PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Distro Screamous Bandung)
Loading...
Date
2019
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Store atmosphere sangat penting bagi suatu bentuk usaha, karena Store
atmosphere itu sendiri akan menjadi salah satu faktor dalam proses keputusan
pembelian konsumen selain melalui promosi, harga dan bauran ritel lainnya.
Atmosphere toko dengan suasana yang nyaman diharapkan akan membuat
konsumen tidak bosan berkunjung dan menumbuhkan persepsi yang baik tentang
bentuk usahanya, karena konsumen yang berkunjung akan melakukan konsumsi
dengan adanya proses minat beli terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhannya.
Disamping store atmosphere, faktor yang mempengaruhi proses keputusan
pembelian adalah kualitas pelayanan. Pelayanan merupakan perilaku produsen
dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen demi tercapainya
kepuasan pada konsumen itu sendiri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Store
Atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap proses keputusan pembelian di
Distro SCREAMOUS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan
verifikatif dengan pendekatan studi kasus dimana sampel diambil dari konsumen
Distro SCREAMOUS. Pengolahan data dilakukan dengan regresi linear berganda,
analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi, pengujian hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Store Atmosphere
memiliki keeratan hubungan yang kuat dengan Proses keputusan pembelian.
Berdasarkan Koefisien determinasi dan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa
Store Atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Proses
keputusan pembelian. Begitu juga Kualitas pelayanan memiliki keeratan
hubungan yang cukup kuat/sedang dengan Proses keputusan pembelian.
Berdasarkan Koefisien determinasi dan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa
Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Proses
keputusan pembelian. Secara simultan Hasil perhitungan koefisien korelasi
berganda (R) menunjukkan bahwa Store Atmosphere dan Kualitas pelayanan
memiliki keeratan hubungan yang kuat dengan Proses keputusan pembelian. Hasil
koefisien determinasi dan hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa
Store Atmosphere dan Kualitas pelayanan terhadap Proses keputusan pembelian.
Description
Keywords
Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Proses Keputusan Pembelian, Quality of Service, Process of Purchasing Decisions