PENGARUH PROMOSI DAN KEBIJAKAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OGNEO BOUTIQUE
No Thumbnail Available
Date
2016
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Perusahaan dalam menjual sebuah produk dibutuhkan promosi untuk
menyampaikan informasi mengenai produk tersebut kepada konsumen agar
konsumen tertarik akan produk tersebut. Promosi antara lain dapat dilakukan
melalui promosi penjualan secara berkala maupun periklanan melalui beragam
media termasuk media online dan media cetak. Advertising adalah salah satu alat
yang dapat digunakan untuk melakukan promosi. Promosi harus dibuat semenarik
mungkin agar dapat menarik daya beli akan suatu produk beserta harganya.
Harga juga dapat menimbulkan minat konsumen, terlebih untuk konsumen yang
sensitif terhadap harga. Dengan adanya selisih harga tertentu akan menentukan
minat konsumen untuk bertransaksi membeli sebuah produk.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
promosi dan kebijakan penetapan harga terhadap keputusan pembelian baik secara
simultan maupun secara parsial.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan
pendekatan studi kasus dimana populasi diambil dari konsumen OGNEO
boutique, dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dalam
pengambilan sampel. Sampel yang dijadikan penelitian sebanyak 100 orang
konsumen. Pengujian data melalui uji validitas dan reliabilitas, sedangkan
Pengolahan data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda, koefisien
korelasi, koefisien determinasi, pengujian hipotesis.
Berdasarkan pengujian analisis statistic diperoleh hasil bahwa promosi
memiliki keeratan hubungan yang kuat dengan keputusan pembelian. Hasil
koefisien determinasi dan pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa
promosi berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.
Berdasarkan pengujian analisis statistic diperoleh hasil penetapan harga memiliki
keeratan hubungan yang kuat dengan keputusan pembelian. Hasil koefisien
determinasi dan pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa penetapan
harga berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.
Secara simultan, hasil perhitungan koefisien korelasi berganda (R) promosi dan
penetapan harga memiliki keeratan hubungan yang kuat dengan keputusan
pembelian. Hasil koefisien determinasi dan hasil uji hipotesis secara simultan
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama
(simultan) dari promosi dan penetapan harga terhadap keputusan pembelian.
Description
Keywords
Advertising, Penetapan Harga, Keputusan Pembelian, Pricing Policy, Purchasing Decision