Management - Bachelor
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Management - Bachelor by Issue Date
Now showing 1 - 20 of 47
Results Per Page
Sort Options
- ItemHUBUNGAN MOTIVASI KERJA DENGAN PRESTASI KERJA KARYAWAN DI PT. POS INDONESIA (PERSERO) BANDUNG(Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, 2008) Bundang, Anastasi LestariSumber daya manusia sangat penting bagi organisasi, karena sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penggerak: operasional organisasi. Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan organisasi, potensi karyawan harus dipelihara dan dikembangkan secara optimal. Dalam hal ini salah satu upaya yang dilakukan perusahaan adalah dengan cara memotivasi karyawan agar . dapat bekerja lebih giat sehingga mereka dapat berprestasi dengan lebih baik yang secara tidak langsung dapat meningkatkan prestasi organisasi. Judul yang penulis kemukakan daIam penulisan ini adaIah "Hubungan Motivasi Kerja dengan Prestasi Kerja karyawan di PT. Pos Indonesia (persero) Bandung". Adapun tujuan dati penelitian ini adalah untuk mengetahui: proses pelaksanaan motivasi kerja karyawan di PT. Pos Indonesia (persero) Bandung, Bagaimana prestasi kerja karyawan di PT. Pos Indonesia (persero) Bandung dan hubungan antara ,motivasi kerja dengan prestasi kerja karyawan di PT. Pos Indonesia (persero) Bandung. Data yang diambil dari penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data primer dengan menyebarkan kuesioner, observasi dan juga melakukan wawancara. Sedangkan data sekunder diIakukan melalui studi kepustakaan dan dari berbagai literatur-literatur yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti. 'Penelitian ini menggunakan metode eksplanansi yaitu metode yang menjelaskan tentang hubungan antara 2 variabel yaitu variabel independen dan variabel dependen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: mengetahui bagaimana hubungan antara 2 variabel (variabel X dan variabel Y), baik arah maupun kekuatan hubungan antar variabeI. Data-data yang digunakan pada. penelitian ini adalah data-data yang bersifat longitudinal yang diperoleh dari suatu perusahaan yang menjadi objek dalam penelitian ini. Untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan motivasi kerja (variabel bebas) dengan prestasi kerja (variabel tidak bebas) maka dipergunakan perhitungan koefisien korelasi rank spearman. Dari hasil penelitian didapat rs sebesar 0,521 yang 'artinya. menunjukkan bahwa hubungan antara pelaksanaan motivasi kerja dengan prestasi kerja adalah cukup kuat Dengan t hitung sebesar 3,226 > t tabel sebesar 1,701 maka hipotesis dapat diterima. artinya pelaksanaan motivasi kerja mempunyai hubungan signifikan dengan prestasi kerja. Sedangkan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan motivasi kerja dengan prestasi kerja karyawan dihitung dengan menggunakan koefisien determinasi hasilnya didapat sebesar 27,14% dan sisanya sebesar 72,86% dipengaruhi oleh variabel lain.
- ItemKONDISI INTANGIBLE FAKTOR SUMBER DAYA MANUSIA DALAM UMKM DI MASA COVID 19 DI KOTA BANDUNG- BARAT JAWA-INDONESIA(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2021) Solihah, ElisTujuan penelitian ini adalah untuk mengkomparansi variabel intangible dari sumber daya manusia pelaku UMKM di Kota Bandung, terkait dengan Employee Engagement dan Attitude pada saat terjadinya COVID-19. Oleh karenanya kondisi utuh dari kedua variabel terkait tersebut menjadi penting untuk diketahui oleh para pemangku kepentingan seperti pemerintah maupun pihak terkait lain untuk dipahami dan dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan dan keputusan, terlebih saat ekonomi terpapar COVID-19. Metode penelitian yang dipergunakan deskriptif, verifikatif dan comparative. Data diuji menggunakan validity test, reliability test, asumsi klasik dan normalitas data, dan untuk menguji tingkat kontribusi antar variabel dan dimensi variabel dipergunakan uji korelasi dan dterminasi. Data diperoleh dari pelaku ekonomi UMKM di Kota Bandung berjumlah 45 sampel. Terpilihnya kota Bandung sebagai tempat penelitian karena kota Bandung terkenal dengan sebutan kota model, kuliner, Pendidikan, industry kreatif dan juga kota budaya dan pemerintahan Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kontribusi, Antusiasme, Kebanggaan dari pelaku bisnis terhadap UMKM sudah tidak mendukung, hilang kepercayaan dan kecil. Hanya employee engagement dalam bentuk kemauan yang masih utuh dimiliki oleh pelaku UMKM. Sikap atau attitude dalam bentuk motive, traits and self-concept masih kuat dimiliki oleh setiap pelaku UMKM di Kota Bandung, dan kondisi ini sejalan dengan dimensi kemauan dari employee engagement. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa employee engagemement pelaku UMKM dikota bandung saat ini tidak baik atau mengalalmi penurunan, sedangkan attitude saat jnj masih baik.
- ItemAPAKAH CAPM ATAU APT YANG LEBIH BAIK DALAM MEMPERKIRAKAN RETURN SAHAM SHARIA?(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2021) Susilawati, GatriCapital Asset Pricing Model (CAPM) dan Arbitrage Pricing Theory adalah dua model dasar untuk memahami hubungan antara return saham dan risiko dalam menilai saham yang diperdagangkan di pasar modal. CAPM merupakan model hubungan antara tingkat return harapan dari suatu aset berisiko dengan risiko dari aset tersebut pada kondisi pasar yang seimbang. Model ini berlaku pada kondisi ekuilibrium (seimbang). Dalam keadaan ekuilibrium tingkat keuntungan yang disyaratkan (required return) oleh investor untuk suatu saham akan dipengaruhi oleh risiko saham tersebut. Risiko yang diperhitungkan hanyalah risiko sistematis (systematic risk) atau risiko pasar yang diukur dengan beta (β). APT merupakan model lain selain CAPM untuk menilai aset keuangan. Model yang dikembangkan oleh Ross (1976) ini muncul berdasarkan ide bahwa dalam pasar keuangan yang kompetitif, proses arbitrage akan membuat dua aset yang memiliki karakteristik yang sama (seperti risiko yang sama) akan memberikan ekspektasi return yang sama. Proses arbitrage akan berlangsung ketika dua aset yang memiliki karakter sama, namun ekpektasi tingkat pengembaliannya berbeda, sehingga memungkinkan untuk membeli aset yang harganya lebih murah dan menjual aset yang harganya lebih mahal. Akibatnya permintaan terhadap aset yang lebih murah akan meningkat, sehingga harganya akan meningkat dan penawaran aset yang lebih mahal juga akan meningkat, sehingga harganya akan turun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah CAPM atau APT lebih baik dan akurat dalam memprediksi return saham syariah yang diperdagangkan di pasar modal Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dari situs resmi Pasar Modal Indonesia. Dalam upaya mencapai tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan metode mean signed prediksi error untuk memverifikasi metode mana yang lebih akurat dalam memprediksi return saham syariah di Jakarta Islamic Index (JII) 30 periode 2015 - 2019 yang sampelnya diambil dari 14 perusahaan. dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode APT lebih sesuai dan akurat digunakan oleh investor dalam memperkirakan return saham syariah yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) 30.
- ItemPENGARUH FIRM SIZE, LEVERAGE, LIQUIDITY, DAN ASSET MANAGEMENT TERHADAP COMPANY PERFORMANCE(Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2021) Sanimuthi, ArinaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh firm size, leverage, liquidity dan asset management terhadap company performance pada perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari web www.idx.co.id. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linier berganda yang digunakan untuk meneliti pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, penelitian ini dilakukan pada 18 perusahaan dari 36 perusahaan yang terdaftar dalam perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi di Bursa Efek Indonesia selama periode 2017-2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Secara parsial variabel-variabel independent, firm size tidak berpengaruh terhadap company performance, leverage berpengaruh terhadap company performance, liquidity berpengaruh terhadap company performance, asset management berpengaruh terhadap company performance. Secara simultan variabel-variabel independen (firm size, leverage, liquidity dan asset management berpengaruh terhadap company performance.
- ItemPENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KEPUASAN KOMPENSASI DALAM MENENTUKAN KINERJA KARYAWAN BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG SETIABUDI BANDUNG(Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2021) Farid, Yudi MiftahManusia merupakan penggerak dan penentu jalannya suatu perusahaan, Dimana perusahaan memberikan arahan yang positif demi tercapainya tujuan perusahaan. Tugas manajemen sumber daya manusia adalah mengelola setiap manusia yang berada pada organisasi tersebut agar memperoleh tenaga kerja yang produktif. Selain itu hal utama yang harus disadari dan perlu diperhatikan adalah bagaimana meningkatkan kinerja karyawan yang dirasa semakin penting manfaatnya karena tuntutan pekerjaan atau jabatan, sebagai akibat kemajuan technology dan semakin ketatnya persaingan di antara perusahaan yang sejenis. Dalam hal ini Disiplin kerja dan Kompensasi menjadi beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh sebuah perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Dimana adanya beberapa teori yang dijelaskan bahwa dimana hal tersebut berkaitan dengan Disiplin Kerja dan Kompensasi baik maka kinerja yang dihasilkan juga akan baik. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang setiabudi menjadi tolak ukur akan kaitan hubungan antara Disiplin kerja dan Kompensasi terhadap kinerja karyawan. Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu bank besar dan tertua di Indonesia yang dapat dengan mudah dijumpai di berbagai pelosok di Indonesia. Penelitian di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Setiabudi Bandung ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja dan kepuasan kompensasi dalam menentukan kinerja karyawan Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Setiabudi Bandung. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan wawancara dan kuesioner secara langsung. Sedangkan metode penelitian ini menerapkan metode deskriptif dan verifikatif. Untuk Mengetahui Pengaruh antara Disiplin Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan.
- ItemPENGARUH PEMASARAN DIGITAL, CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK PADA MINAT PENGGUNAAN APLIKASI BUKALAPAK(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2021) Abdiawan, Afi; Setiawan, Alfan Fathan; Nugraha, Gerry Rivaldy; Nabhan, Restu FauzanData dari iPrice Group menunjukkan rata rata pengunjung bulanan Bukalapak mengalami penurunan dari 116 juta di tahun 2018 menjadi 37,63 juta pengunjung di awal tahun 2020. Beberapa faktor yang mempengaruhi adalah: brand awareness, digital marketing, dan brand image. Penelitian bertujuan untuk mengkuantifikasi faktor-faktor tersebut untuk mengetahui pengaruhnya terhadap minat penggunaan aplikasi Bukalapak. Metode yang digunakan adalah metode survey yang dilakukan dengan menyebar kuesioner berskala interval. Kuesioner tersebut diisi oleh 100 responden dari berbagai kalangan yang merupakan pengguna aplikasi e-commerce. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis verifikatif dan deskriptif, dengan bantuan SPSS 20. Berdasarkan analisis verifikatif didapatkan nilai koefisien determinasi dari: brand awareness, digital marketing, dan brand image Bukalapak adalah 61,9%. Angka tersebut mengindikasikan brand awareness, digital marketing, dan brand image mempengaruhi minat penggunaan aplikasi secara signifikan.
- ItemKAJIAN LITERATUR TENTANG MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2021) Ramdani, Aldi MochPenelitian ini dilakukan untuk memperoleh konstruk mengenai definisi dan indikator motivasi kerja, definisi dan indikator kepuasan kerja, definisi dan indikator kinerja dengan metode penelitian yang digunakan yaitu kajian literatur menurut para ahli dari beberapa literatur baik buku teks maupun jurnal. Hasil penelitian mendefinisikan bahwa Motivasi kerja adalah suatu proses pembangkit yang mendorong, merangsang atau menggerakan seseorang atau sekelompok orang yang melakukan sesuatu atau kegiatan yang dilakukannya sehingga dapat mencapai tujuannya. Adapun indikatornya yaitu tanggung jawab, melaksanakan tugas dengan target yang jelas, tingkat usaha, hasil kerja yang dicapai dalam melaksanakan tugasnya, dan kebutuhan akan penghargaan. Kepuasan kerja merupakan suatu respon yang menggambarkan perasaan dari individu terhadap pekerjaannya. Adapun indikatornya yaitu pekerjaan, upah, rekan kerja, promosi, dan kondisi kerja yang mendukung. Kinerja merupakan suatu hasil kerja yang telah dilakukan oleh seseorang dalam suatu perusahaan ataupun organisasi agar dapat tercapainya tujuan dari suatu perusahaan. Adapun indikatornya yaitu kuantitas hasil kerja, kualitas hasil kerja, kerjasama antar karyawan, kemampuan dalam bekerja, dan kehadiran dalam setiap absensi dalam bekerja.
- ItemPENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI TRAVELOKA DI MASA COVID 19 (Survei Terhadap Pengguna Traveloka di Kota Bandung Tahun 2020)(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2021) Suciati, DinaPenelitian ini memiliki tujuan untuk dapat menjelaskan seberapa besar Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Traveloka di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 100 responden pengguna aplikasi Traveloka dimana untuk proses analisis regresi bergandanya diproses oleh perangkat lunak SPSS25. Data utama dari penelitian ini diperoleh dari kuesioner, dan untuk data sekundernya didapatkan melalui publikasi jurnal dan buku pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa variabel Electronic Word of Mouth dan Diskon memiliki pengaruh yang signifikan secara bersama terhadap keputusan pembelian, namun untuk variabel diskon memiliki pengaruh yang kurang terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna aplikasi Traveloka di Bandung memiliki prespektif lain ketika membuat keputusan pembelian, bukan hanya diskon yang menjadi pertimbangannya.
- ItemDAMPAK ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DAN GAYA KEPEMIMPINAN (PATH GOAL THEORY) TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA PERUSAHAAN FARMASI DI KOTA BANDUNG(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2021) Salam, Abdul; Otong, Dede; Wibowo, Reza Aditya; Yudapraja, Bagas PahlawanMenurunnya tingkat produktivitas kerja dari karyawan pada suatu perusahaan atau organisasi merupakan suatu gejala atau munculnya masalah yang bisa menyebabkan perusahaan berjalan kurang baik atau tidak stabil karena terget perusahaan yang tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh Organizational Citizenship Behaviour (OCB) dan Gaya Kepemimpian (Path Goal Theory) terhadap Produktivitas Karyawan pada perusahaan Farmasi di Kota Bandung. Populasi dan sampel yang berjumlah sebanyak 50 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh pada divisi divisi penjualan dalam negeri yaitu pada bagian penjualan swasta. Metode penelitian ini menggunakan regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Organizational Citizenship Behaviour (OCB) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Kinerja. Sedangkan untuk variabel Gaya kepemimpinan (path goal theory) tidak memiliki pengaruh yang signifikan tehadap produktivitas karyawan. Untuk uji secara smultan atau bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas karyawan, dengan besar pengaruh 94%.
- ItemIMPLIKASI TINGKAT KESEHATAN PERUSAHAAN YANG DISEBABKAN OLEH CR, DAR DAN ROA PADA INDUSTRI TEXTILE(Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2021) Solehuddin, Ismail; Juliandi, Mohamad AldiAdanya perdagangan bebas antar negara dapat memberikan berbagai dampak terhadap perekonomian itu sendiri. Hal ini terjadi pada Indonesia dimana sektor tekstil dan garmen menjadi salah satu contohnya adanya perdagangan bebas dengan membanjirnya produk luar negeri yang menyebabkan turunnya kinerja perusahaan teksil dan garmen dalam negeri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif untuk dapat lebih menggambarkan data-data secara jelas dan akurat sehingga dapat digunakan untuk menjawab hipotesis yang ada. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 10 perusahaan berdasarkan purposive sampling dengan periode penelitian selama 5 tahun dengan total data sebanyak 50 data. Hasil penelitian didapatkan bahwa hanya variabel current ratio yang berpengaruh terhadap financial distress sementara variabel debt to asset ratio tidak berpengaruh.
- ItemPENGARUH LINGKUNGAN KERJA NON FISIK (Covid-19) DAN RETENSI PENGEMBANGAN KARIR (Studi Kasus Karyawan Hotel Ahadiat dan Bungalo Bandung)(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2021) Kurnaepi, Aang; Finarianingrum, Millatina; Sattvika, Anak Agung Sista; Anggraeni, Shawitrie ArthaTujuan penelitian ini menjelaskan retensi karyawan, lingkungan kerja non fisik, dan pengembangan karir. Retensi karyawan adalah upaya perusahaan dalam mempertahankan karyawan yang berkinerja baik untuk tetap dalam perusahaan selama jangka waktu tertentu. Penelitian ini dilakukan di Ahadiat Hotel dan Bungalow Bandung. Manajemen hendaknya mampu menciptakan suasana kerja yang penuh dengan nuansa kekeluargaan dan komunikasi yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan berjumlah 92 orang, menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan angket yang berupa kuesioner. Alat analisis yang digunakan teknik analisis regresi linier berganda, dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja non fisik dan pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi karyawan, maka semakin baik lingkungan kerja non fisik dan pengembangan karir maka retensi karyawan meningkat.
- ItemDUKUNGAN LINGKUNGAN KERJA, PENDIDIKAN, PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA BANDUNG SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA USAHA(Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2021) Putri, Rima Anggia; Firmansyah, Sandi; Arjuna, Alex; Rohmana, FajriTujuan riset ini adalah untuk mengetahui bagimana keadaan, kondisi dan dukungan dari lingkungan usaha, Pendidikan, perlatihan dalam membangun kinerja para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM di Kota Bandung-Jawa Barat-Indoensia, pada saat Covid 19 berlangsung. Kondisi ini perlu untuk dicermati secara ilmiah, mengingat kontribusi dari sector ini sangat besar terhadap GDP dan serapan tenaga kerja di Kota Bandung. Responden terpilih adalah para pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kota Bandung berjumlah 45 orang, dengan kuesioner yang disebar secara online. Data yang diperoleh diuji dengan Uji Validitas, Reliabilitas, Asumsi Klasik dan Normalitas Data. Untuk menguji tingkat kontribusi dukungan dari setiap variabel yang diteliti digunakan analisis kualitatif dan verifikatif, berupa analisis koefisien korelasi dan determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kualitatif semua variabel yang diteliti menunjukkan tingkat kondisi yang cukup baik dan secara veriifkatif juga menunjukkan bahwa semua variabel yang diteliti menunjukkan kontribusi dukungan walaupun sangat kecil dalam menciptakan kinerja para pelaku UMKM di Kota Bandung. Berangkat dari hasil analisis riset ini dapat disimpulkan bahwa lingkungan usaha, Pendidikan, perlatihan dalam membangun kinerja para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM di Kota Bandung-Jawa Barat-Indoensia, pada saat Covid 19 berlangsung, memiliki kontribusi dukungan yang angat kecil dan bersifat signifikan.
- ItemANALISIS PROFITABILITAS DAN VARIABEL MAKROEKONOMI YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM DI INDONESIA: PENDEKATAN ERROR CORRECTION MODELS (ECM) (Studi Kasus Subsektor Perdagangan Ritel yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2019)(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2021) Asyifa, Annisa; Saradewi, Sherma May; Ekasari, Veronica Juniar; Saridewi, Visara MayPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan variabel makroekonomi terhadap harga saham di subsektor perdagangan retail di Indonesia baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Profitabilitas diproxikan oleh Return On Equity (ROA) dan Earning Per Share (EPS) sedangkan variabel makroekonomi diproxikan oleh nilai tukar (ER) dan inflasi (IFL). Penelitian ini menggunakan data panel dari tahun 1999 – 2019, data hanya stasioner pada first difference serta mempunyai hubungan kointegrasi antar variabel sehingga menggunakan analisis Error Correction Model (ECM) untuk melihat keseimbangan dalam jangka pendek. Hasil uji data menunjukkan bahwa baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek yang berpengaruh terhadap harga saham yaitu Earning Per Share (EPS). Sedangkan Return On Assets (ROA), nilai tukar (ER), dan inflasi (IFL) tidak berpengaruh terhadap harga saham
- ItemPENGARUH HARGA DAN PROMOSI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA PT KARYA JAYA STEEL BANDUNG(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2021) Sopian, Dio AhmadPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga dan promosi media sosial terhadap keunggulan bersaing pada PT. Karya Jaya Steel. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah harga dan promosi media sosial sebagai variabel independen, sedangkan keunggulan bersaing sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen PT. Karya Jaya Steel pengguna media sosial yang berjumlah 31 konsumen. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik non probability sampling dengan teknik sampel jenuh, sehingga sampel berjumlah 31 konsumen. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga dan promosi media sosial berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada PT. Karya Jaya Steel. Selain itu besarnya pengaruh harga dan promosi media sosial terhadap keunggulan bersaing sebesar 66,3%.
- ItemANALISIS EMPLOYABILITY MENGGUNAKAN PREDIKTOR GRADE POINT AVERAGE (IPK) DAN MASA STUDI: STUDI KASUS FRESH GRADUATE UNIVERSITAS WIDYATAMA TAHUN 2019(Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2021) Kara, All Fharizhi BagasJumlah pengangguran terdidik di Indonesia masih menunjukkan angka yang mengkhawatirkan. Data SAKERNAS yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa tingkat pengangguran sarjana di Indonesia pada tahun 2019 mencapai lebih dari 600.000 orang per tahun. Tingginya angka pengangguran sarjana menunjukkan rendahnya kemampuan kerja sarjana di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kerja lulusan sarjana di Indonesia dengan menggunakan indeks prestasi kumulatif dan masa studi sebagai prediktor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menghitung korelasi ganda antara indeks prestasi kumulatif, masa studi, dan kemampuan kerja. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dihitung dengan menjumlahkan nilai yang diperoleh mahasiswa selama perkuliahan dibagi dengan jumlah sks. Sedangkan masa studi dihitung berdasarkan jumlah semester yang ditempuh lulusan sejak masuk sampai lulus. Employability dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan indikator waktu tunggu lulusan, yaitu jangka waktu antara lulus dari sarjana sampai lulus bekerja. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah lulusan Program Studi Pendidikan Sarjana Universitas Widyatama tahun 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks prestasi kumulatif korelasi ganda, masa studi dengan kemampuan kerja adalah 0,81.
- ItemANALISIS PEMILIHAN METODE MEMULAI USAHA PADA PARA PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH DIHUBUNGKAN DENGAN PROFITABILITAS USAHA BARU PERIODE TAHUN 2020(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2021) Nur, Fahmi AlfianPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi entrepreneur dalam memulai usaha baru yakni apakah menggunakan causation approach atau effectuation approach yang terjadi pada tahun 2020 dan untuk selanjutnya pemilihan metode memulai usaha dihubungkan dengan profitabilitas usaha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey terhadap 250 reponden yang memperoleh Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BUMN. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah metode pendekatan memulai usaha, motivasi berusaha (necessity entrepreneur dan opportunity entrepreneur), kecukupan modal, analisis peluang usaha, analisis potensi pasar, tim manajemen, profitabilitas usaha. Hasil penelitian menunjukkan : Pertama, para pelaku usaha kecil dan menengah yang menjadi sampel penelitian , lebih banyak memilih effectuation approach pada saat memulai usaha baru di era pandemi Covid 19. Kedua, para pelaku usaha kecil dan menengah yang memilih causation approach memiliki profitabilitas lebih baik dibandingkan para pelaku usaha kecil dan menengah yang memilih effectuation approach pada saat memulai usaha baru. Ketiga, Profitabilitas usaha yang lebih baik pada kelompok yang menggunakan causation approach diduga disebabkan oleh kecukupan modal, analisis peluang usaha dan analisis potensi pasar yang lebih mendalam, serta memiliki tim manajemen untuk menjalankan usaha.
- ItemDETERMINAN HARGA SAHAM : VARIABEL FUNDAMENTAL DAN TEKNIKAL(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2021) Rulloh, Akbar; Bani, Adela Sayida Nursya; Kartawijaya, Adhiyudha Catur; AmeliaIndonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam khususnya di bidang pertambangan. Sektor pertambangan memberikan kontribusi yang tinggi bagi keberlangsungan perekonomian negara dan juga menjadi penyumbang terbesar bagi penerimaan negara, khususnya penerimaan negara bukan pajak. Namun, kinerja pasar yang diukur dari harga saham industri pertambangan saat ini sedang mengalami tren penurunan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham dilihat dari pendekatan fundamental dan teknikal. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel sebanyak 37 perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan selalu tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2015-2019. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi panel. Pengujian hipotesis menggunakan uji-F dan pengujian hipotesis menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel Earning Per Share (EPS) dan harga minyak dunia yang berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan variabel Return on Assets (ROA), Debt to Assets Ratio (DAR), dan Trading Volume Activity (TVA) tidak berpengaruh terhadap harga saham.
- ItemAPAKAH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST MAMPU MEMPENGARUHI ECUSTOMER LOYALTY MELALUI E-CUSTOMER SATISFACTION PADA ECOMMERCE LAZADA DI KOTA BANDUNG(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2021) Azhar, Afrizal; Wishal, Ratu Syahla Dilla; Yusuf, Restu Tenripada; Fatihah, TiaraStudi dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh e-service qualitydan e-trust terhadap e-loyalty dengan e-satisfaction sebagai variabel intervening pada pelanggan Aplikasi Lazada yang berdomisili di Bandung. Penelitiannya berjenis deskriptif dan kausal. Pengambilan sampelnya memakai nonprobability sampling sejumlah 100 orang. Penelitian memakai metode kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan path analysis. Hasil angket diukur menggunakan skala likert. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS 26. Hasil penelitiannya membuktikan jika e-service quality dan e-trust memiliki pengaruh terhadap e-satisfaction serta e-service quality dan e-trust memiliki pengaruh terhadap e-loyalty dengan e-satisfaction sebagai variabel intervening. Hasil penelitiannya membuktikan jika e-service quality dan e-trust tidak berpengaruh terhadap e-loyalty namun e-loyalty sangat dipengaruhi oleh e-satisfaction dimana e-satisfaction konsumen pada Lazada sangat dipengaruhi oleh e-service quality yang diberikan oleh Lazada dan etrust konsumen terhadap aplikasi Lazada.
- ItemPENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DIVISI PROJECT PT.INDOMARCO PRISMATAMA CABANG BANDUNG(Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2021) Aripin, Muhamad Nurul; Hapid, Muhamad; Gunawan, Agung; Savira, Trie AnandaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja karyawan divisi project pada PT.Indomarco Prismatama Cabang Bandung. variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan dan kompensasi sebagai variabel independen, sedangkan kinerja karyawan sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT.Indomarco Prismatama Cabang Bandung berjumlah 31 karyawan divisi project pada PT.Indomarco Prismatama Cabang Bandung. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik non probability sampling dengan teknik sampel jenuh, sehingga sampel berjumlah 31 karyawan divisi project pada PT.Indomarco Prismatama Cabang Bandung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan dan kompensasi berpengharuh kuat sedang atau lemah terhadap kinerja karyawan.
- ItemHUBUNGAN IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PADA BLACKPEPPER RESTO DAN CAFÉ BANDUNG(Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2021) Juliana, Alya Ayu; Astral, Hanz BrizalPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi relationship marketing memiliki hubungan dengan loyalitas pelanggan pada Blackpepper Resto dan Café Bandung. Faktorfaktor yang diuji dalam penelitian ini adalah implementasi relationship marketing sebagai variabel independen, sedangkan loyalitas pelanggan sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen atau pelanggan pada Blackpepper Resto dan Café Bandung. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode insidental sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Rank Sprearman menggunakan software Statistic Programe for Social Science (SPSS). Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi relationship marketing dan loyalitas pelanggan pada Blackpepper Resto dan Café Bandung termasuk ke dalam kategori baik. Selain itu hasil penelitian juga menunjukan bahwa implementasi relationship marketing memiliki hubungan dengan loyalitas pelanggan pada Blackpepper Resto dan Café Bandung.
- «
- 1 (current)
- 2
- 3
- »