LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN S1 FAKULTAS BISNIS DAN MANAJMEN UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG
Loading...
Date
2017
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana lingkungan belajar dan
motivasi prestasi untuk menentukan kinerja mahasiswa/i tingkat akhir dalam
pengerjaan tugas akhir, serta seberapa besar pengaruh lingkungan belajar dan
motivasi prestasi untuk menentukan mahasiswa/i tingkat akhir dalam pengerjaan
tugas akhir pada mahasiswa/i di Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas
Widyatama Bandung. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah
lingkungan belajar dan motivasi prestasi sebagai variabel independen. Sedangkan
kinerja mahasiswa/i tingkat akhir sebagai variabel dependen. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i di Fakultas Bisnis dan
Manajemen Universitas Widyatama. Teknik penentuan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu teknik non probability sampling dengan teknik
incidental. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara,
kuesioner, dan observasi langsung untuk mendapatkan data primer.analisis jalur di
gunakan untuk menganalisis data secara statistic, sedangkan untuk menghitung
besaran sampel menggunakan rumus Slovin sehingga jumlah sampel dalam
penelitian ini berjumlah 224 responden. Sedangkan metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur pada taraf signifikansi sebesar
5 persen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan belajar,
motivasi prestasi, dan kinerja mahasiswa/i tingkat akhir termasuk ke dalam
kategori baik. Dari kedua variabel lingkungan belajar dan motivasi prestasi,
kinjera mahasiswa/i tingkat akhir di Universitas Widyatama Bandung dipengaruhi
lebih besar oleh motivasi prestasi. Motivasi prestasi tersebut dapat ditingkatkan
dengan adanya morivasi negatif seperti ancaman dari lingkungan kampus dan
motivasi positif seperti dukungan yang diberikan oleh orang tua.
Description
Keywords
Lingkungan Belajar, Motivasi Prestasi, Kinerja Mahasiswa/i Tingkat Akhir, Learning Environment, Achievement Motivation, Student Performance Level End