EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MENGGUNAKAN VIDEO SINGKAT DI MEDIA SOSIAL ソーシャルメディアで短いビデオを使って日本語の学びの効果的
Loading...
Date
2022
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi D3 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama
Abstract
Laporan ini disusun berdasarkan hasil dari praktik kerja lapangan penulis selama satu bulan di Program Studi S1 Bahasa Jepang Universitas Widyatama. Penulis melaksanakan pekerjaan di bawah bimbingan ibu Hety Nurohmah, S.S., M.Hum., dan ditugaskan sebagai admin media sosial Instagram, Facebook, Tiktok, dan Youtube yang merupakan milik prodi. Selain itu, penulis juga menjadi konten kreator untuk mengisi dan mengunggah materi yang berhubungan dengan kejepangan atau prodi di akun media sosial tersebut.
Penulis memilih tema “Efektivitas Pembelajaran Bahasa Jepang Menggunakan Video Singkat di Media Sosial” pada laporan tugas akhir ini, karena ingin mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran bahasa Jepang lewat video pendek di media sosial. Selain itu, penulis juga ingin mengetahui pengemasan konten seperti apa yang lebih dapat disukai oleh audiens, agar konten kreator bisa memikirkan matang-matang langkah apa saja sebelum mengunggah konten ke media sosial.
Dalam teknis penyusunan laporan tugas akhir ini, penulis menggunakan metode survei deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data (Wasito: 2010; 28). Dalam metode penelitian ini, penulis harus membuat kuesioner yang nantinya akan disebarkan kepada responden untuk mendapatkan data informasi yang relevan. Setelah mendapatkan data, penulis akan memaparkannya secara deskriptif, dan pada akhir penelitian akan dianalisis gambaran tentang fakta-fakta, sifat dan hubungan antar gejala dengan penelitian penjelasan.
Penulis berharap laporan tugas akhir ini dapat bermanfaat bagi para konten kreator yang terjun dalam pembahasan bahasa Jepang di media sosial, dan tentunya bermanfaat bagi pengelolaan admin media sosial Program Studi S1 Bahasa Jepang Universitas Widyatama.
Description
Keywords
Universitas, Bandung, bahasa Jepang, media sosial, Japanese, social media