PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS BERBELANJA KONSUMEN PADA TOKO Bn'C PREMIER PLAZA BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2004
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Manajemen Fakultas ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penciptaan store almosphere (suasana toko) merupakan salah satu usaha
yang dapat dilakukan retailer untuk menciptakan suatu kepuasan di benak
konsumen dan diharapkan konsumen akan setia untuk memilih tokonya sebagai
tempat untuk berbelanja. Dewasa ini banyaknya ritel-ritel asing dan lokal yang
menjuai pakaian menyebabkan persaingan di bidang tersebut semakin ketat. Agar
dapat bertahan, maka para retailer dituntut untuk mengembangkan usaha
pemasaran yang inovatif, salah satunya adalah dengan cara penciptaan suasana
toko (store atmosphere). Berdasarakan pemikiran di atas, penulis mencoba
melakukan penelitian pada toko Bn'C Premier Plaza, yang hasilnya dituangkan
dalam skripsi dengan judul "Pengaruh Store Atmosphere terhadap Loyalitas
Berbelanja Konsumen pada Toko BN'C Premier Plaza Bandung".
Dalam penulisan skripsi ini, ruang lingkup penelitian meliputi penataan
store atmosphere yang dilakukan oleh toko Bn'C Premier Plaza. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan store atmosphere serta untuk
mengetahui besamya pengaruh store atmosphere terhadap loyalitas berbelanja
konsumen Bn'C Premier Plaza Bandung. Metode penelitian yang dilakukan oleh
penulis adalah metode penelitian survey, sedangkan jenis penelitian yang
dilakukan oleh penulis adalah deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua variabel
yaitu variabel x (store atmosphere) dan variabel y (loyalitas berbelanja
konsumen). Variabel x dibagi menjadi empat sub variabel yaitu exterior, general
interior, store !. yout dan interior display. Untuk mengetahui kesetaraan pengaruh
antara variabel x yaitu store atmosphere dan variabel y, yaitu loyalitas berbelanja
konsumen, dapat diketahui dengan menggunakan rumus koefisien korelasi rank
speraman, selanjutnya untuk menguji apakah variabel x (store atmosphere) serta
sub variabel x (exterior, general interior, slore layout, interior display) suatu toko
berpengaruh terhadap variabel y (loyalitas berbelanja konsumen), dapat dilakukan
dengan pengujian hipotesis, dan terakhir untuk mengetahui besamya pengaruh
variabel x yaitu store atmosphere suatu toko terhadap variabel y yaitu loyalitas
berbelanja konsumen, maka dapat dipakai analisis koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, penulis
melihat bahwa penataan store atmosphere (exterior, general interior, store layout
dan interior dispaly) yang dilakukan toko tersebut adalah baik yaitu sebesar
3,81 untuk exterior, 3,46 untuk general interior, 3,47 untuk store layout dan 3,6
untuk interior display.
Hasil Pengujian hipotesis penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh
yang berarti antara store atmosphere (exterior, general interior, store layout,
interior display)terhadap loyalitas berbelanja konsumen.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut, penulis
menyimpulkan bahwa penciptan suasana toko (store atmosphere) yang terdiri dari
empat sub variabel yaitu (exterior, general interior, store layout, interior display)
berpengaruh terhadap loyalitas berbelanja konsumen sebesar 23,91% sedangkan
sisanya sebesar 76,09% dipengaruhi faktor lain.