Design And Visual Communication
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Design And Visual Communication by Subject "3 Dimensi"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemPERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENALAN SENJATA BERBASIS MULTIMEDIA(Program Studi Multimedia D3 Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Widyatama, 2019) Nugroho, Ismu AjiIsmu Aji Nugroho, Pembuatan Rancangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Senjata Berbasis Multimedia pada Pusat Pendidikan Artileri Medan atau (Pusdik Armed) Kota Cimahi. Di bawah bimbingan Fajar Persada Supandi, S.St., M.T. Prosedur pembelajaran pada pelajaran mengenai pengenalan senjata biasa dijelaskan dengan gambar statis dengan bantuan proyektor, atau dengan menampilakn di computer yang disediakan disetiap kursi, atau bisa juga dengan melihat langsung senjatanya sebagai instrumen pembelajaran, instrumen pembelajaran yang sudah ada terbilang kurang menarik dalam proses pembelajarnnya untuk mencapai arah materi yang diberikan kepada Pusat Pendidikan Artileri Medan atau (Pusdik Armed) Kota Cimahi. Bersamaan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, penulis mencoba membuat rancangan instrumen pembelajaran yang berbasis multimedia berjudul perancangan aplikasi pembelajaran pengenalan senjata berbasis multimedia. Dengan aplikasi pembelajaran pengenalan senjata berbasis multimedia ini diharapkan mampu memberikan pembelajaran yang lebih interaktif. Penggabungan teks, animasi, audio, dan video merupakan kelebihan dari multimedia. Pembelajaran aplikasi pengenalan senjata ini menggunakan gambar 3 Dimensi. Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi pengenalan senjata adalah blender, dan Unity. Hasil dari tugas akhir ini adalah bentuk 3 Dimensi dari senjata yang persis seperti aslinya. Yang nantinya dengan bentuk 3 Dimensi ini siswa Pendidikan Artileri Medan atau (Pusdik Armed) Kota Cimahi dapat melihat bagian senjata mulai dari bagian, struktur, dan spesifikasi senjata lewat media computer.
- ItemPERANCANGAN DESAIN VIDEO GAME PENGENALAN BUDAYA BENJANG BERBASIS MULTIMEDIA(Program Studi Multimedia D3 Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Widyatama, 2019) Samsu, Muhamad RifqiMuhamad Rifqi Samsu, Perancangan Desain Video Game Pengenalan Budaya Benjang Berbasis Multimedia pada Rumah Produksi Rejeki Pagi. Di bawah bimbingan Fajar Persada Supandi, S.St., M.T. Pengenalan budaya khususnya budaya tradisional di Indonesia saat ini kurang menjadi sorotan. Padahal, peluang untuk mengenalkan budaya pada era modern saat ini di mana teknologi sudah canggih bisa lebih dikembangkan. Benjang merupakan salah satu budaya asli Indonesia yakni Jawa Barat yang bisa dikenalkan kepada masyarakat luas melalui media video game. Video game merupakan teknologi modern yang dewasa ini berkembang cukup pesat. Karena masyarakat modern ini sudah banyak yang mengenal video game dan video game dinilai mendapatkan label dalam “bermain sambil belajar”. Melalui media video game ini, diharapkan budaya Benjang dapat dipelajari dan bisa lebih dikenal oleh masyarakat khususnya masyarakat kota Bandung. Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi pengenalan budaya Benjang ini adalah Blender 3D dan Adobe Illustrator. Hasil dari tugas akhir ini adalah prototype dari video game benjang. Yang nantinya dapat dikembangan menjadi video game seutuhnya dengan bantuan Rumah Produksi Rejeki Pagi supaya dapat dimainkan dalam media elektronik android.