PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM), HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK PEKALONGAN
Loading...
Date
2020
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi konsumen tentang
diferensiasi produk, customer relationship management (CRM), harga dan keputusan
pembelian batik pekalongan, seta untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk terhadap
keputusan pembelian, customer relationship management (CRM) terhadap keputusan
pembelian, harga terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh ketiga variabel secara
keseluruhan terhadap keputusan pembelian konsumen batik pekalongan.
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah analisis regresi
berganda dengan rumus Malhotra untuk menentukan sampel karena tidak diketahui secara
pasti jumlah konsumen yang membeli batik. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 4x31
item pernyataan = 124 responden yang pernah melakukan pembelian batik pekalongan.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa diferensiasi produk memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibenarkan bahwa Batik Pekalongan
mempunyai keunikan pada beragam warna yang tersedia dan corak/motif yang khas yang
tidak dijumpai pada batik dari kota lain. Customer relationship management (CRM) memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Bertopang pada Usaha Kecil Mikro
dan Menengah (UMKM) yang menjadikan Batik Pekalongan dengan UMKM nya mampu
berpegang erat satu sama lainnya, sehingga kerelasian pelanggan terjalin dengan sangat baik.
Dengan demikian Batik Pekalongan hingga dewasa ini masih mampu bertahan dengan segala
estetikanya dan mampu bersaing dengan batik-batik dari kota lain. Harga memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini sangat jelas dibuktikan dengan
beragamnya tingkat harga Batik Pekalongan sesuai dengan kantong pelanggan, dari kalangan
sederhana bahkan sampai kalangan elit, Batik Pekalongan mampu hadir dengan harga yang
bersahabat. Dengan demikian diferensiasi produk, customer relationship management (CRM)
dan harga mempunyai korelasi dan pengaruh terhadap keputusan pembelian sesuai dengan
teori-teori dalam ilmu manajemen pemasaran. Selain dari diferensiasi produk, customer
relationship management (CRM) dan harga tentunya terdapat factor lain yang mempengaruhi
keputusan pembelian akan tetapi jumlahnya terbatas dan tidak sesignifikan dari diferensiasi
produk, customer relationship management (CRM) dan harga.
Description
Keywords
Diferensiasi Produk, Customer Relationship Management (CRM), Harga, Keputusan Pembelian, Differentiation Product, Price, Purchase Decision