Japanese Bachelor

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 14
  • Item
    ANALISIS MAKNA MAJAS PERBANDINGAN DALAM LIRIK LAGU PADA ALBUM YOUR NAME (NANDEMONAIYA, SPARKLE, YUME TOUROU) KARYA RADWIPMS (Kajian Semantik) RADWIMPSによるアルバム『君の名は。』の『なんでもないや』『スパークル』『夢灯籠』の歌詞における意味と比較の分析 (意味論の研究)
    (Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Farid, Zhafran Habil
    Bahasa adalah salah satu alat komunikasi dan bersosialisasi yang fungsinya untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain secara verbal. Di kehidupan sehari-hari jarang sekali kita mendengarkan penggunaan majas, namun dalam sebuah karya sastra seperti puisi, novel, dan lagu terdapat banyak sekali majas. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan makna dan bentuk majas perbandingan yang ada pada lirik lagu berbahasa jepang karya Radwimps. Metode berserta teknik yang digunakan oleh penulis pada skripsi ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap. Metode analisis data menggunakan metode agih. Metode yang menggunakan alat penentu bagian dari bahasa yang bersangkutan yang menjadi objek sasaran di dalam penelitian itu sendiri. Data yang ditemukan pada lirik lagu Nandemonaiya, Yume Tourou, dan Sparkle berjumlah 16 data. Terdapat 3 majas perbandingan yang di temukan pada penelitian ini, yaitu: simile, personifikasi, dan metafora. Lirik lagu Nandemonaiya memiliki 6 majas perbandingan, terdiri dari 2 simile, 2 personifikasi, dan 2 majas metafora. Lirik lagu Yume Tourou mengandung 4 majas perbandingan, yaitu 3 personifikasi, dan 1 metafora. Dalam lirik lagu Sparkle terdapat 6 majas perbandingan, terdiri dari 4 metafora, 2 simile. Majas perbandingan yang paling dominan adalah majas metafora dengan total 7 data.
  • Item
    ANALISIS PENGGUNAAN WAKAMONO KOTOBA PADA VTUBER NIJISANJI DALAM SITUS WEB YOUTUBE YouTubeにおけるにじさんじライバーの若者言葉形態素分析
    (Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Wiraprayoga, Tirta
    Bahasa terus berkembang seiring berjalannya waktu. Perkembangan yang dihasilkan salah satunya adalah munculnya ragam bahasa slang. Ragam bahasa ini bersifat non-baku dan digunakan untuk berkomunikasi antara kaum remaja atau kelompok sosial tertentu supaya maknanya tidak diketahui oleh orang diluar kelompoknya. Di Jepang terdapat juga ragam bahasa ini yang salah satunya adalah bahasa anak muda atau disebut wakamono kotoba. Pada penelitian ini, wakamono kotoba dikaji pembentukannya dan penggolongan kelas katanya agar dapat memberi pengetahuan sehingga tidak akan terjadi lagi kesalahpahaman dalam memaknai wakamono kotoba. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pembentuk wakamono kotoba , dan mendeskripsikan pengelompokan kelas katanya. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah arsip video talenta vtuber NIJISANJI yang diunggah pada situs web YouTube. Data-data ini dikumpulkan menggunakan teknik simak bebas libat cakap. Metode dan teknik analisis yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode Miles dan Hubberman, lalu disajikan dengan metode informal. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori karakteristik pembentukan wakamono kotoba oleh Tanaka (1997) dan teori penggolongan kelas kata menurut Murakami (1987) yang dikutip oleh Sudjianto dan Dahini (2009). Dari hasil penelitian ini penulis menemukan 25 data wakamono kotoba. pembentukan wakamono kotoba yang ditemukan berdasarkan teori oleh Tanaka dibagi menjadi 3 jenis yaitu penyingkatan, penambahan silabil る ru, dan pembalikan unsur yang disertai penyingkatan kata. Penulis juga menemukan pembentukan wakamono kotoba selain dari teori Tanaka yaitu pembentukan wakamono kotoba dengan merubahan fonem dan penambahan sufiks. Penulis menggolongkan wakamono kotoba yang ditemukan kedalam 4 kelas kata, yaitu : kelas kata 名詞 meishi (kata benda), kelas kata 動詞 doushi (kata kerja), kelas kata 副詞 fukushi (adverbia), dan 形容詞 keiyoushi (kata sifat).
  • Item
    ANALISIS ALIH KODE PADA LIRIK LAGU “BETTER” DAN “STILL HERE” KARYA ATEEZ BOYGROUP ASAL KOREA ATEEZ という韓国のボーイグループによる 「Better」と「Still Here」 歌詞のコードスイッチング分析
    (Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Oktafiany, Rosa Aulia
    Penelitian ini berjudul “Analisis Alih Kode pada Lirik lagu “Better” dan “Still Here” Karya ATEEZ Boygrup asal Korea”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk alih kode yang digunakan dalam lirik lagu di saluran youtube ATEEZ. Penulis menggunakan sumber data dari dua lagu pada saluran youtube ATEEZ sebagai data yang diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang terdiri dari tiga tahap yaitu, tahap pengumpulan data, tahap analisis data, dan tahap penyajian hasil analisis data. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan teknik simak bebas libat cakap. Metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan translasional dan teknik pilah unsur penentu. Metode yang digunakan dalam penyajian hasil analisis data adalah metode penyajian formal. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa data alih kode eksternal terdiri dari 23 data. Peralihan kode dari bahasa Jepang ke bahasa Inggris 13 data, sedangkan peralihan kode dari bahasa Inggris ke bahasa Jepang 10 data.
  • Item
    ANALISIS CAMPUR KODE DAN ALIH KODE PADA LIRIK LAGU DAY6 DALAM ALBUM: UNLOCK アルバム「Unlock」における楽曲『DAY6』のコードミキシングとコード スイッチングの分析
    (Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Akhliya, Nindy Ayu Putri
    Campur kode dan alih kode adalah peristiwa peralihan dan pencampuran bahasa yang digunakan oleh penutur yang memiliki lebih dari satu kemampuan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi bentuk campur kode dan alih kode dari album DAY6 Unlock. Album DAY6 Unlock memiliki 10 lagu bahasa Jepang. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis SBLC (Simak Bebas Libat Cakap) metode yang tidak melibatkan penulis dalam suatu tuturan yang akan diteliti dan hanya sekedar mengamati. Metode analisis menggunakan padan referensial dan padan translasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 bentuk campur kode dan alih kode, yaitu kata, frasa, dan klausa, sedangkan bentuk alih kode adalah alih kode antar kalimat.
  • Item
    ANALISIS MAKNA MOTIVASI PADA LIRIK LAGU “RIVER” DAN “NEW SHIP” KARYA AKB48 (Kajian Semiotik) AKB48の「 RIVER」と「NEW SHIP」の歌詞における動機づけの意味の分析: 記号論の研究
    (Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama, 2022) Waluya, Muhammad Zidan Setiawan
    Muhammad Zidan Setiawan Waluya, 2022. Analisis Makna Motivasi Pada Lirik Lagu “RIVER” Dan “NEW SHIP” Karya AKB48. Skripsi Program Studi S-1 Bahasa Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Widyatama. Masalah utama dalam penelitian ini adalah menentukan penanda, petanda, denotasi, dan konotasi, dalam lirik lagu “RIVER” dan “NEW SHIP”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna motivasi yang terkandung di mitos dalam lirik lagu “RIVER” dan “NEW SHIP”. Dalam penelitian ini metode jenis penelitian menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian adalah penanda, petanda, denotasi, konotasi, dan mitos, dalam lirik lagu “RIVER” dan “NEW SHIP”. Data dalam penelitian ini merupakan data yang diambil dari lagu karya AKB48 berjudul “RIVER” dan “NEW SHIP”. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan dilanjutkan dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah padan referensial dengan teknik pilah unsur penentu (PUP) dengan daya pilah referensial. Hasil analisis data dalam lirik lagu “RIVER” terdapat tujuh penanda, tujuh petanda, tujuh denotasi, tujuh konotasi, dan tujuh mitos. Dalam lagu “NEW SHIP” terdapat enam penanda, enam petanda, enam denotasi, enam konotasi, dan enam mitos.