PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYATAMA

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 pada Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Pada Penelitian ini mengungkapkan bahwa adanya kesenjangan (gap) antara tidak adanya promosi dan buruknya kualitas produk smartphone Xiaomi tetapi penjualan smartphone Xiaomi mengalami yang signifikan dari 3 persen menjadi 25 persen di pasar Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah promosi dan kualitas produk sebagai variabel independen, sedangkan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Widyatama yang menggunakan smartphone Xiaomi dengan sampel penelitian sebanyak 150 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda pada taraf signifikan sebesar 5 persen Program yang digunakan adalah SPSS 25 dan Lisrel 8.80. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua variabel independen yaitu promosi dan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Widyatama yang menggunakan smartphone Xiaomi. Namun hal ini tidak menjadikan konsumen untuk mengurungkan niat untuk tidak membeli smartphone Xiaomi.
Description
Keywords
Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Promotion, Product Quality, Purchase Decision
Citation