PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Distro Screamous Bandung)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Store atmosphere sangat penting bagi suatu bentuk usaha, karena Store atmosphere itu sendiri akan menjadi salah satu faktor dalam proses keputusan pembelian konsumen selain melalui promosi, harga dan bauran ritel lainnya. Atmosphere toko dengan suasana yang nyaman diharapkan akan membuat konsumen tidak bosan berkunjung dan menumbuhkan persepsi yang baik tentang bentuk usahanya, karena konsumen yang berkunjung akan melakukan konsumsi dengan adanya proses minat beli terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhannya. Disamping store atmosphere, faktor yang mempengaruhi proses keputusan pembelian adalah kualitas pelayanan. Pelayanan merupakan perilaku produsen dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen demi tercapainya kepuasan pada konsumen itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Store Atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap proses keputusan pembelian di Distro SCREAMOUS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan studi kasus dimana sampel diambil dari konsumen Distro SCREAMOUS. Pengolahan data dilakukan dengan regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi, pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Store Atmosphere memiliki keeratan hubungan yang kuat dengan Proses keputusan pembelian. Berdasarkan Koefisien determinasi dan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Store Atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Proses keputusan pembelian. Begitu juga Kualitas pelayanan memiliki keeratan hubungan yang cukup kuat/sedang dengan Proses keputusan pembelian. Berdasarkan Koefisien determinasi dan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Proses keputusan pembelian. Secara simultan Hasil perhitungan koefisien korelasi berganda (R) menunjukkan bahwa Store Atmosphere dan Kualitas pelayanan memiliki keeratan hubungan yang kuat dengan Proses keputusan pembelian. Hasil koefisien determinasi dan hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa Store Atmosphere dan Kualitas pelayanan terhadap Proses keputusan pembelian.
Description
Keywords
Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Proses Keputusan Pembelian, Quality of Service, Process of Purchasing Decisions
Citation