Browse
Recent Submissions
Now showing 1 - 5 of 503
- ItemPERENCANAAN BISNIS LEMBAGA PELATIHAN KEPENULISAN DAN PENERBITAN BUKU(Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2022) Hermawan, Zennyartha ImagemoeslemDampak perkembangan teknologi saat ini adalah terjadinya penurunan volume penjualan buku fisik secara signifikan. Kehadiran buku digital mendapat respons positif di khalayak pembaca Indonesia karena memberikan manfaat dan kemudahan bagi peminatnya. Model bisnis yang ditawarkan Kitaaba ini mengubah model penerbitan konvensional yang fokus pada buku laris menjadi model bisnis penerbitan yang memungkinkan semua orang untuk menerbitkan karya tulisnya sendiri. Tujuan disusunnya analisis perencanaan bisnis lembaga pelatihan kepenulisan dan penerbitan buku Kitaaba ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat keuntungan yang dapat dicapai melalui investasi dalam proyek; (2) menghindari aktivitas yang kurang efektif dan efisien dalam menajalankan bisnis ini; (3) mengadakan penilaian terhadap peluang investasi yang ada sehingga dapat memilih alternatif kegiatan yang paling menguntungkan; (4) menentukan prioritas investasi. Manfaat studi perencanaan bisnis ini, yakni bisa memulai atau mengembangkan usaha/bisnis baru; dapat meningkatkan keuntungan yang diperoleh sehingga bisnis yang sudah ada dapat lebih berkembang lagi, dan dapat memilih bisnis yang memberikan keuntungan dalam berinvestasi. Melalui analisis SWOT, IFAS-EFAS, PEST Analysis, Design & Development Plan, Business Model Canvas, dan proyeksi laba rugi. Penulis mendapatkan gambaran strategi bisnis seperti apa yang akan dijalankan, sehingga menarik investor untuk turut berinvestasi dalam membangun dan mengembangkan bisnis ini. Didukung dengan teknologi digital dan pemasaran lewat digital marketing, serta kebutuhan pasar yang terus bertumbuh dan berkembang. Kitaaba akan mampu mengikuti tren yang ada saat ini. Penulis melihat peluang hasil bisnis yang positif bagi Kitaaba dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Dengan demikian, proyeksi bisnis Kitaaba ini profitable dengan perkiraan keuntungan di masa depan cukup tinggi.
- ItemBAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN UNTUK BIMBINGAN BELAJAR DI TRIDAYA GROUP BANDUNG(Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2022) Faridz, Wan IlhamPenelitian ini berjudul Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Keputusan Untuk Bimbel Tridaya Group Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses terhadap Keputusan Untuk Bimbel di Tridaya Group Bandung Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verfikatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilakukan pada suatu bidang pendidikan dengan populasi seluruh siswa SD,SMP, dan SMA. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah, yaitu sebanyak 74 orang siswa SD,SMP, dan SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dengan analisis regresi berganda diperoleh nilai sebesar 21,733. Sedangkan dengan menggunakan analisis koefisien korelasi sebesar 0,607. Besarnya pengaruh kinerja bauran pemasaran jasa terhadap Keputusan Untuk Bimbel Tridaya Group sebesar 36,2% dan sisanya 63,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji T diperoleh nilai t hitung pada variabel produk 2,516, harga 2,618, tempat 2,565, promosi 1,999, orang 2,577, bukti fisik 2,066, dan proses 2,470 lebih besar dari t tabel yaitu 1,9966, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses berpengaruh terhadap Keputusan Untuk Bimbel di Tridaya Group Bandung.
- ItemPENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TRAITS DAN SELF-CONCEPT TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI ‘FAVE HOTEL HYPER SQUARE’ KOTA BANDUNG(Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2022) Winata, Siti DewiPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap kinerja karyawan. Penelitian dilakukan di ‘FAVE HOTEL HYPER SQUARE BANDUNG’ Kota Bandung’ Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif-verifikatif dengan jumlah sampel sebanyak 153 orang yang diambil dari seluruh jumlah populasi. Teknik sampling yang digunakan ini adalah sampel jenuh atau sensus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda melalui software statistik SPSS Seri 21.0 for Windows. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner, wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia yang meliputi Traits, Self-Concept berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan. Hasil analisis menunjukkan bahwa besarnya Pengaruh Traits terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 26,93% dan sisanya 73,07% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Pengaruh Self-Concept terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 35,76% dan sisanya 64,24% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Secara simultan, besarnya pengaruh sumber daya manusia yang meliputi Traits, Self-Concept terhadap kinerja karyawan secara parsial adalah sebesar 64,3% dan sisanya 35,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
- ItemPENGUJIAN KAUSALITAS GRANGER ANTARA NILAI TUKAR, SUKU BUNGA DEPOSITO, DAN INFLASI DI NEGARA - NEGARA ASEAN PERIODE 2010 - 2019(Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2022) Ghani, Rizki MuhamadTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kausalitas antara nilai tukar, suku bunga deposito, dan inflasi di Negara-Negara ASEAN pada periode 2010-2019. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan Jenis metode penelitian metode Ex Post Facto, yaitu metode yang digunakan untuk penelitian yang sedang meneliti hubungan antara sebab dan akibat. Adanyaa hubungan sebab akibat berdasarkan atas kajian teoritis, jika suatu variabel tertentu dapat mengakibatkan variabel tertentu lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan hasil kausalitas granger ditemukan bahwa tidak terdapat hubungan satu arah antara nilai tukar dengan inflasi di Negara ASEAN dan sebaliknya karena nilai probabilitas F-statistik lebih besar dari α > 0,05 yaitu 0,3012 > 0,05 dan 0,6524 > 0,05. Hasil uji kausalitas antara suku bunga di Negara ASEAN memiliki hubungan satu arah dengan tingkat inflasi yang ada di Negara ASEAN dengan nilai probabilitasnya yaitu 0.0002 < 0.05. Untuk hasil kausalitas inflasi dengan tingkat suku bunga di Negara ASEAN tidak memiliki hubungan kausalitas satu arah karena nilai probabilitasnya 0.5287 > 0.05. Hasil uji kausalitas granger antara suku bunga dengan nilai tukar tidak terdapat hubungan satu arah antara nilai tukar dengan tingkat suku bunga di Negara ASEAN dan sebaliknya karena nilai probabilitas F-statistik lebih besar dari α > 0,05 yaitu 0,6043 > 0,05 dan 0,8911> 0,05.
- ItemPENGARUH MINDSET KEWIRAUSAHAAN DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INOVASI BISNIS (Studi Empiris Pada UMKM Binaan Kadin Kota Bandung)(Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2022) Hartiningsih, NeryBentuk dukungan pemerintah daerah kota Bandung dalam Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah salah satunya ditunjukan oleh Program pembinaan UMKM yang dilakukan oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN). Namun upaya tersebut nyatanya belum sesuai dengan yang diharapan, hal ini dilihat dari fenomen UMKM binaan KADIN kota Bandung yang masih kurang memiliki inovasi dalam menjalakan usahanya. Kurangnya inovasi kewirausahaan pada UMKM tersebut disiyalir berkaitan erat dengan mindset kewirausahaan dan pelatihan kewirausahaan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mindset kewirausahaan dan pelatihan kewirausahaan terhadap inovasi kewirausahaan UMKM binaan KADIN kota Bandung. Adapun sampel pada penelitian ditentukan melalui metode non probability sampling sehingga didapat sampel sebanyak 86 orang. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu deskriptif dan asosiatif, analisa deskriptif ditujukan untuk mengambarkan kondisi eksisting dari variabel penelitian, sedangkan asosiatif ditujukan untuk mengetahui hubungan atau pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Selanjutnya pada hasil penelitian diketahui jika mindset kewirausahaan dan pelatihan kewirausahaan berpengaruh terhadap inovasi kewirausahaan UMKM binaan KADIN kota Bandung baik secara simultan maupun parsial. Untuk besaran pengaruh simultan dari mindset kewirausahaan dan pelatihan kewirausahaan yaitu sebesar 89,2% sedangkan secara parsial pelatihan kewirausahaan memiliki pengaruh yang lebih tinggi yaitu sebesar 56,8% dibandingkan mindset kewirausahaan yaitu sebesar 32,4%.