PENGELOMPOKKAN KULTUR BUDAYA FAKULTAS MENGGUNAKAN METODE ORGANIZATIONAL CULTURE ASSESSMENT INSTRUMENT (OCAI)

No Thumbnail Available
Date
2016-03
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Performa, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
Abstract
Budaya organisasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kebiasaan dan perilaku orang-orang dalam organisasi. Sangat penting kaitannya suatu organisasi perlu mengetahui dan memahami budaya organisasi yang dianut dalam organisasinya. Hal ini berkaitan dengan perilaku masing-masing individu dalam organisasi tersebut. Termasuk dalam lingkungan akademis yang terdiri dari dosen, pegawai, dan mahasiswa. Setiap perguruan tinggi perlu untuk mengetahui budaya organisasi apa yang digunakan dalam organisasinya. Menurut Cameroon dan Quinn (201 1) ada empat macam budaya dalam organisasi yaitu: budaya clan, adhocracy, hierarchy, dan market. Masing-masing kebudayaan memiliki karakteristik yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya organisasi yang ada pada perguruan tinggi X. Batasan penelitian ini adalah pada tiga fakultas berbeda, dikarekan tiga fakultas tersebut yang memiliki program S 1 dan S2. Responden penelitian ini berjumlah 60, denganmasing-masing fakultas terdiri dari sepuluh responden S1 dan sepuluh responden S2. Penelitian ini menggunakan instrument OCAI (Organization Culture Assesment Instrument), dirnana kuesioner yang dibagikan keresponden mengacu pada indikator OCAI. Pengolahan hasil kuesioner menunjukkan bahwa budaya dominan pada perguruan tinggi tersebut adalah clan dan budaya yang diharapkan juga clan.
Description
Keywords
Budaya organisasi, Organization Culture Assesment Instrument, pemetaan budaya organisasi
Citation