PENGARUH TIPE KEPEMIMPINAN DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pegawai Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pangandaran)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai Pengaruh Tipe Kepemimpinan dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening yang dilakukan pada pegawai Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pangandaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Analisis dalam penelitian ini adalah pegawai KPU Kabupaten Pangandaran. Metode yang digunakan adalah sampel jenuh atau sensus sebanyak 41 orang responden. Penelitian ini dibantu dengan alat statistik SPSS versi 25.0. Pengujian kuesioner dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kepemimpinan yang paling besar pengaruhnya terhadap komitmen organisasi dan kinerja adalah tipe pemimpin suportif, stres kerja memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, tetapi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, komitmen organisasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, tetapi variabel komitmen organisasi belum dapat menjadi variabel mediasi bagi tipe kepemiminan dan stres kerja terhadap kinerja pegawai.
Description
Keywords
Gaya Kepemimpinan, Stres Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai, Leadership Type, Work Stress, Employee Performance, Organizational Commitments
Citation
Collections