APLIKASI PERMAINAN PUZZLE UNTUK MELATIH DAYA KREATIVITAS ANAK-ANAK DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0
No Thumbnail Available
Date
2012
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Puzzle merupakan salah satu jenis permainan yang biasanya menggunakan
potongan (pieces), dan pemain diminta memindahkan potongan (pieces) secara
bebas. Umumnya puzzle memiliki potongan (pieces) dengan bentuk yang
kompleks sehingga selama kita berusaha mencocokkan gambar, kita juga harus
mencocokan bentuk sambungannnya.
Permaian puzzle ini dimulai dari jenis potongan Puzzle yang berjumlah
belasan keping, hingga berjumlah puluhan bahkan ratusan keping. Pemain
memindahkan potongan secara bebas di posisi mana saja, tanpa harus tergantung
pada keberadaan ruang kosong. Program permainan ini adalah bentuk
potongannya adalah kotak. Tampilan gambar Puzzle pun dilengkapi pemutar
musik dan keterangan pengetahuan dari gambar sehingga dapat digunakan dalam
proses pembelajaran khususnya ilmu pengetahuan umum (Game Education) yang
dapat digunakan sebagai permainan sekaligus meningkatkan memori atau menguji
daya ingat motorik dan menambah kecerdasan anak-anak.
Metodologi yang dipakai dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan
metodologi Waterfall, sedangkan tools pemodelan menggunakan UML (Unifield
Modeling Language). Bahasa pemrograman yang digunakan untuk pembuatan
aplikasi ini adalah Visual Basic 6.0. Aplikasi ini sangat user friendly karena
penggunaannya sangat mudah.
Description
Keywords
Puzzle Game Education, Waterfall, UML (Unifield Modeling Language), Visual Basic 6.0