Management - Vocational

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 755
  • Item
    TINJAUAN KINERJA KARYAWAN PADA PT HALEYORA POWER AREA MOJOKERTO
    (Program Studi D3 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, 2022) Fauzia, Tifani Restu
    Kinerja karyawan yang baik adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam upaya sebuah instansi perusahaan. Sumber daya manusia yang dalam hal ini adalah para pegawai pada sebuah perusahaan, tentunya berusaha bekerja dengan kemampuan yang mereka miliki agar dapat mencapai kinerja yang diinginkan perusahaan tersebut. Setiap perusahaan pasti ingin memiliki karyawan dengan kinerja yang baik, sama seperti perusahaan PT Haleyora Power Area Mojokerto yang ingin memiliki karyawan dengan kinerja yang baik. Ini membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Tinjauan Kinerja Karyawan pada PT Haleyora Power Area Mojokerto”. Tujuan dari penelitian didalam ini adalah mengetahui bagaimana kinerja karyawan dan penilaian karyawan pada PT Haleyora Power Area Mojokerto. Jenis penelitin yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakkan observasi dan interview. Observasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukaan melalui sesuatu pengamatan, dengan disertai pencatatan-pencatatan terhadap keadaan atau prilaku objek sasaran. Interview atau wawancara adalah teknik pengumpulan data melalui proses tanya jawab lisan yang berlansung satu arah , artinya pertanyaan datang dari pihak yang mewawancarai dan jawaban diberikan oleh yang diwawancara.
  • Item
    ANALISIS SERVICE EXCELLENT OLEH TELLER PADA BANK BJB KANTOR CABANG PEMBANTU SAMSAT CIMAHI
    (Program Studi D3 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, 2024) Radhwa, Thirza Dier Athiyya
    Globalisasi mendorong pertumbuhan ekonomi yang pesat dan membutuhkan peran bank untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bank menghadapi berbagai tantangan, salah satunya adalah persaingan yang ketat. Kepuasan nasabah menjadi kunci utama bagi bank untuk mencapai kesuksesan. Service Excellent merupakan faktor penting untuk meningkatkan kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Service Excellent yang dilakukan Teller pada Bank BJB Kantor Cabang Pembantu Samsat Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa Service Excellent yang dilakukan Bank BJB Kantor Cabang Pembantu Samsat Cimahi sudah sangat baik karena telah menerapkan nilai-nilai budaya perusahaan yang telah dirumuskan yaitu GO SPIRIT. Teller telah menerapkan konsep Service Excellent A6 yaitu Kemampuan, Sikap, Penampilan, Perhatian, Tindakan, dan Tanggung Jawab. Hambatan yang dialami adalah hanya terdapat satu teller, kecepatan dalam melayani yang tidak sesuai dengan durasi semestinya dan waktu dalam menghitung uang yang selalu melebihi 14 detik. Adapun solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan menambah konter teller, teller perlu memperhatikan durasi dalam melayani, meningkatkan kemampuan dalam menghitung uang dan diperlukan adanya proses evaluasi rutin dalam menghitung uang, serta menggunakan mesin penghitung koin.
  • Item
    ANALISIS IMPLEMENTASI KUALITAS MELALUI ISO DALAM MENINGKATKAN INOVASI PRODUK PADA DIVISI PASTRY MALAGA RESTAURANT DI KOTA BANDUNG
    (Program Studi D3 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, 2024) Puspa, Thalita Tiara
    Implementasi standar ISO dalammeningkatkan kualitas produk telahmenjadi fokus utama bagi banyak organisasi di era globalisasi ini. Salah satu sektoryang turut menerapkan standar ISO dalam upaya meningkatkan inovasi produk adalah industri kuliner. Restoran Malaga yang berlokasi di Kota Bandung merupakan salah satu contoh restoran yang telah menerapkan standar ISO dalam divisinya, khususnya Divisi Pastry. Divisi Pastry di Malaga Restaurant memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan inovasi produk yang berkualitas tinggi dan memenuhi standar internasional. Mereka membantu meningkatkan kualitas produk serta memperkuat citra perusahaan di mata konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana implementasi standar ISO telah berdampak pada peningkatan inovasi produk di Divisi Pastry Restoran Malaga di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan daya menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa (1) Implementasi standar ISO terbukti dapat mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan produk pastry di Malaga Restaurant; (2) Implementasi ISO mempengaruhi setiap tahap dalam proses pengembangan; dan (3) Implementasi ISO telah memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas dan keamanan produk pastry di Malaga Restaurant.
  • Item
    ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA FORWARDING PADA PT. GLOBAL TRIPUTRA UTAMA BATAM
    (Program Studi D3 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, 2024) Maudina, Tengku Nurul
    Perkembangan sector logistic di Indonesia pada tahun 2024 mengalami pertumbuhan yang signifikan, berdasarkan data dari Supply Chain Indonesia (SCI) sector logistic terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) menembus angka 1.090,2 triliun rupiah pada tahun 2023 dan dipoyeksikan akan lebih tinggi lagi pada tahun 2024. Tujuan dari penulisan ini untuk mengidentifikasi kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Global Triputra Utama serta kendala yang dihadapi dalam meningkatkan pengalaman positif pelanggan. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan PT. Global Triputra Utama. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa evaluasi kualitas layanan PT. Global Triputra Utama melalui indikator kualitas pelayanan Tangible, Emphaty, Responsiveness, Reliability dan Assurance (TERRA) dinilai cukup baik oleh responden. Namun, salah satu dari indikator tersebut yaitu Reliability (keandalan) mendapatkan nilai rendah dimata responden, hal ini menjadi prioritas utama bagi PT. Global Triputra Utama dalam meningkatkan presepsi dan pengalaman positif pelanggan. Dengan teridentifikasinya gambaran umum dan hambatan pelayanan jasa yang diberikan oleh PT. Global Triputra Utama dapat menghasilkan saran atau usulan mengatasi permasalahan dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Triputra Utama Logistik. Dengan meningkatkan kualitas pelayanan, akan meningkatkan pembelian produk jasa pada PT. Global Triputra Utama.
  • Item
    ANALISIS MANAJEMEN STOK SPBU (MS2) DI PT. PERTAMINA PATRA NIAGA – FUEL TERMINAL BANDUNG GROUP PADALARANG
    (Program Studi D3 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, 2024) Widhaningsih, Sri
    Manajemen Stok SPBU (MS2) merupakan suatu sistem yang digunakan untuk memantau stok di SPBU dan menyusun rencana pengiriman BBM/BBK H+1 ke SPBU. Salah satu faktor yang menunjang kelancaran proses pendistribusian BBM adalah tersedianya barang dalam jumlah dan waktu yang tepat. Hal ini untuk mengantisipasi tingkat permintaan akan BBM yang cenderung fluktuatif, jika kendala ini tidak bisa diatasi maka akan mengakibatkan permintaan tidak terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memantau dan menyusun rencana pengiriman BBM/BBK berdasarkan ritase yang diminta oleh SPBU. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sistem Manajemen Stok SPBU (MS2) di PT. PERTAMINA Patra Niaga – FT Bandung Group Padalarang selalu mengakomodasi seluruh permintaan SPBU sekalipun tidak sesuai dengan ritase permintaan pengiriman yang diminta oleh SPBU karena beberapa pertimbangan seperti mempertimbangkan stok kritis dari SPBU, jarak antar FT dengan SPBU dan ketersediaan armada, memastikan ketersediaan stok BBM di SPBU dalam kondisi aman dan senantiasa terus melakukan pemantauan kondisi penyaluran BBM subsidi di lapangan.