Japanese Bachelor
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Japanese Bachelor by Title
Now showing 1 - 20 of 35
Results Per Page
Sort Options
- ItemALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA LAGU YUI DALAM ALBUM FROM ME TO YOU YUIのFROM ME TO YOUアルバムの歌詞における コードスイッチングとコードミクシング(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Fadillah, Inggar MochammadKeberadaan komunikasi adalah tanda bagi kehidupan manusia, manusia sebagai makhluk sosial komunikasi adalah jantung dari tindak sosiologi bermasyarakat. Mengingat banyaknya kelompok manusia yang menghasilkan aneka ragam berbahasa yang tersebar di dunia. Maka belajar bahasa merupakan hal yang penting untuk dipelajari serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Zaman juga semakin maju, teknologi semakin canggih, sehingga untuk menyampaikan informasi serta tujuan tak luput dari pembelajaran berbahasa. Untuk itu bukan hal yang mustahil pendidikan bahasa yang mengkaji perubahan alih kode dan unsur dari campur kode menjadi unsur yang mampu mewujudkan suatu tujuan. Maka selanjutnya penulis mencoba meneliti adanya perubahan alih kode dan unsur campur kode pada lagu-lagu YUI dalam album From Me to You. Sehingga mampu melahirkan persfektif baru dengan meneliti aspek yang terkandung seperti ; mendeskripsikan adanya wujud alih kode dan unsur campur kode dalam lirik lagu-lagu YUI, serta ; menerangkan faktor penyebab terjadinya alih kode dan unsur campur kode pada lagu-lagu YUI, serta ; mengetahui sisi VALS (values attitudes and lifestyle) para pendengar lagu YUI itu sendiri. Dengan metode kualitatif penulis mencoba mendeskripsikan maksud dari lirik lagu YUI di mana penyanyi tersebut menggunakan bahasa lebih dari satu untuk menyampaikan pesan kepada pendengar lagunya itu sendiri.
- ItemANALISIS AIZUCHI DALAM VLOG AKANE-TEKI NIHONGO KYOUSHITSU DENGAN JUDUL “(NIHONGO-KAIWA) DAGASHI BA- DE TABERU TOKI” “(日本語|会話)駄菓子バーで食べるとき”のタイトルの あかね的日本語教室のビデオの相槌分析(Program Studi Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2021) Rahmawati, Yunita SeptiaAizuchi merupakan ungkapan ekspresi yang paling banyak ditemukan dalam berbagai percakapan orang Jepang dan banyak digunakan untuk memberikan respon terhadap pembicara serta untuk membuat percakapan terasa tidak kaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan fungsi ungkapan aizuchi dalam vlog Akane-Teki Nihongo Kyoushitsu yang berjudul “(Nihongo-Kaiwa) Dagashiba- de Taberu Toki)”. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap dimana penulis hanya menyimak dan mencatat aizuchi yang digunakan dalam video tersebut tanpa terlibat langsung didalam percakapan. Sedangkan untuk metode analisis data, penulis menggunakan metode padan pragmatis karena melibatkan mitra tutur sebagai alat penentu analisisnya. Adapun hasil dari penelitian ini, terdapat 24 data yang terbagi dalam 6 bentuk ungkapan aizuchi yaitu, unazuki sebanyak 5 data, odoroki sebanyak 6 data, kido airaku sebanyak 4 data, kanshin wo shimesu 1 data, ryoukai sebanyak 4 data, dan doui sebanyak 4 data. Sedangkan untuk fungsi aizuchinya terbagi menjadi 4 kalsifikasi fungsi, antara lain kiiteiru to iu shingou sebanyak 6 data, rikai shiteiruto iu shingou sebanyak 4 data, doui no shingou sebanayak 4 data, dan kanjyou nohyougen terdapat 10 data
- ItemANALISIS ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA VIDEO JEROME POLIN DI SALURAN YOUTUBE NIHONGO MANTAPPU (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK) 日本語マンタップユーチューブチャンネルのジェロームポリンの ビデオでコードスイッチングとコードミクシングの分析(Program Studi Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2021) Hanani, Nurul ZatiPenelitian ini berjudul “Analisis Alih Kode dan Campur Kode Pada Video Jerome Polin di Saluran Youtube Nihongo Mantappu (Kajian Sosiolinguistik)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk alih kode dan campur kode yang digunakan dalam video Jerome Polin di saluran youtube Nihongo Mantappu. Pada penelitian ini penulis menggunakan tiga video Jerome Polin pada saluran youtube Nihongo Mantappu sebagai data yang diteliti. Teori alih kode yang digunakan adalah teori Hoffman dan teori campur kode yang digunakan adalah teori Muysken. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang terdiri dari tiga tahap yaitu, tahap pengumpulan data, tahap analisis data dan tahap penyajian hasil analisis data. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan teknik simak bebas libat cakap serta teknik catat. Metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan intralingual dan teknik pilah unsur penentu. Metode yang digunakan dalam penyajian hasil analisis data adalah metode penyajian informal. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat tiga jenis alih kode yaitu inter-sentential (8 data), intra sentential (28 data) dan emblematic / tag switching (6 data) dan tiga jenis campur kode yaitu penyisipan (17 data), alternasi (5 data) dan leksikalisasi kongruen (10 data).
- ItemANALISIS ALIH KODE PADA LIRIK LAGU “BETTER” DAN “STILL HERE” KARYA ATEEZ BOYGROUP ASAL KOREA ATEEZ という韓国のボーイグループによる 「Better」と「Still Here」 歌詞のコードスイッチング分析(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Oktafiany, Rosa AuliaPenelitian ini berjudul “Analisis Alih Kode pada Lirik lagu “Better” dan “Still Here” Karya ATEEZ Boygrup asal Korea”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk alih kode yang digunakan dalam lirik lagu di saluran youtube ATEEZ. Penulis menggunakan sumber data dari dua lagu pada saluran youtube ATEEZ sebagai data yang diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang terdiri dari tiga tahap yaitu, tahap pengumpulan data, tahap analisis data, dan tahap penyajian hasil analisis data. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan teknik simak bebas libat cakap. Metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan translasional dan teknik pilah unsur penentu. Metode yang digunakan dalam penyajian hasil analisis data adalah metode penyajian formal. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa data alih kode eksternal terdiri dari 23 data. Peralihan kode dari bahasa Jepang ke bahasa Inggris 13 data, sedangkan peralihan kode dari bahasa Inggris ke bahasa Jepang 10 data.
- ItemANALISIS BENTUK DAN MAKNA ONOMATOPE DALAM BAHAN AJAR E-BOOK NHK DAN ONOMATOPE GITAIGO KAMUS KARANGAN GOMI TARO E - Book NHK Japan の 教材 と 五味太郎著『日本語擬態語辞典』に掲載されているオノマトペの種類と意味の分析。(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Utari, Desy FristaFrista Utari, Desi. 2022. Analisis bentuk dan makna onomatope dalam materi ajar e-book NHK Jepang dan kamus onomatope gitaigo karangan Gomi Taro. Skripsi Program Studi S-1bahasa Jepang. Fakultas Bahasa Universitas Widyatama. Pembimbing Abdul Latif Jaohari, S. Pd., M.Pd. Onomatope lebih dikenal dengan kata tiruan bunyi. Tiruan bunyi ini sering dijumpai pada berbagai bacaan, yaitu komik, novel dan lain sebagainya. Tiruan bunyi ini sangat beragam dan banyak jenisnya. Onomatope menggambarkan tiruan bunyi berasal dari alam atau benda mati, makhluk hidup, keadaan atau situasi tertentu, menggambarkan suasana hati manusia. Bentuk onomatope dibagi menjadi lima, yaitu giongo, giseigo, gitaigo, giyougo, gijougo. Dalam kamus onomatope gitaigo, ekspresi onomatope diklasifikasikan menjadi tiga jenis tata bahasa, yaitu jenis kata keterangan, jenis kata kerja majemuk, jenis kata sifat Na. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek data yang dianalisis berupa kata- kata yang terdapat dalam sumber, data kamus onomatope gitaigo karangan Gomi Taro dan materi ajar e-book NHK Jepang, dilengkapi dengan tayangan onomatope pada channel youtube. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menyimak dan mencatat tayangan youtube agar lebih paham makna dan dapat mengenal contoh dalam kalimat, melakukan literasi pada sumber data kamus dan e-book, memilah sesuai jenis dan bentuknya. Hasil dari penelitian ini menemukan, dua puluh satu bentuk onomatope dari bahan ajar e-book NHK Jepang, dari bab satu sampai bab sepuluh, dengan klasifikasi delapan gitaigo ((擬態語), lima giongo ((擬音語), lima gyougo (擬容語), tiga gijougo (擬情語). dan tidak ditemukan onomatope klasifikasi giseigo (擬声語).
- ItemANALISIS BENTUK TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM ANIME “TADA-KUN WA KOI O SHINAI” (Kajian Pragmatik) アニメ「 多田くんは恋をしない 」における指示的言語行為の形態の分析 (語用論研究)(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Fiqrie, Ilham AlTindak tutur dapat dikatakan sebagai proses terjadinya interaksi linguistik dalam satu bentuk ujaran atau lebih yang melibatkan dua pihak, yaitu penutur dan lawan tutur atau mitra tutur, dengan satu pokok tuturan, di tempat, waktu dan situasi tertentu. Penelitian mengenai tindak tutur telah banyak dilakukan oleh peneliti sebelumnya, namun penelitian yang mengkaji tentang tindak tutur kajian pragmatik dalam bentuk tindak tutur direktif pada video anime per episode melalui platform Youtube jarang ditemukan. Penelitian ini membahas mengenai jenis-jenis tindak tutur direktif berlandaskan teori dari Namatame per episode video anime melalui media sosial Youtube. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik dengan teori tindak tutur direktif Namatame terdiri dari (Perintah atau meirei, Permintaan atau irai, Larangan atau kinshi, Izin atau kyoka, Anjuran atau teian). Metode yang digunakan berupa deskriptif kualitatif dengan menggambarkan situasi dalam analisis data. Berdasarkan dari hasil analisis data, peneliti menemukan jenis tindak tutur direktif Namatame dalam anime ini yaitu, berjumlahkan 13 episode per episode sekitar kurang dari 24 menit. Peneliti mengambil data dari episode 1-13, dan dari 1-13 episode tersebut peneliti mendapatkan total 52 data yang jika dibagi, kalimat Perintah/Meirei berjumlah 25 data, kalimat Permintaan/Irai berjumlah 13 data, kalimat Larangan/Kinshi berjumlah 6 data, kalimat Izin/Kyoka berjumlah 3 data, kalimat Anjuran/Teian berjumlah 5 data.
- ItemANALISIS CAMPUR KODE DAN ALIH KODE PADA LIRIK LAGU DAY6 DALAM ALBUM: UNLOCK アルバム「Unlock」における楽曲『DAY6』のコードミキシングとコード スイッチングの分析(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Akhliya, Nindy Ayu PutriCampur kode dan alih kode adalah peristiwa peralihan dan pencampuran bahasa yang digunakan oleh penutur yang memiliki lebih dari satu kemampuan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi bentuk campur kode dan alih kode dari album DAY6 Unlock. Album DAY6 Unlock memiliki 10 lagu bahasa Jepang. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis SBLC (Simak Bebas Libat Cakap) metode yang tidak melibatkan penulis dalam suatu tuturan yang akan diteliti dan hanya sekedar mengamati. Metode analisis menggunakan padan referensial dan padan translasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 bentuk campur kode dan alih kode, yaitu kata, frasa, dan klausa, sedangkan bentuk alih kode adalah alih kode antar kalimat.
- Item“ANALISIS DIALEK KANSAI PADA KOMIK TENSHI GA KURETA MONO KARYA KIMURA AYAKO VOLUME 1” (Kajian Sosiolinguistik) “木村文子の漫画の「天使がくれたもの」ボリューム1における関西弁の分析” (社会言語学の研究)(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Bentang, RatnaDalam skripsi ini, penulis meneliti tentang penggunaan bentuk dialek Kansai dalam komik Tenshi Ga Kureta Mono dan penerjemahan ke bahasa Jepang standar. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bentuk-bentuk jodoushi, bentuk shuujoshi, keiyoushi dan faktor sosial yang mempengaruhi penggunaan dialek Kansai yang muncul di komik tersebut. Untuk menyelesaikan penelitian ini penulis memperoleh data dari komik Tenshi Ga Kureta Mono. Komik ini dianalisis dengan menggunakan teknik baca, simak dan catat. Kemudian untuk menganalisis bentuk-bentuk dialek Kansai dan padanannya dalam bahasa Jepang standar, penulis menggunakan metode intralingual. Kajian yang digunakan adalah kajian sosiolinguistik dengan metode penelitian deskriptif analisis. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk dialek Kansai yang terdapat dalam komik adalah jodoushi terdiri dari hen, ya, yaro, ~nde ee, ~na akan dan jodoushi ~ten, sedangkan shuujoshi terdiri dari na, de, ya, dan wa. Adapun Keiyoushi yang sering muncul adalah aho dan ee. Faktor sosial yang mempengaruhi penggunaan dialek Kansai pada komik ini adalah faktor keanggotaan kelompok, faktor gender dan faktor situasi.fa
- ItemANALISIS DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU DALAM ALBUM THE BOOK 2 KARYA YOASOBI (KAJIAN STILISTIKA) YOASOBIのアルバム『THE BOOK 2』の歌詞における 語法と言語スタイル分析 (文体の研究)(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Pratama, Handi MutaqinSkripsi ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan diksi dan gaya bahasa pada lirik lagu di album The Book 2 karya YOASOBI dengan pendekatan stilistika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori stilistika yang terdiri dari teori diksi dari buku Gorys Keraf yang berjudul “Diksi dan Gaya Bahasa”, sedangkan teori gaya bahasa dalam bahasa Jepang, menggunakan buku 日本語のレトリック’Nihongo no Retoriku’ karya Seto Kenichi. Sumber data penelitian adalah 8 lagu di album YOASOBI yang berjudul The Book 2. Dari penelitian ini ditemukan diksi yang terdiri dari makna konotatif sebanyak 31 data, makna denotatif sebanyak 9 data, antonim sebanyak 4 data dan hiponim sebanyak 13 data. Selain itu, ditemukan gaya bahasa yang terdiri dari gaya bahasa metafora 2 data, gaya bahasa hiperbola sebanyak 16 data, gaya bahasa repetisi sebanyak 15 data, gaya bahasa simile sebanyak 5 data, gaya bahasa personifikasi sebanyak 2 data, gaya bahasa paradoks sebanyak 1 data, gaya bahasa antiklimaks sebanyak 1 data, gaya bahasa antithesis sebanyak 1 data dan gaya bahasa meiosis sebanyak 1 data.
- ItemANALISIS KANJI JUKUJIKUN DALAM MANGA KIMETSU NO YAIBA 鬼滅の刃漫画の中に熟字訓漢字の分析(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2021) Purnamasari, GinaPenelitian ini mengangkat tema “Analisis Kanji Jukujikun dalam Manga Kimetsu no Yaiba”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembentukan kanji jukujikun yang terdapat dalam manga Kimetsu no Yaiba dan mendeskripsikan hubungan makna pembentukan kanji jukujikun dalam manga Kimetsu no Yaiba. Manga Kimetsu no Yaiba volume 6-8 digunakan untuk memperoleh data. Teori proses pembentukan kanji jukujikun yang digunakan adalah teori Todo (1986:74), dan teori hubungan makna pembentukan kanji jukujikun yang digunakan ialah teori Tsuchiya (1986:58). Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini ialah metode simak dengan menggunakan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan referensial. Selain itu metode penyajian hasil analisis data yang digunakan yaitu metode penyajian informal. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat 12 data, jika dilihat dari proses pembentukannya 8 data dengan hubungan pemeri, 2 data dengan hubungan setara, 1 data dengan hubungan pemasti, dan 1 data dengan hubungan subjek predikat. Dan jika dilihat dari hubungan makna pembentuknya berdasarkan gabungan dari 2 kanji yang termasuk ke dalam struktur 4 terdapat 7 data, dan yang termasuk ke dalam struktur 7 terdapat 1 data. Adapun berdasarkan gabungan dari 3 kanji yang termasuk ke dalam struktur 1 terdapat 1 data, dan yang termasuk ke dalam struktur 3 terdapat 3 data.
- ItemANALISIS KONTRASTIF MAKNA KANYOUKU BAHASA JEPANG DAN BAHASA INDONESIA YANG MENGGUNAKAN NAMA ANGGOTA TUBUH 体の部分名前を使って、日本語とインドネシア語の慣用句意味の対比析(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2021) Utami, Elfa RegitaIdiom merupakan ujaran perumpamaan yang sering ditemukan pada kehidupan sehari-hari. Idiom sering kali menggunakan nama-nama bagian tubuh pada manusia sebagai pembentuk unsur leksikalnya. Idiom dalam bahasa Jepang disebut kanyouku. Idiom bahasa Jepang dan bahasa Indonesia, walaupun memiliki pengertian yang sama secara umum, akan tetapi idiom kedua bahasa tersebut pasti memiliki perbedaan. Ketika membandingkan idiom bahasa Indonesia dan bahasa Jepang, maka akan ditemukan persamaan dan perbedaan yang terdapat pada idiom, baik dari segi makna lekiskal, makna idiomatikal, dan unsur pembentuk dari kedua bahasa idiom tersebut. Penulis memperoleh data dari video kanyouku bahasa Jepang, buku ungkapan bahasa Indonesia, dan media sosial instragram, data tersebut dikumpulkan dengan cara metode simak dengan menggunaakan teknik catat, kemudian untuk menganalisis makna dan strukturnya, penulis menggunakan metode referensial dengan menggunakan teknik pilah unsur pertentu. Berdasarkan yang telah di analisis penulis, diperoleh 15 kanyouku yang menggunakan nama-nama bagian tubuh, 6 data yang memiliki makna dan kata yg digunakannya sama, dan 9 data kanyouku yang beda kata namun memiliki makna yang sama dengan idiom bahasa Indonesia.
- ItemANALISIS MAJAS HIPERBOLA DALAM LIRIK LAGU LEMON DAN NEKO 猫とレモンの歌で誇張法を分析(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2021) Zainal, Fitrah Maghfirah MarwahMusic adalah nada -nada dan suara yang indah yang mengandung irama, lagu, dan keharmonisan suara. Di dalam setiap lagu, pasti ada majas yang terkandung. Majas adalah suatu media dalam berbahasa yang bermanfaat dalam proses penyampaian pesan atau memaparkan suatu ide tertentu. Salah satu jenis majas adalah majas hiperbola. Majas hiperbola adalah majas yang merupakan ungkapan yang berlebihan. Setelah diteliti, penulis menemukan banyak majas hiperbola dengan berbagai bentuk. Penelitian ini menggunakan teori dari sato, untuk menganalisis majas hiperbola. Penelitian ini mengambil sumber data dari lagu jepang, yaitu berjudul lemon karya Kenzi Yonezu dan neko karya Takumi Kitamura . Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode simak dengan Teknik catat. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan metode referensial dengan Teknik pilah unsur penentu. Berdasarkan hasil analisis mengenai majas hiperbola yang terdapat pada lagu lemon karya Kenzi Yonezu dan lagu Neko karya Takumi Kitamura, dapat disimpulkan bahwa terdapat 57 data majas hiperbola yang terkumpul, diantaranya pada lagu lemon karya Kenzi Yonezu ditemukan sebanyak 27 majas hiperbola, dan pada lagu neko karya Takumi Kitamura terdapat 30 majas hiperbola. Pada penelitian ini, majas hiperbola yang banyak digunakan pada lagu lemon dan neko yaitu majas hiperbola yang berhubungan dengan perasaan terdapat 21 data.
- ItemANALISIS MAJAS PADA LIRIK LAGU KEPOMPONG DAN BEGITU INDAH VERSI JEPANG 日本語版のさなぎと美しさのせいさの歌詞の比喩的な 言葉の分析(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2021) Fauzi, Nur AlifPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis majas yang terdapat pada lirik lagu Indonesia yang telah diterjemahkan ke versi bahasa Jepang. Lirik lagu merupakan salah satu jenis karya sastra yang mengandung berbagai jenis majas beserta maknanya. Majas merupakan sebuah cara mengekspresikan pikiran melalui pilihan kata yang tersirat. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode simak dengan teknik catat, sedangkan metode analisis data menggunakan metode referensial dengan teknik dasar bilah unsur penentu. Sumber data yang digunakan merupakan lirik lagu Indonesia yang berjudul Kepompong dan Begitu Indah yang sudah diterjemahkan ke versi Jepang oleh Hiroaki Kato. Hasil penelitian berupa jenis majas pada lirik lagu Kepompong terdapat 6 jenis majas yaitu simile, personifikasi, metafora, antitesis, hiperbola dan repetisi. Majas yang paling dominan pada lirik lagu tersebut adalah simile. Sedangkan pada lirik lagu Begitu Indah terdapat 5 jenis majas yaitu personifikasi, metafora, hiperbola, paralelisme dan pleonasme. Majas yang paling dominan pada lirik lagu tersebut adalah hiperbola.
- ItemANALISIS MAJAS SINDIRAN TERHADAP PANDANGAN KEHIDUPAN DI MASYARAKAT SOSIAL DARI LIRIK LAGU “INOCHI NI KIRAWARETEIRU” (Kajian Semantik) 『命に嫌われている』の歌詞から、社会における社会的県会に対するの観点に対して 風刺分析 (意味論の研究)(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Kusumah, Wiguna HastaMajas sindiran adalah gaya bahasa yang digunakan untuk menyindir seseorang atau suatu hal. Pada suatu karya sastra biasanya menggunakan majas untuk memanfaatkan kekayaan bahasa sehingga membuat suatu karya sastra semakin hidup. Misalnya sebuah lagu bukan hanya dinikmati nada atau iramanya saja, tetapi bisa menjadi sarana untuk menyampaikan pesan pada pendengarnya. Sehingga majas sindiran pada lagu digunakan penulis lagu untuk menyampaikan kritik atau pun saran dengan cara menyindir seseorang atau suatu keadaan lewat lirik-lirik lagu yang disampaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan jenis-jenis majas sindiran apa saja yang digunakan dan mengetahui apa makna dari penggunaan majas sindiran pada suatu lirik dalam lagu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggambarkan situasi dan analisis data. Data diperoleh dari lagu Jepang yaitu Inochi ni Kirawareteiru, karena lagu ini sempat viral di media sosial yang berhubungan dengan anime/manga. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi makna setiap sindiran yang ditemukan secara semantik dan menyesuaikan datanya menurut Chaer, jenis majas sindiran dari Waridah, Fitri, dan Ratna, sedangkan pengertian majas sindiran dari Aminuddin, Keraf, dan Waluyo. Dari penelitian ditemukan 32 data ungkapan sindiran yang terdiri dari 5 majas sindiran, yaitu 5 majas ironi, 5 majas sinisme, 4 majas sarkasme, dan majas sindiran yang paling banyak yaitu 9 majas satire dan 9 majas innuendo.
- ItemANALISIS MAKNA DAN PEMBENTUKAN DAJARE PADA ANIME VS KNIGHT LAMUNE & 40 FIRE(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Nurjaman, Zufar FadhilPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna dan pembentukan dajare terhadap kata-kata dalam bahasa Jepang. Dajare adalah salah satu bentuk lelucon yang biasa dilakukan oleh masyarakat di Jepang dengan memplesetkan kata-kata yang memiliki bunyi yang sama atau memenggal salah satu huruf dari kata-kata tersebut. Objek penelitian ini diambil dari anime berjudul VS Knight Lamune & 40 Fire yang berjumlah 26 episode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data simak bebas libat cakap. Adapun metode yang digunakan dalam analisis data adalah metode padan referensial dengan mengaitkan teori pembentukan dajare oleh Pawel Dybala, Kenji Araki, Rafal Ryepka, Kohichi Sayama dan jenis makna dari teori Chaer dan disajikan dengan menggunakan metode informal. Jumlah keseluruhan data penelitian adalah 38 data dajare yang diklasifikasikan ke dalam 5 jenis pembentukan dajare, yaitu: 12 dajare homofon, 10 dajare penambahan mora, 2 dajare pengurangan mora, 13 dajare perubahan mora, dan 1 dajare metatesis mora. Sementara itu, makna yang muncul dalam data-data dajare tersebut berupa makna leksikal dan referensial.
- ItemANALISIS MAKNA MAJAS PERBANDINGAN DALAM LIRIK LAGU PADA ALBUM YOUR NAME (NANDEMONAIYA, SPARKLE, YUME TOUROU) KARYA RADWIPMS (Kajian Semantik) RADWIMPSによるアルバム『君の名は。』の『なんでもないや』『スパークル』『夢灯籠』の歌詞における意味と比較の分析 (意味論の研究)(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Farid, Zhafran HabilBahasa adalah salah satu alat komunikasi dan bersosialisasi yang fungsinya untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain secara verbal. Di kehidupan sehari-hari jarang sekali kita mendengarkan penggunaan majas, namun dalam sebuah karya sastra seperti puisi, novel, dan lagu terdapat banyak sekali majas. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan makna dan bentuk majas perbandingan yang ada pada lirik lagu berbahasa jepang karya Radwimps. Metode berserta teknik yang digunakan oleh penulis pada skripsi ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap. Metode analisis data menggunakan metode agih. Metode yang menggunakan alat penentu bagian dari bahasa yang bersangkutan yang menjadi objek sasaran di dalam penelitian itu sendiri. Data yang ditemukan pada lirik lagu Nandemonaiya, Yume Tourou, dan Sparkle berjumlah 16 data. Terdapat 3 majas perbandingan yang di temukan pada penelitian ini, yaitu: simile, personifikasi, dan metafora. Lirik lagu Nandemonaiya memiliki 6 majas perbandingan, terdiri dari 2 simile, 2 personifikasi, dan 2 majas metafora. Lirik lagu Yume Tourou mengandung 4 majas perbandingan, yaitu 3 personifikasi, dan 1 metafora. Dalam lirik lagu Sparkle terdapat 6 majas perbandingan, terdiri dari 4 metafora, 2 simile. Majas perbandingan yang paling dominan adalah majas metafora dengan total 7 data.
- ItemANALISIS MAKNA MOTIVASI PADA LIRIK LAGU “RIVER” DAN “NEW SHIP” KARYA AKB48 (Kajian Semiotik) AKB48の「 RIVER」と「NEW SHIP」の歌詞における動機づけの意味の分析: 記号論の研究(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Waluya, Muhammad Zidan SetiawanMuhammad Zidan Setiawan Waluya, 2022. Analisis Makna Motivasi Pada Lirik Lagu “RIVER” Dan “NEW SHIP” Karya AKB48. Skripsi Program Studi S-1 Bahasa Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Widyatama. Masalah utama dalam penelitian ini adalah menentukan penanda, petanda, denotasi, dan konotasi, dalam lirik lagu “RIVER” dan “NEW SHIP”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna motivasi yang terkandung di mitos dalam lirik lagu “RIVER” dan “NEW SHIP”. Dalam penelitian ini metode jenis penelitian menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian adalah penanda, petanda, denotasi, konotasi, dan mitos, dalam lirik lagu “RIVER” dan “NEW SHIP”. Data dalam penelitian ini merupakan data yang diambil dari lagu karya AKB48 berjudul “RIVER” dan “NEW SHIP”. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan dilanjutkan dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah padan referensial dengan teknik pilah unsur penentu (PUP) dengan daya pilah referensial. Hasil analisis data dalam lirik lagu “RIVER” terdapat tujuh penanda, tujuh petanda, tujuh denotasi, tujuh konotasi, dan tujuh mitos. Dalam lagu “NEW SHIP” terdapat enam penanda, enam petanda, enam denotasi, enam konotasi, dan enam mitos.
- ItemANALISIS MAKNA ONOMATOPE DALAM KOMIK JUJUTSU KAISEN VOL 1 KARYA GEGE AKUTAMI(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2021) Rivaldo, Muhamad RezaOnomatope adalah salah satu konsep bahasa dan sering digunakan pada percakapan sehari-hari atau pada media-media bacaan terutama komik. Onomatope dalam komik memiliki kegunaan untuk memahami konteks situasi di dalam adegan suatu komik, bentuk dan konsepnya pun akan berbeda-beda disetiap bahasa. Onomatope Jepang di bagi menjadi dua besar yaitu giongo dan gitaigo yang dibagi lagi menjadi beberapa kelompok yaitu giseigo, gijougo, dan giyougo . Pada praktiknya, giongo dan gitaigo sering digunakan pada komik. Akan tetapi banyak pembaca yang kesulitan memahami konteks situasi suatu adegan di dalam komik karena tidak mengerti makna dari onomatope tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis giongo dan gitaigo yang digunakan dalam komik Jujutsu Kaisen Vol 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan giongo, gitaigo, giseigo, gijougo, dan giyougo yang digunakan pada komik Jujutsu Kaisen Vol 1. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan keseluruhan penelitian yang dilakukan, penelitian ini menemukan 87 data onomatope yang berbeda-beda yaitu, 29 data untuk kategori giongo, 18 data untuk kategori gitaigo, 12 data untuk kategori giseigo, 23 data untuk kategori giyougo dan 5 data untuk kategori gijougo. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan bagi pembelajar bahasa Jepang yang kesulitan untuk memahami makna dari onomatope dalam komik berbahasa Jepang, dengan memahami setiap makna dan jenis dari setiap onomatope dan diharapkan dapat mempermudah pembaca untuk memahami kondisi di dalam komik tersebut.
- ItemANALISIS MAKNA PERIBAHASA JEPANG YANG MENGGUNAKAN KATA BUNGA “HANA” DAN PADANANNYA DALAM PERIBAHASA BAHASA INDONESIA インドネシアのことわざで似合う「花」という言葉を使う日本の ことわざの意味を分析(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2021) Astria, MeiaThis research discusses the analysis of the meaning of Japanese proverbs using the flower word “Hana” and its equivalence in Indonesian language. The proverbs are the groups of words or sentences that have permanent structure that resembles certain intention, and it also could be defined as the expression or a dense summary containing comparison, analogy, advice, principles of life, and code of behavior. The aim of this research is to describe the meaning of Japanese proverbs that employs the word “hana” and its equivalence of meaning or the meaning of the Japanese proverbs that use the word “hana” with Indonesian proverbs. The data of this research were obtained from the dictionary and Japanese websites that were related to the proverbs. The data were collected by using listening method and note-taking technique. In addition to that, the data analysis used referential method with element selection technique. In regard to the meaning itself, this study referred to Dedi Sutedi theory in Dasar- dasar Linguistik. Based on the data analysis, it could be concluded that in all collected data, there were eight Japanese proverbs that used the flower word “hana” and its equivalence of meaning of the Japanese proverbs in Indonesian proverbs.
- ItemANALISIS MAKNA TAGLINE “AOHARU KAYO” DITINJAU DARI CITRA REMAJA DALAM IKLAN ONE PIECE X NISSIN CUP NOODLES: HUNGRY DAYS (EDISI ZORO) (Kajian Semiotika Roland Barthes) CM「ワンピース×日清カップヌードル: Hungry Days」ゾロ編に青春の イメージから見たタグライン「アオハルかよ」の意味の分析 「ローランド・バルトの記号論的研究」(Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Gunawan, Nissa NatarinaIklan melalui media elektronik seperti televisi seringkali digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mengiklankan suatu produk karena dianggap lebih cepat menarik konsumen lewat visual, audio dan juga jalan cerita yang unik. Untuk semakin meningkatkan brand awareness produk yang diiklankan maka dibuatlah tagline yang semakin memudahkan konsumen dalam mengingat produk tersebut hanya dari beberapa kalimat. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penanda, petanda serta makna tagline dalam sebuah iklan. Iklan yang menjadi fokus penelitian penulis adalah One Piece x Nissin Cup Noodles: Hungry Days (Edisi Zoro) yang akan di bagi kedalam beberapa scene pilihan. Scene pilihan tersebut akan dianalisis menggunakan metode padan referensial yang menganalisis peristiwa-peristiwa yang terjadi melalui sebuah tanda. Tanda tersebut kemudian dikaji lebih lanjut menggunakan Semiotika Roland Barthes. Dari 8 scene pilihan tersebut ditemukan penanda dan petanda serta makna dari tagline “Aoharu kayo” yang merupakan sebuah janji. Untuk memenuhi janji tersebut ditonjolkan lah 14 citra remaja yaitu suportif, kompetitif, fokus, berani, percaya diri, self efficacy, bersungguh-sungguh, tekad, kerja keras, kesabaran, konsisten, berambisi, pantang menyerah, motivasi atau dukungan.