Widyatama Repository

Widyatama Repository is a digital service that collects, preserves, and distributes digital material.

Kampus Merdeka
 

Communities in DSpace

Select a community to browse its collections.

Now showing 1 - 5 of 6

Recent Submissions

Item
PERENCANAAN USAHA MAKAN PEYEK
(Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, 2023) Efendy, Herlin Aprilian
Pada saat ini banyak sekali peminat dibidang kuliner terutama dalam cemilan yang bisa langsung disajikan dan enak untuk di makan. Dari bahan baku yang mudah didapatkan ini bisa menjadikan cemilan yang bisa dikonsumsi oleh kalangan mana saja. Cemilan peyek ini juga dapat dijadikan oleh-oleh dan dibawa kemana saja. Cemilan ini mudah dibuatnya dan bahan baku yang mudah ditemukan namun tidak semua orang bisa membuat dan menjualnya dengan hasil produk yang baik dan rasa yang enak. Karena dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran pada saat proses pembuatannya. Makan Peyek ini terbuat dari bahan baku tepung beras dan tepung terigu yang dicampur dengan bumbu-bumbu yang digabungkan lalu diberi air setelah itu digoreng dengan tipis dan menunggu hingga matang dan kecoklatan. Bahan dasar yang mudah didapat ini dijadikan lebih inovasi dalam bentuk packaging ini membuat cemilan ini terlihat lebih kreatif dan tidak sama dengan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perencanaan bisnis yang diterapkan oleh Makan Peyek, untuk menjalankan bisnis sesuai dengan aspek-aspek kewirausahaan meliputi manajemen pemasaran, sumber daya manusia, manajemen operasional dan manajemen keuangan (2) Mengetahui perencanaan bisnis usaha Makan Peyek berdasarkan aspek-aspek kewirausahaan yang dikenal sebagai timmos model yang dilihat dari segi pasar,segi ekonomi dan tim manajemen dapat layak atau tidak. Metode yang dipilih untuk dilakukan dalam penelitian membuat perencanaan usaha pada Makan Peyek yaitu dengan Analisis SWOT (Strengh, Weakness, Oportunity, Threats), Timmons Model dan Business Model Canvas. Usaha yang dihasilkan dari produk cemilan oleh Makan Peyek merupakan suatu peluang yang cukup baik untuk kedepannya, dengan produk yang dihasilkan tidak terlalu banyak yang menjual, artinya tingkat pesaing pun tidak terlalu tinggi. Dengan meningkatnya penjualan dari awal memulai usaha pada tahun 2022 usaha Makan Peyek ini layak untuk dijual.
Item
PERENCANAAN BISNIS PADA USAHA RENGGINANG MA’ALA
(Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, 2023) Marsela, Heni
Perkembangan zaman dan teknologi makanan khas indonesia semakin tergerus keberadaanya seiring dengan keberadaan makanan-makanan luar. Hal ini dibuktikan Makanan western dan chinese yang terus menjamur di Indonesia. Rengginang sebagai salah satu makanan khas Indonesia. Rengginang sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang kini menjadi salah satu makanan yang tergerus oleh adanya modernisasi makanan tersebut. Namun data pada tahun 2021-2022 menunjukan adanya kenaikan penjualan pada penjualan Rengginang Ma’ala. Dari adanya dua fenomena tersebut tentunya menjadi perusahaan untuk tetap melakukan pembaharuan dan inovasi atas produk rengginang. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk memberikan fakta-fakta yang dibutuhkan dalam membuat perencanaan bisnis yang tepat dan dapat diterapkan oleh Rengginang Ma’ala serta studi kelayakan perencanaan bisnis berdasarkan kriteria kelayakan bisnis. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan dan survei. Lebih lanjut, untuk menentukan perencanaan bisnis yang tepat dilakukan analisis dengan menggunakan Timmons, Business Model Canvas, serta analisis SWOT. Hasil dari penelitian dengan menggunakan analisis SWOT menunjukan bahwasannya Rengginang Ma’ala memiliki kekuatan dari dalam internal namun tidak dirancang dengan baik untuk menghadapi ancaman dari lingkungan eksternal. Timmons Model dan Business Canvas Model menunjukan Rengginang Ma’ala layak dan berpeluang besar untuk berhasil di pasar persaingan
Item
PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI DAN ANALISIS PEKERJAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BENGKEL FAJAR MOTOR
(Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, 2023) Kusumawati, Havy
Tingginya persaingan bisnis dibidang perbengkelan dan penjualan aksesoris kendaraan bermotor menyebabkan setiap perusahaan harus mampu memanajemen perusahaan dengan baik, salah satunya adalah dengan merancang struktur organisasi dan analisis pekerjaan yang baik agar terjadi peningkatan pada kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh struktur organisasi dan analisis pekerjaan terhadap kinerja karyawan pada usaha Bengkel Fajar Motor yang fokus menyediakan layanan reparasi kendaraan bermotor dan penjualan spare part kendaraan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 23 karyawan sebagai sampel. Teknik penentuan sampel adalah teknik sampel jenuh karena menggunakan seluruh populasi sebagai sampel. Pengujian yang dilakukan terdiri dari uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis t parsial, uji hipotesis F simultan dan uji determinasi. Hasil uji validitas yang diperoleh menunjukkan adanya 1 indikator struktur organisasi dan 1 indikator analisis pekerjaan yang tidak valid. Uji reliabilitas menunjukkan konsistensi penilaian yang sangat kuat yaitu di atas 0,80 untuk masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan tidak signifikan struktur organisasi terhadap kinerja karyawan dengan besar pengaruh 17,5%. Terdapat pengaruh positif dan cukup signifikan antara analisis pekerjaan terhadap kinerja karyawan dengan besarnya pengaruh sebesar 53,8%. Hasil penelitian juga membuktikan adanya pengaruh positif da cukup signifikan struktur organisasi dan analisis pekerjaan terhadap kinerja karyawan dengan besarnya pengaruh sebesar 55,7%.
Item
PENGARUH PROMOTION DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP BUYING DECISION (Studi pada Pelanggan Wanita Camille Beauty di TikTok)
(Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, 2024) Hermawati, Hartini
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini pengguna internet sudah tidak asing lagi untuk memasarkan suatu produk. Suatu usaha yang dilakukan untuk pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan media internet dapat disebut juga e-marketing. E-marketing adalah bagian integral dari ecommerce, yang mencakup berbagai strategi dan metode untuk mempromosikan produk atau layanan online melalui media elektronik atau internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pengaruh Promotion Dan Product Quality Terhadap Buying Decision (Studi Pada Pelanggan Wanita Camille Beauty Di Tiktok). Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 70 konsumen yang pernah berbelanja produk Camille Beauty, metode yang digunakan adalah teknik non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan metode analisis data dilakukan dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promotion dan product quality berpengaruh terhadap buying decision pada pelanggan wanita Camille Beauty di TikTok. Melalui penelitian ini berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan terkait manajemen pemasaran.
Item
PENGARUH KERJASAMA TIM DAN KEDISIPLINAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI PT. TRI ADI BERSAMA (ANTERAJA) KOPO PERMAI BANDUNG
(Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, 2023) Firdhaus, Haris
Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kerjasama tim, disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada karayawan Anter aja kopo permai Bandung. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang pengumpulan datanya menggunakan kuisioner dan wawancara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis kuantitatif, analisis regresi linear berganda dan analisis koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 25, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Anter aja kopo permai Bandung yang berjumlah 32 orang. Hasil dari penelitian yang didapatkan dengan menggunakan uji t dan uji F menunjukan bahwa kerjasama tim tidak signifikan karena pada output SPSS pada variabel ini berjumlah 1,20 > 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa variabel kerjasama tim tidak terdapat pengaruh terhadap variabel kinerja karyawan dan hasil pada variabel disiplin kerja terdapat pengaruh terhadap kinerja karyawan. Sedangkan hasil uji F dinyatakan bahwa variabel kerjasama tim dan disiplin kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan.