PENGELOMPOKKAN KULTUR BUDAYA FAKULTAS MENGGUNAKAN METODE ORGANIZATIONAL CULTURE ASSESSMENT INSTRUMENT (OCAI)
No Thumbnail Available
Date
2016-03
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Performa, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
Abstract
Budaya organisasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi
kebiasaan dan perilaku orang-orang dalam organisasi. Sangat penting
kaitannya suatu organisasi perlu mengetahui dan memahami budaya
organisasi yang dianut dalam organisasinya. Hal ini berkaitan dengan
perilaku masing-masing individu dalam organisasi tersebut. Termasuk dalam
lingkungan akademis yang terdiri dari dosen, pegawai, dan mahasiswa.
Setiap perguruan tinggi perlu untuk mengetahui budaya organisasi apa yang
digunakan dalam organisasinya. Menurut Cameroon dan Quinn (201 1) ada
empat macam budaya dalam organisasi yaitu: budaya clan, adhocracy,
hierarchy, dan market. Masing-masing kebudayaan memiliki karakteristik
yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya organisasi
yang ada pada perguruan tinggi X. Batasan penelitian ini adalah pada tiga
fakultas berbeda, dikarekan tiga fakultas tersebut yang memiliki program S 1
dan S2. Responden penelitian ini berjumlah 60, denganmasing-masing
fakultas terdiri dari sepuluh responden S1 dan sepuluh responden S2.
Penelitian ini menggunakan instrument OCAI (Organization Culture
Assesment Instrument), dirnana kuesioner yang dibagikan keresponden
mengacu pada indikator OCAI. Pengolahan hasil kuesioner menunjukkan
bahwa budaya dominan pada perguruan tinggi tersebut adalah clan dan
budaya yang diharapkan juga clan.
Description
Keywords
Budaya organisasi, Organization Culture Assesment Instrument, pemetaan budaya organisasi