PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM), HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK PEKALONGAN

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi konsumen tentang diferensiasi produk, customer relationship management (CRM), harga dan keputusan pembelian batik pekalongan, seta untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian, customer relationship management (CRM) terhadap keputusan pembelian, harga terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh ketiga variabel secara keseluruhan terhadap keputusan pembelian konsumen batik pekalongan. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan rumus Malhotra untuk menentukan sampel karena tidak diketahui secara pasti jumlah konsumen yang membeli batik. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 4x31 item pernyataan = 124 responden yang pernah melakukan pembelian batik pekalongan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa diferensiasi produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibenarkan bahwa Batik Pekalongan mempunyai keunikan pada beragam warna yang tersedia dan corak/motif yang khas yang tidak dijumpai pada batik dari kota lain. Customer relationship management (CRM) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Bertopang pada Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) yang menjadikan Batik Pekalongan dengan UMKM nya mampu berpegang erat satu sama lainnya, sehingga kerelasian pelanggan terjalin dengan sangat baik. Dengan demikian Batik Pekalongan hingga dewasa ini masih mampu bertahan dengan segala estetikanya dan mampu bersaing dengan batik-batik dari kota lain. Harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini sangat jelas dibuktikan dengan beragamnya tingkat harga Batik Pekalongan sesuai dengan kantong pelanggan, dari kalangan sederhana bahkan sampai kalangan elit, Batik Pekalongan mampu hadir dengan harga yang bersahabat. Dengan demikian diferensiasi produk, customer relationship management (CRM) dan harga mempunyai korelasi dan pengaruh terhadap keputusan pembelian sesuai dengan teori-teori dalam ilmu manajemen pemasaran. Selain dari diferensiasi produk, customer relationship management (CRM) dan harga tentunya terdapat factor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian akan tetapi jumlahnya terbatas dan tidak sesignifikan dari diferensiasi produk, customer relationship management (CRM) dan harga.
Description
Keywords
Diferensiasi Produk, Customer Relationship Management (CRM), Harga, Keputusan Pembelian, Differentiation Product, Price, Purchase Decision
Citation
Collections