pegawai Inspektorat Daerah Kabupaten
Bandung Barat selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Peningkatan kinerja
merupakan hal terpenting yang diinginkan baik oleh pegawai maupun organisasi.
Organisasi menginginkan kinerja pegawai yang optimal untuk kepentingan
peningkatan hasil kerja dan keuntungan organisasi. Di sisi lain, pegawai
berkepentingan untuk pengembangan diri dan promosi pekerjaan.
Item
ANALISIS PENGARUH INSENTIF KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA SALAH SATU BANK MILIK NEGARA (BUMN) DI WILAYAH SUKABUMI
(Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2023) Poerbowo, Agung Tri
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil kajian dan hasil analisis
pengaruh langsung serta tidak langsung mengenai peran insentif kerja karyawan
dalam pengaruh motivasi kerja karyawan terhadap kinerja karyawan Bank Rakyat
Indonesia (Bank BRI) yang beroperasi pada wilayah Kabupaten Sukabumi.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan pendekatan secara
kuantitatif, yang bertujuan untuk mengumpulkan data kuantitatif dan
menganalisisnya secara statistik untuk menguji hipotesis yang diajukan. Penelitian
ini dibatasi hanya pada Bank BRI yang berada di Wilayah Kabupaten Sukabumi.
Populasi didalam Penelitian ini adalah karyawan Bank BRI yang bertugas di
Kabupaten Sukabumi, dengan sampel didalam penelitian ini adalah karyawan
Bank BRI Account Officer / tenaga pemasar yang berjumlah 225 orang dan
diduga mengalami permasalahan terhadap kinerja. Hasil penelitian menunjukan
bahwa seluruh pengaruh langsung maupun tidak langsung memiliki pengaruh
secara positif dan signifikan. Hasil penelitian menjelaskan dalam rangka
meningkatkan pengaruh motivasi kerja terhadap insentif dan kinerja karyawan
Bank BRI Kabupaten Sukabumi, diperlukan langkah-langkah seperti peningkatan
komunikasi dan penyusunan rencana insentif yang jelas, penilaian kinerja yang
jelas, kesempatan pengembangan karir, lingkungan kerja yang mendukung,
pemberian tujuan yang jelas, keseimbangan kerja-hidup, keterlibatan dan
partisipasi, serta klarifikasi keterkaitan antara insentif dan motivasi, rancang
insentif yang relevan, dan evaluasi dan penyesuaian sistem insentif.
Item
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN KLINIK UTAMA KOPKAR KARYA LISNA
(Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2024) Aditya, Agi
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis, mengetahui, dan
membuktikan apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pasien, apakah harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, apakah
lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, apakah kualitas
pelayanan, harga, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien,
serta manakah diantara variable kualitas pelayanan, harga, dan lokasi yang paling
dominan terhadap kepuasan pasien.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 160 pasien Klinik Kopkar Karya Lisna yang dipilih dengan
menggunakan teknik simplre random sampling, Uji hipotesis dilakukan dengan
menggunakan uji regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas
pelayanan, harga, dan lokasi terbukti dapat memberikan pengaruh terhadap
kepuasan pasien. Kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terbukti secara simultan
dapat memberikan pengaruh terhadap kepuasan pasien. Variabel kualitas pelayanan
memberikan pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan pasien sebesar
55,6%, sedangkan variabel harga dan lokasi hanya mampu memberikan pengaruh
sebesar 11,8% dan 10,6%.