Management - Vocational
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Management - Vocational by Title
Now showing 1 - 20 of 683
Results Per Page
Sort Options
- ItemANALISA ANGGARAN PROYEK PADA PT. P-COMMUNICATION BANDUNG(Universitas Widyatama, 2010) ZeusSuatu perusahaan dapat dikatakan berhasil jika manajemen perusahaan mampu dalam menjalankan seluruh kegiatan perusahaan dengan stabil. Untuk itu pihak manajemen harus mampu menyusun rencana, berkomunikasi, berkoordinasi, mengarahkan dan mengawasi untuk mencapai tujuan perusahaan. Banyak hal penting yang harus diperhatikan agar kinerja perusahaan tidak terganggu, salah satu alat yang dapat membantu manajemen dalam menuangkan rencana kegiatan dan juga digunakan sebagai alat pengendalian adalah anggaran kas. Dalam menyusun Laporan Tugas Akhir ini metode yang digunakan penulis adalah metode penelitian deskriptif, Tujuan dari metode deskriptif ini adalah untuk membuat deskriptif gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat hubungan antar fenomena yang diselidiki. Penulis juga mengadakan kerja praktek pada PT. P-Communication Bandung. Yang berkedudukan di Jl. Waspada No. 18 Cipaganti Bandung. Dalam melaksanakan merencanakan anggaran PT. P-Communication mengeluarkan anggaran berdasarkan laporan dari masing – masing Team Leader pemegang Proyek yang ditunjukan kepada Project Officer pemegang proyek tersebut. PT. P-Communication telah melaksanakan perencanaan anggaran dengan cukup baik karena sesuai dengan teori-teori yang ada mengenai anggaran, khususnya dalam perencanaan pengajuan anggaran dengan mempertimbangakan dasar-dasar anggaran dan syarat-syarat pengadaan anggaran. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, maka penulis menyimpulkan bahwa perencanaan anggaran pada PT. P-Communication sudah berjalan dengan lancar sesuai dengan teori yang ada meskipun ada beberapa kekurangan yang menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan.
- ItemANALISA BAURAN PROMOSI PADA MATERNAL DISASTER BANDUNG(Universitas Widyatama, 2017) Ardhan, Ridhwan MuhammadPeranan Bauran Promosi sangatlah penting dalam suatu perusahaan, karena dengan adanya Bauran Promosi yang efektif dan efisien maka keberhasilan dan tujuan suatu perusahaan dapat tercapai. Bauran Promosi merupakan salah satu proses pemasaran yang paling penting, naik turunnya penjualan suatu perusahaan tergantung dari Bauran promosinya itu sendiri maka dari itu perusahaan harus bisa menggali potensi karyawan di bidang pemasaran dengan baik. Tujuan dari laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bauran promosi serta hambatan-hambatan yang dihadapi dalam melakukan bauran promosi tersebut dan bagaimana solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Laporan Tugas Akhir ini berjudul “Analisa Bauran Promosi Pada Maternal Disaster Bandung”. Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan tugas akhir ini adalah metode deskriptif yaitu, metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan memaparkan, dan menguraikan secara terperinci. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi lapangan dan studi pustaka. Proses bauran promosi dilakukan Maternal Disaster Bandung dengan beberapa tahap yaitu, Periklanan, Promosi Penjualan, Acara dan Pengalaman, Penjualan Langsung, Penjualan Pribadi dan Hubungan Masyarakat.Dengan begitu perusahaan dapat lebih memperhatikan lagi aspek-aspek bauran promosi yang dilakukan oleh Maternal Disaster Bandung.
- ItemANALISA KUALITAS PELAYANAN ELEKTRONIK MOBILE APLIKASI KAI ACCESS DI PT KAI DAOP II BANDUNG(Universitas Widyatama, 2017) Tatiorim, JackyPerusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis jasa perlu untuk memperhatikan kualitas pelayanan, karna kualitas pelayanan berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan, pelanggan yang puas adalah pelanggan yang percaya untuk melakukan pembelian ulang (repeat order) Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk menganalisa kualitas pelayanan elektronik mobile aplikasi KAI Access terhadap teori 4 dimensi kualitas pelayanan elektronik Zeithaml and Parasuraman et al., (2005) yaitu : efficiency (Efisiensi), fulfillment (pemenuhan kebutuhan), system availability (ketersedian sistem) dan privacy (Privasi). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung, yaitu dengan melakukan wawancara dan observasi serta menggunakan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan atau sumber-sumber lain yang berhubungan dengan topik yang dibahas. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diterapkan cukup baik.
- ItemANALISA KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI BALAI PENGOBATAN AR – RAHMAN KELURAHAN RANCAEKEK KENCANA KABUPATEN BANDUNG(Universitas Widyatama, 2017) Batubara, MeidwaardoDalam sebuah perusahaan kualitas pelayanan merupakan unsur yang penting untuk meningkatkan kepuasan konsumen sehingga perusahaan dapat mewujudkan tujuannya. Dengan memberikan pelayanan yang baik dan sesuai dengan keinginan para pelanggannya maka perusahaan akan mendapatkan kepercayaan dari para pelanggannya. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk menganalisa kualitas pelayanan kesehatan Balai Pengobatan Ar – Rahman di Kelurahan Rancaekek Kencana Kabupaten Bandung yang meliputi Tangible (berwujud), Emphaty (empati), Reliability (keandalan), Responsivness (daya tanggap), Assurance (jaminan). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung, yaitu dengan melakukan wawancara dan observasi serta menggunakan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan atau sumber-sumber lain yang berhubungan dengan topik yang dibahas. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diterapkan cukup baik.
- ItemANALISA KUALITAS PELAYANAN PEMASANGAN LISTRIK BARU DI PT. PLN (PERSERO) RAYON GARUT KOTA(Program Studi Manajemen D3 Universitas Widyatama, 2016) Dwiputri, Gistivani JunikaDidalam sebuah perusahaan kualitas pelayanan merupakan unsur yang penting untuk meningkatkan kepuasan konsumen sehingga perusahaan dapat mewujudkan tujuannya dengan memberikan pelayanan yang baik dan sesuai yang keinginan para calon pelanggan maka akan timbul rasa kepercayaan terhadap suatu perusahaan. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan PT. PLN (Persero) Rayon Garut Kota yang meliputi Tangible (berwujud), Empathy (empati), Reliability (keandalan), Responsivness (daya tanggap), Assurance (jaminan) Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung, yaitu dengan melakukan wawancara dan observasi serta menggunakan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan atau sumber-sumber lain yang berhubungan dengan topic yang dibahas. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diterapkan cukup baik.
- ItemANALISA LAPORAN KEUANGAN ATAS ANGGARAN DAN RELAISASI PADA DINAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN DAN HOLTIKULTURA PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2014-2016(Program Studi Manajemen D3 Universitas Widyatama, 2018) Dwitari, Arnika MerdaPengelolaan keuangan daerah memiliki masalah antara lain, masih lemahnya kemampuan daerah dalam merealisasikan pendapatan daerah yang ada sesuai dengan anngaran yang disediakan. Sehingga menimbulkan pengaruh dalam kemampuan dalam membiayai anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Efektivitas atas Pendapatan Asli Daerah dan untuk mengetahui Tingkat Efisiensi atas Anggaran dan Realisasi Belanja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif yakni memberikan gambaran secara sistematis, factual dan akurat dengan fakta serta hubungan antar fenomena yang diselidiki dari suatu masalah yang ingin dipecahkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat Efektivitas atas Pendapatan Asli Daerah secara umum dikatakan cukup baik. Hal ini didasarkan (a) Varians Pendapatan Asli daerah memiliki selisih yang tidak terlalu besar tiap tahunnya, (b) Pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah secara keseluruhan berada pada kriteria negatif. (2) Tingkat Efisiensi atas Anggaran dan Realisasi Belanja secara keseluruhan dikatakan cukup baik. Hal ini ditunjukkan (a) Varians Belanja secara keseluruhan sangat positif, (b) Pertumbuhan Belanja mengalami kenaikan tiap tahunnya (c) Efisiensi Belanja daerah berada pada kriteria Efisien.
- ItemANALISA PELAKSANAAN BAURAN PROMOSI CV. SOETARDJA GRIYA SARANA KAB. BANDUNG(Program Studi Manajemen D3 Universitas Widyatama, 2016) Sekarini, Tasya PutriPerkembangan dunia usaha dewasa ini maka menimbulkan persaingan yang sangat ketat diantara beberapa pelaku usaha baik yang yang bergerak di bidang industri barang maupun jasa. Masalah perumahan mempunyai fungsi dan peranan yang penting dalam kehidupan manusia, karena perumahan merupakan kebutuhan pokok manusia (basicneed) setelah pangan dan sandang, oleh karena itu seorang developer perlu melakukan upaya atau strategi dalam mengetahui keputusan konsumen dalam melakukan pembelian rumah. Salah satu upaya yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melakukan bauran promosi. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah mengumpulkan data, mengolah, serta menganalisis strategi pemasaran dari proyek yang telah diterima oleh CV.Soetardja Griya Sarana. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif. Dalam penyusunan tugas akhir ini, penulis melakukan observasi pada CV.Soetardja Griya Sarana Kab. Bandung. Sedangkan waktu yang digunakan dalam penelitian oleh penulis dalam melaksanakan praktek kerja lapangan ini adalah 21 hari. Berdasarkan hasil observasi penulis mencoba memberikan kesimpulan yang diharapkan dapat bermanfaat bagi perkembangan perusahaan yang bersangkutan. Penulis dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan CV.Soetardja Griya Sarana, yaitu dengan Advertising (Periklanan), Direct Marketing (Pemasaran langsung), Public Relations ( Hubungan Masyarakat), Sales Promotion ( Promosi Penjualan), Personal Selling (Penjualan tatap muka/ perseorangan). Hambatan-Hambatan yang di alami oleh CV.Soetardja Griya Sarana adalah hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan Internal adalah Sumber Daya Manusia dengan kurangnya pelatihan dan training dan hambatan dari modal. Hambatan eksternal yang dialami CV.Soetardja Griya Sarana adalah perilaku konsumen yang acuh terhadap apa yang sedang dijelaskan oleh pemasar. Hambatan bauran promosi yang dialami oleh CV.Soetardja Griya Sarana diantaranya, keterlambatan pembuatan brosur, pelatihan dan training yang diberikan kepada team manajemen pemasaran dan promosi kurang efektif, keterbatasan dana yang berdampak kepada kegiatan promosi yang sedang dijalankan, seperti media cetak dan media sosial. Dilakukan upaya-upaya oleh CV.Soetardja Griya Sarana dalam mengatasi hambatan-hambatan.
- ItemANALISA PELAKSANAAN PENGEMBANGAN USAHA 26/10 KICKS(Universitas Widyatama, 2018) Putra S., Herlambang DwiSetiap kegiatan kewirausahaan perlu dikembangkan untuk mencapai tujuan dari usaha itu sendiri. Penelitian ini berfokus pada bagaimana pelaksanaan pengembangan usaha 26/10 Kicks. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui: 1) Pengembangan usaha 26/10 Kicks dalam mencapai tujuan bisnis 26/10 Kicks; 2) Hambatan-hambatan yang berkaitan dalam pengembangan usaha 26/10 Kicks; 3) Solusi yang berkaitan dalam pengembangan usaha 26/10 Kicks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui studi kepustakaan, studi lapangan meliputi observasi, dokumentasi, dan sumber internet. Objek dalam penelitian ini adalah 26/10 Kicks yang merupakan jasa laundry sepatu dan bertempat Komp. Ujung Berung Indah Blok 26 No. 10, Bandung. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa 26/10 Kicks mendapat beberapa saran dan masukan dari konsumen tentang perlunya penambahan jasa pelayanan laundry baru untuk tas serta mengenai lokasi yang diharapkan konsumen untuk lebih berada di tengah kota agar konsumen lebih mudah menjangkau usaha 26/10 Kicks. Banyaknya hambatan-hambatan yang terjadi, memerlukan adanya solusi yaitu perencanaan yang sematang mungkin untuk memiliki tempat di tengah kota atau bekerja sama dengan toko-toko yang ada di tengah kota, melakukan promosi dengan melewati orang yang memiliki pengaruh tinggi di media sosial agar bisnis 26/10 Kicks bisa dikenal oleh masyarakat luas, memiliki karyawan agar hambatan mengenai overload pesanan bisa dihilangkan, memberikan pelatihan yang serius kepada calon karyawan sehingga memiliki keahlian, dan mencari supplier baru untuk sabun cuci sepatu yang memiliki harga dibawah supplier sebelumnya.
- ItemANALISA PELAKSANAAN PENGENDALIAN MUTU UNIT GANGGUAN PADA PT PLN (PERSERO) UNIT PELAYANAN DAN PENJARINGAN (UPJ) KOPO BANDUNG(Universitas Widyatama, 2008) Setiadi, RefiPenulis membahas masalah mengenai pelaksanaan pengendalian mutu yang dilakukan oleh PT PLN UPJ Kopo, dan hasilnya dituangkan dalam tugas akhir dengan judul “ Analisa Pelaksanaan Pengendalian Mutu Unit Ganggun pada PT PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Kopo “. PT PLN adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa. Agar pelayanan yang diberikan memiliki mutu dan sesuai dengan permintaan konsumen, maka sangat diperlukan adanya pengendalian mutu. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengendalian mutu yang diterapkan oleh PT PLN UPJ Kopo terhadap pelayanan yang diberikan, masalah yang timbul dan faktor penyebabnya, serta tindakan apa yang sebaiknya dilakukan oleh PT PLN untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk tugas akhir ini, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan penelitian keperpustakaan (library research). Setelah diteliti, ternyata masalah yang ada di PT PLN UPJ Kopo adalah tidak mempunyai standar mutu kecepatan pemulihan gangguan. Dengan menggunakan diagram sebab akibat, di analisis penyebab timbulnya masalah tersebut adalah Manusia ( Kelalaian karyawan, kelalaian supervisor, karyawan lamban kurang termotivasi), bahan baku (keterbatasan bahan baku), serta metode (diadakannya kerja lembur). Dari hasil pengamatan, maka penulis memberikan saran-saran bagi pihak perusahaan untuk mengatasi penyebab masalah tersebut yaitu meberikan pengarahan sebelum bekerja bagi karyawan yang lalai, melakukan safety stock untuk keterbatasan bahan baku,dan pemberian bonus agar karyawan tidak lamban dalam bekerja.
- ItemANALISA PELAKSANAAN PROMOSI JABATAN PEGAWAI DIKANTOR CABANG PERWAKILAN BANK INDONESIA BANDUNG(Universitas Widyatama, 2017) Oktaviasari, Putri AninditaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan promosi jabatan pegawai pada kantor Bank Indonesia perwakilan cabang kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, observasi, dan wawancara. Dalam proses observasi dapat disimpulkan bahwa Bank Indonesia Bandung melaksanakan proses promosi jabatan pegawai yang dititik beratkan pada faktor-faktor resmi yaitu senioritas, prestasi kerja pegawai, penilaian integritas pegawai, dan penilaian kinerja pegawai. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan proses promosi jabatan di Bank Indonesia Bandung masih dipengaruhi oleh kebiasaan Nepotisme. Kuota yang tersedia untuk penerimaan pegawai yang dipromosikan masih sedikit, selain itu pengangkatan pegawai tetap khususnya untuk pegawai honorer masih cenderung minim. Namun terlepas dari hal-hal tersebut, pelaksanaan proses promosi jabatan pegawai di Bank Indonesia Bandung dapat dikategorikan baik dan selalu mengikuti prosedur.
- ItemANALISA PENGEMBANGAN USAHA RUMAH KOST ANGGREK(Universitas Widyatama, 2018) Nastiti, Anita AgustinBanyak hal yang dapat dilakukan oleh setiap wirausaha untuk melakukan kegiatan pengembangan usaha, salah satunya adalah pengembangan usaha rumah kost anggrek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisa pengembangan usaha rumah kost anggrek untuk kepuasan konsumen dan kenyamanan konsumen. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana pengembangan usaha rumah kost anggrek, dalam usaha pengembangan rumah kost anggrek ini sasaran utama yaitu mahasiswa dan karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, penelitian lapangan (Field Research), wawancara dan observasi langsung untuk mendapatkan data primer. Ada beberapa hambatan yang mempengaruhi ketidak sempurnaan pelaksanaan pengembangan usaha rumah kost anggrek yaitu, dana, strategi pemasaran dan juga fasilitas rumah kost anggrek serta kerusakan dalam rumah kost anggrek. Solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan yaitu dana yang digunakan untuk biaya pengembangan usaha rumah kost anggrek dari hasil pendapatan rumah sewa kost anggrek selama 6 bulan dari bulan januari hingga juni 2018, memasarkan rumah kost anggrek pada sosial media seperti instagram, facebook, aplikasi mamikos.com. Dapat ditarik kesimpulan bahwa perbaikan rumah kost anggrek akan dilakukan 4 kali dalam setahun dengan mengecek setiap kamar pada masing-masing rumah kost anggrek dan memberikan pelayanan keamanan, jika ada kerusakan akan dilakukan perbaikan dan juga pengecatan setiap rumah kost anggrek sehingga rumah kost anggrek kebersihannya tetap terjaga dan membuat penghuni rumah kost anggrek merasa nyaman. Perhitungan Npv menunjukkan nilai yang positif yaitu sebesar Rp 175.387.996 dan perhitungan IRR 5.784% lebih besar dari 12% usaha ini dapat dikatakan layak. Saran untuk rumah kost anggrek yaitu pemilik rumah kost anggrek mengumpulkan dana untuk pengembangan selanjutnya, pegawai rumah kost anggrek harus melakukan beberapa pengecekan terhadap kebersihan lingkungan serta keamanan rumah kost anggrek dan juga strategi pemasaran rumah kost anggrek harus terus ditingkatkan.
- ItemANALISA PENILAIAN KINERJA CUSTOMER SERVICE PADA BANK JABAR BANTEN (BJB) KCP KOPO BIHBUL KAB. BANDUNG(Program Studi Manajemen D3 Universitas Widyatama, 2016) Dewi, Siti RoziatiKinerja merupakan aktivitas manusia yang diarahkan pada pelaksanaan tugas organisasi yang dibebankan kepadanya, maka dari itu perusahaan harus melakukan evaluasi terhadap faktor- faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Bank Jabar Banten (BJB) salah satu perusahaan perbankan yang menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah. Oleh karena itu Bank BJB KCP Kopo Sayati perlu mengetahui berbagai kelemahan dan kelebihan sebagai landasan untuk menemukan solusi untuk kelemahan dan menguatkan kelebihan guna meningkatkan prodiktifitas customer service. Atas dasar ini penulis ingin mengetahui kelemahan dan solusinya untuk menyusun Laporan Tugas Akhir dengan Judul “Analisa Penilaian Kinerja Customer Service Pada Bank Jabar Banten KCP Kopo Sayati Kab. Bandung” dimana perusahan yang ditinjau sebagai objek untuk pembuatan Tugas Akhir ini adalah Bank BJB KCP Kopo Sayati Kab. Bandung. Hasil observasi dalam pelaksanaan penilaian kinerja customer service Bank BJB KCP Kopo Sayati menggunakan dua metode, yang pertama metode rating Scale dimana pimpinan langsung yang meninjau customer service dengan skala tertentu, dan yang kedua metode Checklist yaitu terdiri dari beberapa pertanyaan yang menjelaskan beraneka macam tingkata prilaku bagi suatu pekerjaan tertentu. Secara keseluruhan dalam pelaksanan penilaian kinerja customer service Bank BJB KCP Kopo Sayati sudah sesuai dengan teori, karena Bank BJB KCP Kopo Sayati sudah memiliki SOP (Standar Operasional Prosedur), tetapi customer service Bank BJB KCP Kopo Sayati masih belum sempurna memenuhi SOP (standar Operasional Prosedur). Maka dari itu penulis menyarankan agar Bank BJB KCP Kopo Sayati memberikan pelatihan dan pengembangan kepada customer service agar lebih sesuai dengan SOP (standar Operasional Prosedur) yang sudah di terapkan oleh Bank BJB.
- ItemANALISA PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE CIARRASTORE(Universitas Widyatama, 2018) Kulsum, Nidia UmuKewirausahaan atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang usaha, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian. Ciarrastore merupakan bisnis baru yang sudah berjalan dari bulan Februari 2018 yang hanya dilakukan secara online. Sasaran konsumen ciarrastore adalah pelajar, mahasiswa, dan karyawan. Sebagai bisnis baru ciarrastore mempunyai kelemahan dan kelebihan dalam konsep penjualannya serta memerlukan perkembangan dalam usahanya. Atas dasar ini penulis ingin mengetahui perkembangan, hambatan dan solusi untuk menyusun Laporan Tugas Akhir dengan judul “Analisa Perkembangan Bisnis Online Shop Ciarrastore”. Hasil penelitian dalam pelaksanaan perkembangan usaha ciarrastore adalah ciarrastore sudah mengembangkan produk baru selain pakaian yaitu hijab dan scraft. Hambatan yang dilalui adalah produk yang persediaannya masih terbatas karena biaya modal yang terbatas sehingga produk yang ditawarkan terbatas yang mengakibatkan pelanggan berkurang dan tidak puas dengan ciarrastore. Solusi yang dilakukan adalah dengan cara pinjam dana ke Bank dengan jaminan, memakai tabungan yang dimiliki, dan menjual aset seperti properti, kendaraan bermotor, emas atau investasi lain yang menguntungkan dan ciarrastore bisa mengembangkan dan mempromosikan produk lebih luas. Kesimpulannya adalah kepuasan pelanggan itu penting dalam berbisnis, sebagai wirausaha kita harus bisa mempunyai tekad yang kuat untuk bisa sukses, harus mempunyai visi untuk ke depannya, tidak boleh mudah menyerah, dan harus bisa menerima resiko apapun. Banyak hambatan yang harus dilalui menuju kesuksesaan dalam berwirausaha, maka dari itu ciarrastore harus bisa menerima segala kritikan dan teguran dari konsumen dan menjadikan pelajaran untuk sukses kedepannya dan pengembangan usaha sangat diperlukan dalam suatu usaha ataupun bisnis guna meningkatkan minat pelanggan terhadap produk dan meningkatkan kualitas dalam usaha yang sedang dijalani. Ciarrastore harus menerima masukan pelanggan dan ulet dalam mengembangkan produk sesuai keinginan pelanggan agar ciarrastore di mata pelanggan adalah online shop yang berkualitas baik dan pelanggan pun merasa puas dengan ciarrastore.
- ItemANALISA PERKEMBANGAN BISNIS RERESHOP(Universitas Widyatama, 2018) Sinurat, RenayaniRereshop adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang penjualan songket dari Sumatera dengan berbagai jenis dan motif juga warna yang berbeda,usaha ini merupakan usaha baru yang mulai bergerak di tahun 2018.Songket adalah karya seni kerajinan tekstil yang merupakan warisan budaya turun-temurun dari leluhur kita, dan warisan budaya ini hanya dimiliki oleh beberapa kelompok masyarakat saja di Indonesia. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pengembangan usaha pada Rereshop dan apa saja factor intrrnal dan eksternal yang mempengaruhi usaha ini.hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan usaha pada Rereshop sudah mengembangkan usaha dengan menambah jenis produk dan mengadakan stok barang dirumah untuk dapat diliat konsumen dan adapun hambatan yang dihadapi usaha Rereshop ini adalah kurangnya modal dan persepsi masyarakat tentang songket yang mengnggap bahwa songket itu hanya dapat digunkakan dalam acara sacral saja. Kain songket merupakan bukti dari peninggalan keraan jaman dahulu yangharus dikembangkan .oleh karean itulah penulis mengngkat judul Analis pengembangan pada usaha Rereshop Pengembangan usaha dapat dilakukan dalam proses produksi dengan cara menambah sarana dan prasarana serta tenaga produksi untuk meningkatkan kapasitas produksi. Atau dengan cara meningkatkan sumber daya manusia / tenaga kerja yang merupakan pengelola. Sehingga diharapkan dapat membuka cabang yang baru di lokasi lain yang tak kalah strategis.
- ItemAnalisa Saluran Distribusi Pada PT. Caladi Lima Sembilan (C59) Bandung(Universitas Widyatama, 2008-07) Hamzah S, HeruLaporan Tugas Akhir ini disusun oleh Heru Hamzah S, dengan judul â Analisa Saluran Distribusi Pada PT. Caladi Lima Sembilan (C59) Bandungâ Lokasi penelitian dilakukan pada PT. Caldi Lima Sembilan (C59) yang berlokasi di Jl. Merak No.2 Bandung 40133, dengan dosen pembimbing: Bapak Yhani Mardani, S.E., M.M. Situasi bisnis saat ini telah berubah dengan sangat cepat, kebanyakan produsen tidak menjual barang â barangnya secara langsung kepada konsumen melainkan dengan menggunakan bantuan perantara. Saluran distribusi merupakan salah satu kegiatan yang cukup penting dalam hal menyalurkan produk agar sampai ke tangan konsumen. Kesalahan dalam menentukan saluran distribusi akan menghambat dan mempunyai pengaruh yang tidak baik terhadap usaha penyebaran produk. Penyaluran saluran distribusi yang tepat merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Karena saluran distribusi merupakan penghubung antara produsen dengan konsumen. Hal tersebut menentukan pula tingkat keuntungan yang akan dicapai oleh perusahaan. Saluran distribusi merupakan salah satu unsur dari bauran pemasaran, dimana bauran pemasaran sering disebut 4P yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan tempat (place). Dalam hal ini saluran distribusi berada di bauran pemasaran tempat, sebab tempatlah yang menentukan bentuk saluran distribusi yang akan digunakan perusahaan. PT. Caladi Lima Sembilan (C59) adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri garmen khususnya T â shirt sablon. Perusahaan ini menggunakan dua jenis perantara dalam menyalurkan produknya yaitu perantara pedagang dan perantara agen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan dan penelitian perpustakaan yaitu metode secara langsung ke PT. Caldi Lima Sembilan (C59) dan penelitian yang dilakukan dengan cara mempelajari, membaca dan mencari tahu teori dan permasalahan yang ada hubungannya dengan masalah yang di teliti dengan literatur sebagai bahan dasar acuan dalam pembahasan masalah pada penyusunan Laporan Tugas Akhir Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemilihan saluran distribusi yang dilakukan oleh PT. Caladi Lima Sembilan (C59) sudah tepat yaitu menggunakan distribusi selektif. Dengan demikian penulis menyarankan agar perusahaan PT. Caladi Lima Sembilan (C59) menambah jumlah perantara agar wilayah yang terjangkau semakin luas dan konsumen dapat dengan mudah mendapatkan produk perusahaan. Selain itu PT. Caladi Lima Sembilan (C59) harus membina hubungan baik dengan pelanggan setia dan konsumen akhir serta meningkatkan kualitas produknya.
- ItemANALISIS BAURAN PROMOSI YANG DILAKUKAN TELKOMEDIKA BIDANG PELAYANAN KESEHATAN KOTA BANDUNG(Universitas Widyatama, 2015) Putri, Ghaisani GustariTugas Akhir ini disusun oleh Ghaisani Gustari Putri (0412U005), Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama, dibawah bimbingan Dr. Mariana Rachmawati, S.E., M.M. dengan judul “Analisis Bauran Promosi Yang Dilakukan TelkoMedika Bidang Pelayanan Kesehatan Kota Bandung” Telkomedika adalah salah satu perusahaan di bidang pelayanan kesehatan dan merupakan perusahaan yang baru berdiri setelah berganti nama dari PT. Sarana Usaha Insanpalapa (Rasapala) dengan pemegang saham terbesar dari Telkom. Dengan berkembang pesatnya permintaan akan jasa pelayanan kesehatan tentu diiringi dengan persaingan yang cukup tinggi. Permasalahan yang dialami oleh perusahaan layanan kesehatan adalah turunnya jumlah peserta, hal ini disebabkan oleh karena bauran promosi yang dilakukan oleh perusahaan dan pemikiran-pemikiran masyarakat yang masih mengesampingkan pentingnya kesehatan bagi tubuh. Hal ini pun dialami oleh TelkoMedika, sebagaimana yang telah diungkapkan sebelumnya maka pada penelitian ini diidentifikasikan sebagai berikut: Bagaimana Strategi bauran promosi yang digunakan oleh Telkomedika, hambatan apa yang ada pada pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan Telkomedika dan bagaimana solusi yang dilakukan Telkomedika Bandung dalam mengatasi hambatan pada pelaksanaan Bauran Promosi Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif. Dimana tujuan dari deskriptif adalah memberikan gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual, akurat dengan fakta yang ada. Untuk mendapatkan informasi yang diperlukan penulis melakukan wawancara langsung, observasi dan penelitian kepustakaan. Adapun saran penulis dalam penelitian ini adalah dalam kegiatan promosi perlu diperhatikan bagaimana cara mengevaluasi setiap kekurangan dari bauran promosi, dan mengatasi hambatan yang ada dengan upaya-upaya yang salah satunya yaitu meningkatkan program promosi TelkoMedika
- ItemANALISIS BRAND EQUITY ROKOK STAR MILD DIBANDINGKAN MEREK ROKOK PESAING DI KOTA BANDUNG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STRATEGI PEMASARAN(Universitas Widyatama, 2008) Pari, Thya Pandu SabuyoRokok merupakan salah satu kategori produk dengan tingkat persaingan yang sangat ketat dan penetrasi produk yang sudah mendekati titik jenuh (100%). Kebutuhan masyarakat akan produk rokok yang besar menyebabkan banyak produsen produk rokok memproduksi berbagai macam jenis rokok dengan berbagai macam merek. Salah satu merek produk rokok yang banyak terdapat di pasaran saat ini adalah Star Mild. Untuk dapat bersaing di pasar produk rokok dengan berbagai macam merek yang ditawarkan serta dapat memenangkan persaingan tersebut, maka sebuah merek harus memiliki kekuatan merek.Merek yang kuat dapat diciptakan berdasarkan brand equity. yang tinggi akan menimbulkan loyalitas terhadap merek, dan sebaliknya jika kinerja merek memburuk dan citra merek menjadi negatif maka segala investasi yang telah ditanamkan akan hilang. brand equity dibangun oleh Top of Mind Merek, Top of Mind Iklan Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Merek Terbaik, Merek Yang Digunakan (Merek Yang Pernah Digunakan, Merek Yang Paling Sering Digunakan, Merek Yang Paling Sering Digunakan Sebelumnya, dan Merek Yang Terakhir Kali/ Saat Ini Digunakan), Loyalitas Merek, Kepuasan Merek, Rekomendasi Merek, Rencana Konsumsi, dan Merek Yang Akan Dibeli. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar brand equity rokok, khususnya merek Star Mild di enam wilayah Kota Bandung, serta melihat/ menilai bagaimana implikasinya terhadap strategi pemasaran. Dalam pembahasannya, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan rancangan riset kuantitatif. Unit analisis penelitian ini adalah 600 responden yang tersebar di enam wilayah di Kota Bandung. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan survei dan kuesioner. Sedangkan tehnik analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, dimana data yang diperoleh akan diolah dengan menggunakan skala rangking dan disajikan melalui perhitungan persentase. brand equity rokok yang paling tinggi berdasarkan brand value diraih oleh merek rokok Sampoerna Mild dengan skor 172.5 Sedangkan merek rokok Star Mildd berada pada posisi kedua dengan skor 164.5. Sehingga dapat diartikan bahwa brand value rokok Sampoerna Mild adalah 1,0486 kali brand value rokok Star Mild
- ItemANALISIS BUDAYA ORGANISASI PADA LEMBAGA KEMAHASISWAAN DAN ORGANISASI KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG(Program Studi Manajemen D3 Universitas Widyatama, 2019) Firdaus, Faris MuhammadPenelitian berjudul Analisis Budaya Organisasi pada Lembaga Kemahasiswaan dan Organisasi Kemahasiswaan Universitas Widyatama Bandung, bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan budaya organisasi dan menganalisis budaya organisasi pada Lembaga Kemahasiswaan dan Organisasi Kemahasiswaan Universitas Widyatama Bandung. Dalam analisis budaya organisasi tersebut terdapat metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Berdasarkan analisis budaya organisasi yang dilakukan di lembaga dan organisasi tersebut dengan indikator dan dimensi budaya organisasi terdapat tujuh cara yang dapat digunakan dalam menganalisis dan melihat pelaksanaan budaya organisasinya yaitu inovasi dan keberanian mengambil resiko, perhatian secara detail, berorientasi kepada hasil, berorientasi kepada manusia, berorientasi kepada tim, agresifitas dan stabilitas. Adapun lima hambatan yang dihadapi oleh lembaga dan organisasi berdasarkan indikator dan dimensi budaya organisasi terkait dengan pelaksanaan budaya organisasi adalah hambatan inovasi dan keberanian mengambil resiko, hambatan perhatian secara detail, hambatan berorientasi kepada manusia, hambatan berorientasi kepada tim dan hambatan agresifitas. Maka salah satu solusi untuk menghadapi hambatan tersebut adalah pemimpin organisasi harus memperkuat sifat kekeluargaan didalam organisasi agar tercipta budaya pada lingkungan organisasi yang baik dan menjadi kesatuan harmonis didalam organisasi KM UTAMA. Lembaga Kemahasiswaan dan Organisasi Kemahasiswaan Universitas Widyatama Bandung dengan demikian melaksanakan budaya organisasi dengan tujuh indikator dan dimensi budaya organisasi yang sudah dijelaskan dan peneliti memberikan solusi-solusi dan saran yang mungkin bisa mengatasi hambatan- hambatan terkait permasalahan yang dihadapi.
- ItemANALISIS DIGITAL MARKETING TERHADAP PEMASARAN TWIC PRODUCTION(Program Studi Manajemen D3 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama, 2021) Nugraha, AdithyaPerkembangan pemasaran digital semakin pesat, hal ini dibuktikan dengan semakin beragamnya media yang digunakan untuk melakukan proses pemasaran secara digital. Dengan munculnya internet, perkembangan pemasaran menuju level baru, pemasaran melalui internet ini dinamakan sebagai digital marketing. Penelitian ini membahas mengenai strategi digital marketing yang dilakukan oleh Twic Produciton. Twic Production merupakan perusahaan home industry yang bergerak dalam bidang konveksi yang meraih sukses dalam meraup penjualan dengan digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana analisis strategi digital marketing Twic Production yang berpusat pada media sosial. Dalam penelitian ini penulis menggunakan paradigma deskriptif kualitatif. Narasumber dalam pengambilan data yaitu Bapak Ridwan Firdaus selaku Manager Twic Production. Serta melakukan observasi pada media sosial dan instant messanger lainnya yang mendukung penulisan Tugas Akhir ini. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode analisa STP (Segmenting. Targeting, Positioning), analisa Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) dan Digital Marketing. Berdasarkan hasil dari penelitian Twic Production melibatkan peran digital mulai dari segmentasi, targeting, positiong pasar, marketing mix, serta digital marketing dalam hampir seluruh kegiatan pemasaran dan penjualan Twic Production. Twic Production memasarkan produknya secara online dengan melakukan optimalisasi digital marketing tools secara terintegrasi. Dalam penggunaan media digital sangat membantu Twic Produciton dalam menjalankan fungsi pemasaran secara efesien dan efektif.
- ItemANALISIS E-COMMERCE PADA PERUSAHAAN AGRODANA FUTURES(Universitas Widyatama, 2012) Alfredo, YohanesTugas akhir ini mengambil judul “Analisis E-commerce pada PT Agrodana Futures”. Tujuan dari penyusunan tugas akhir adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan penggunaan e-commerce yang telah dilaksanakan di PT Agrodana Futures. E-Commerce adalah suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan get and deliver. Adapun jenis e-commerce yang digunakan oleh PT Agrodana Futures antara lain. Pertama, Business to Business (B2B). Kedua, Business to Consumer (B2C). Metode yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif yang memberikan gambaran secara jelas keadaan perusahaan saat ini sehubungan dengan masalah yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan data primer yaitu dilakukan dengan cara observasi dan wawancara yang telah dilakukan kurang lebih 30 hari, untuk mengetahui analisis e-commerce di perusahaan. Hambatan-hambatan yang dialami oleh PT Agrodana Futures pada saat melakukan promosi melalui e-commerce adalah. Pertama, hambatan internal perusahaan yang diakibatkan oleh keterbatasan sumber daya manusia dan fasilitas, Kedua, hambatan eksternal perusahaan yang diakibatkan oleh sepinya pengunjung situs, jenis produk, kultur, kepercayaan, dan keamanan, perilaku konsumen, dan hukum (yuridiksi). Dari hasil penelitian penulis, PT Agrodana Futures telah melaksanakan kegiatan e-commerce dengan cukup baik mengenai pelaksanaan penilaian kinerjannya, tujuan, metode yang digunakannya. Adapun metode yang digunakan dalam penggunaan e-commerce adalah metode blogging, backlinking, dan social marketing.