Management

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 505
  • Item
    PENGARUH MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA YAYASAN PENDIDIKAN AL MA’SOEM SUMEDANG
    (Program Studi Sekolah Pasca Sarjana S2 Magister Manajemen Universitas Widyatama, 2016) Hamdani
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara Motivasi (X1) dan Budaya Organisasi (X2) sebagai variabel bebas serta Kinerja Pegawai sebagai Variabel terikat. Analisis data menggunakan skoring model Likert yang diisi oleh responden karyawan Yayasan Pendidikan Al Ma’soem Sumedang, yang berjumlah 100 responden. Seluruh pengolahan data dan analisis dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 17.0 Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji hipotesisnya menunjukkan nilai F hitung = 29,721 lebih besar dari F tabel = 2,698, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, maka Ha diterima atau Ho ditolak. Artinya bahwa kedua variabel Motivasi dan Budaya Organisasi secara bersama-sama terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Yayasan Pendidikan Al Ma’soem.
  • Item
    PENGARUH KUALITAS JASA dan PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PROVIDER TELKOMSEL di BANDUNG (Studi Kasus Produk Telkomsel Prabayar Simpati dan KartuAs)
    (Program Sekolah Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Widyatama, 2013) Luturlean, Bachruddin Saleh
    Perkembangan sarana telekomunikasi berlangsung pesat dan masyarakat sudah sangat tergantung dengan alat komunikasi untuk terhubung dengan lingkungan sosialnya. Saat ini telekomunikasi sudah menjadi kebutuhan pokok. Telkomsel sebagai salah satu penyedia jasa telekomunikasi seluler di Indonesia melakukan strategi berkesinambungan agar pelanggan yang dilayani terpuaskan sehingga menjadi pelanggan yang loyal. Aktivitas Telkomsel untuk memuaskan pelanggan tersebut menghadapi tantangan dengan ketatnya persaingan antar provider untuk mempertahankan dan memelihara pelanggan. Perbandingan antara jumlah pengguna sarana telekomunikasi seluler dengan jumlah penduduk menunjukkn bahwa pasar sudah jenuh. Kondisi ini menyebabkan penyedia jasa terlibat dalam upaya saling mengakuisisi pelanggan. Mengantisipasi kondisi ini, Telkomsel menyiapkan serangkaian rencana untuk mempertahankan pelanggan lamanya agar senantiasa loyal. Penelitian ini akan mengukur bagaimana kualitas jasa yang diberikan oleh Telkomsel kepada pelanggan dan bagaimana pandangan konsumen terhadap program promosi penjualannya. Kedua variabel tersebut nantinya akan dihubungkan dengan loyalitas pelanggan, sehingga akan diketahui seberapa besar pengaruh kualitas jasa dan promosi penjualan terhadap tingkat loyalitas pelanggan Telkomsel. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif dan asosiasi kausal untuk menjawab rumusan masalah yang dikemukakan. Untuk mengukur pengaruh dari variabel-variabel digunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna layanan prabayar Telkomsel di Bandun. Penulis menggunakan sampel dari populasi tersebut dan diperoleh sebanyak 100 orang untuk masing-masing pengguna KartuAs dan Simpati. Penulis menggunakan teknik sampling non probability dengan metode convenience sampling. Di dalam menjaring sampel, juga digunakan pertanyaan screening agar orang yang tidak menggunakan Telkomsel prabayar tidak menjadi responden. Penelitian ini menemukan bahwa ada hubungan positif antara kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan, dan juga antara promosi penjualan dengan loyalitas pelanggan. Ini berarti baik kualitas jasa dan promosi penjualan berpengaruh dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Semakin baik persepsi pelanggan terhadap kedua variabel tersebut, mereka akan semakin loyal kepada Telkomsel. Temuan lain adalah bahwa kedua variabel ini ternyata secara bersamaan memberikan pegaruh positif lebih besar jika dibandingkan secara mandiri. Dengan demikian rancangan program promosi penjualan harus selalu didukung oleh kualitas jasa yang dihasilkan oleh Telkomsel. Kualitas tanpa promosi akan kurang memberi tambahan daya tarik, sedangkan promosi tanpa kualitas bahkan akan lebih merugikan. Berdasarkan hasil tersebut, penulis menyarankan Telkomsel agar merancang program promosi yang terintegrasi dan mulai mengedepankan informasi mengenai kualitas layanan yang sudah lebih baik. Promosi tersebut harus didukung dengan perbaikan atau penyempurnaan infrastruktur pendukung agar jaringan Telkomsel dapat diakses dengan baik oleh setiap pelanggannya dimanapun, kapanpun, dan dalam kondisi bagaimanapun.
  • Item
    PENGARUH JUST IN TIME DAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KUALITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI KABUPATEN BANDUNG
    (Program Studi Magister Management Universitas Widyatama, 2020) Pratiwi, Nurul Aziz
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Just In Time dan Total Quality Management terhadap kinerja kualitas perusahan manufaktur di Kabupaten Bandung yang dilakukan pada 8 perusahaan manufaktur yang berada di wilayah Kabupaten Bandung.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Analisis dalam penelitian ini adalah staff, supervisor dan para manajer perusahaan di 8 perusahaan manufaktur Kabupaten Bandung. Penelitian ini dibantu dengan alat statistik SPSS versi 26.0. Data yang disebarkan sebanyak Metode yang digunakan adalah sampel jenuh atau sebanyak 112 responden. Pengujian kuesioner dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukan bahwa Just In Time dan Total Quality Management mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja kualitas perusahaan.
  • Item
    PERENCANAAN BISNIS LEMBAGA PELATIHAN KEPENULISAN DAN PENERBITAN BUKU
    (Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2022) Hermawan, Zennyartha Imagemoeslem
    Dampak perkembangan teknologi saat ini adalah terjadinya penurunan volume penjualan buku fisik secara signifikan. Kehadiran buku digital mendapat respons positif di khalayak pembaca Indonesia karena memberikan manfaat dan kemudahan bagi peminatnya. Model bisnis yang ditawarkan Kitaaba ini mengubah model penerbitan konvensional yang fokus pada buku laris menjadi model bisnis penerbitan yang memungkinkan semua orang untuk menerbitkan karya tulisnya sendiri. Tujuan disusunnya analisis perencanaan bisnis lembaga pelatihan kepenulisan dan penerbitan buku Kitaaba ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat keuntungan yang dapat dicapai melalui investasi dalam proyek; (2) menghindari aktivitas yang kurang efektif dan efisien dalam menajalankan bisnis ini; (3) mengadakan penilaian terhadap peluang investasi yang ada sehingga dapat memilih alternatif kegiatan yang paling menguntungkan; (4) menentukan prioritas investasi. Manfaat studi perencanaan bisnis ini, yakni bisa memulai atau mengembangkan usaha/bisnis baru; dapat meningkatkan keuntungan yang diperoleh sehingga bisnis yang sudah ada dapat lebih berkembang lagi, dan dapat memilih bisnis yang memberikan keuntungan dalam berinvestasi. Melalui analisis SWOT, IFAS-EFAS, PEST Analysis, Design & Development Plan, Business Model Canvas, dan proyeksi laba rugi. Penulis mendapatkan gambaran strategi bisnis seperti apa yang akan dijalankan, sehingga menarik investor untuk turut berinvestasi dalam membangun dan mengembangkan bisnis ini. Didukung dengan teknologi digital dan pemasaran lewat digital marketing, serta kebutuhan pasar yang terus bertumbuh dan berkembang. Kitaaba akan mampu mengikuti tren yang ada saat ini. Penulis melihat peluang hasil bisnis yang positif bagi Kitaaba dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Dengan demikian, proyeksi bisnis Kitaaba ini profitable dengan perkiraan keuntungan di masa depan cukup tinggi.
  • Item
    BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN UNTUK BIMBINGAN BELAJAR DI TRIDAYA GROUP BANDUNG
    (Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2022) Faridz, Wan Ilham
    Penelitian ini berjudul Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Keputusan Untuk Bimbel Tridaya Group Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses terhadap Keputusan Untuk Bimbel di Tridaya Group Bandung Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verfikatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilakukan pada suatu bidang pendidikan dengan populasi seluruh siswa SD,SMP, dan SMA. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah, yaitu sebanyak 74 orang siswa SD,SMP, dan SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dengan analisis regresi berganda diperoleh nilai sebesar 21,733. Sedangkan dengan menggunakan analisis koefisien korelasi sebesar 0,607. Besarnya pengaruh kinerja bauran pemasaran jasa terhadap Keputusan Untuk Bimbel Tridaya Group sebesar 36,2% dan sisanya 63,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji T diperoleh nilai t hitung pada variabel produk 2,516, harga 2,618, tempat 2,565, promosi 1,999, orang 2,577, bukti fisik 2,066, dan proses 2,470 lebih besar dari t tabel yaitu 1,9966, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses berpengaruh terhadap Keputusan Untuk Bimbel di Tridaya Group Bandung.