HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PRODUK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN,DAN LOYALITAS PELANGGAN SUSU UHT (ULTRA HIGH TEMPERATURE) ULTRAJAYA
Loading...
Date
2004
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Manejemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
PT. Ultrajaya MiIk Industry & Trading Company, Tbk berlokasi di Jalan Cimareme
No. 131, Padalarang, Kabupaten Bandung. Dalam menghadapi persaingan yang sangat keIat
di antara usaha sejenis, PT. Ultrajaya Milk IndustIy & Trading Company Tbk harus menarik
sebanyak mungkin konsumen agar mau mengkonsumsi produknya, memberikan kepuasan
kepada konsumennya dan dari kepuasan pelanggan ini akan menimbulkan loyalitas Dimana
menurut Reichheld dalam surveynya mengemukakan bahwa "peningkatan tingkat retensi
pelanggan sebesar 5% saja akan bisa meningkatkan laba antara 25% hingga 95%
Tujuan penelitian yang diJakukan pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading
Company, Tbk adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan
pelanggan dan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terbadap loyalitas pelanggan.
Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan menjaga
kualitas produk dengan baik dan seIalu berusaha memberikan kepuasan untuk pelanggan
Berdasarkan pemikiran di atas, penulis mencoba melakukan penelitian pada PT. Ultrajaya
Milk Industry & Trading Company, tbk yang hasilnya dituangkan dalam skripsi berjudul
HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PRODUK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN,
DAN LOYALITAS PELANGGAN SUSU UHT ULTRAJAYA.
Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Ultra memiliki
korelasi sebesar 0,84 yang berarti mempunyai korelasi positif dan termasuk daIam kategori
hubungan yang sangat kuat. Koefisien determinasinya adaIah 70,56% yang berarti kepuasan
pelanggan dipengaruhi sebesar 70,56% oleh kualitas produk sedangkan sisanya sebesar
29,44% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dihitung. Pengujjan hipotesis dengan
analisis korelasi Rank Spearman mendapatkan hasil sebesar 8,3. Kemudian pengaruh
kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Ultra memiliki korelasi sebesar
0,75 yang berarti mempunyai korelasi positif antar variabel. Termasuk dalam kategori
hubungan yang cukup kuat tetapi ada hubungan searah. Koefisien determinasinya adalah
56,25% yang berarti loyalitas pelanggan dipengaruhi sebesar 56,258% oleh kepuasan
sedangkan sisanya sebesar 43,75% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak dihitung.
Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi Rank Spearman mendapatkan hasil sebesar 7,4.
Hipotesis yang semula diajukan yaitu :
1. Kualitas produk mempunyai hubungan positif dengan tingkat Kepuasan konsumen.
2. Kepuasan konsumen mempunyai pengaruh positif dengan loyalitas pelanggan.
Dari hipotesis yang diajukan semula dapat diterima Hal tersebut dapat dibuktikan dari
perhitungan statistika nilai z untuk kepuasan sebesar 8,3 lebih besar dari Ztabel sebesar 1,64,
serta hubungan antara variabel X dengan variabel VI yang sangat kuat dan searah
berdasarkan perhitungan ra = 0,84. dan perhitungan statistika nilai z untuk loyalitas sebesar
7,41ebih besar dari Ztabel sebesar 1,64, serta hubungan antara variabel YI dengan variabel Y2
yang cukup kuat dan searah berdasarkan perhitungan r. = 0,75.
Saran yang dapat diberikan adaIah meningkatkan kualitas produk yang teJah
dilakukan, meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan faktor pembentuk loyalitas, dan
melakukan penelitian terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan secara rutin.