Management - Bachelor
Permanent URI for this collection
Browse
Recent Submissions
Now showing 1 - 5 of 4023
- ItemPENGARUH MEDIA SOSIAL MARKETING MELALUI TIKTOK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT SISWA/I SMA KELAS XII BANDUNG UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2024) Shakira Angeline Yughana; Rini Handayani (Pembimbing)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Sosial Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Siswa/I SMA Kelas XII Bandung untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Widyatama Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 responden yang merupakan jumlah dari hasil perhitungan populasi di 5 sekolah di Kota Bandung yakni SMA PGII 1 Bandung, SMAN 10 Bandung, SMAN 27 Bandung, SMA Angkasa Bandung dan SMAN 22 Bandung. Pengolahan data dilakukan dengan analisis uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa Media Sosial Marketing (X1) dan Electronic Word of Mouth (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Minat beli (Y) pada Siswa/I SMA Kelas XII Bandung untuk Melanjutkan Pendidikan ke Universitas Widyatama Bandung yaitu sebesar 72,2%, dimana 57,38% dipengaruhi oleh variabel media sosial marketing dan 14,8% dipengaruhi oleh variabel Electronic Word of Mouth, sedangkan sisanya sebesar 27,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada pada penelitian kali ini.
- ItemPENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO GROSIR SEMBAKO (STUDI KASUS TOKO MAY JAYA, KECAMATAN SUKATANI)(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2024) Mia Putri Lestari; Rini Handayani (Pembimbing)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Grosir Sembako May Jaya, Sukatani. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh orang yang tertarik untuk melakukan pembelian pada toko grosir sembako May Jaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan metode nonprobability sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengolahan data dilakukan dengan analisis uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan alat bantu program SPSS 26.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian(Y). Hasil pengujian secara parsial menghasilkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian toko grosir sembako May Jaya, Sukatani. Kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko grosir sembako May Jaya, Sukatani. Hasil uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan sebesar 35,3% terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian koefisien korelasi menunjukkan nilai Rsquare sebesar 42,1% sedangkan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini, dan nilai R yang diperoleh pada penelitian ini adalah sebesar 0,649 dan termasuk dalam kategori tingkat hubungan korelasi erat.
- ItemPENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT BELI (Survey Pada Followers Seblak Tehbetty di Universitas Widyatama)(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2024) Ineuke Puspa Sari; Rini Handayani (Pembimbing)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh influencer marketing dan electronic word of mouth terhadap minat beli Seblak Tehbetty. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Widyatama yang menjadi followers media sosial Seblak Tehbetty. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukan bahwa hasil uji secara simultan (uji F) variabel influencer marketing (X1) dan electronic word of mouth (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat beli (Y). Sedangkan hasil uji parsial (uji t) variabel influencer marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli (Y) dan variabel electronic word of mouth (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli (Y). Dilihat dari koefisien determinasi minat beli produk Seblak Tehbetty sebesar 86,4% dipengaruhi oleh influencer marketing dan electronic word of mouth dan sisanya 13,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
- ItemPERENCANAAN BISNIS PENGOLAHAN LIMBAH SAMPAH ECOWASTE(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2025) Zaid Bhagavedana AvestaPembangunan infrastruktur yang pesat, serta meningkatnya gaya hidup masyarakat di Indonesia, telah menyebabkan peningkatan jumlah sampah. Hal ini merupakan hasil dari berbagai proyek, seperti konstruksi dan teknologi, serta pemborosan penggunaan aksesori smartphone, seperti charger, yang berkontribusi pada peningkatan salah satu jenis sampah plastik, yaitu sampah kabel. Sebagai seorang wirausahawan, penting untuk melihat peluang dalam sebuah masalah. Diperlukan inovasi agar sampah kabel ini dapat digunakan kembali dan diubah menjadi barang yang lebih bermanfaat, bukan hanya menjadi sampah yang tidak terpakai yang dapat mencemari lingkungan. Untuk itu, Ecowaste hadir untuk mengurangi pencemaran lingkungan dengan mengubah sampah kabel menjadi bijih plastik, yang nantinya akan dijual kepada pabrik untuk dijadikan sebagai bahan baku daur ulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memahami kelayakan perencanaan serta strategi bisnis yang akan diterapkan, dengan mempertimbangkan berbagai aspek lingkungan bisnis, pemasaran, operasional, sumber daya manusia, keuangan, dan manajemen risiko. Penelitian ini juga bertujuan untuk menilai kelayakan berdasarkan aspek kewirausahaan yang dikenal sebagai Timmons Model. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder dan primer. Hasil dari perencanaan bisnis Ecowaste menunjukkan bahwa Ecowaste memiliki potensi yang tinggi dan layak untuk dijalankan, karena menunjukkan kinerja yang baik pada banyak indikator pengukur menurut Timmons Model. Jika dilihat dari besarnya NPV, ROI, dan payback period yang dihasilkan, Ecowaste layan dan berpotensi tinggi untuk dijalankan.
- ItemPENGARUH PELATIHAN KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT.XYZ(Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama, 2025) Zafira AprilidanaPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan kerja dan kompetensi terhadap kinerja karyawan pada PT.XYZ. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 92 responden. Analisis data dilakukan menggunakan software IBM SPSS Statistics 25 untuk menguji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisen determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian uji t (parsial) menunjukkan bahwa pelatihan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan kompetensi berpengaruh pada kinerja karyawan. Hasil uji F (simultan) menunjukkkan nilai Fhitung sebesar 59,324 > nilai Ftabel sebesar 3,100, dapat disimpulkan bahwa pelatihan kerja dan kompetensi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada PT.XYZ untuk meningkatkan pelatihan kerja dan kompetensi pada kinerja karyawan agar perusahaan memiliki karyawan yang berkualitas dan perusahaan dapat mencapai tujuan yang dicapai. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan untuk mencoba menggunakan variabel lain agar menciptakan inovasi baru dan menggunakan variabel yang belum digunakan oleh penelitian ini dan untuk perusahaan peneliti menyarankan untuk meningkatkan pelatihan kerja dengan cara menggunakan metode yang sesuai dengan tugasnya dan karyawan dapat meningkatkan kompetensinya melalui pengetahuan mengenai tugasnya.