PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM DAN BIAYA AGENSI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2009 – 2013

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Perusahaan yang baik dapat dilihat dari seberapa besar nilai perusahaan tersebut. Nilai perusahaan yang tinggi dapat meningkatkan kemakmuran bagi para pemegang saham, sehingga para pemegang saham akan menginvestasikan modalnya kepada perusahaan tersebut. Dengan adanya pendanaan dari para investor maka kepemilikan perusahaan terbagi menjadi kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan publik. Setiap perbedaan kepentingan dari para pemilik saham akan menimbulkan suatu biaya yang disebut dengan biaya agensi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kepemilikan publik, dan biaya agensi terhadap nilai perusahaan secara simultan dan parsial. Penelitian dilakukan selama periode 2009 – 2013. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data sekunder. Data diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang diakses melalui IDX dan ICMD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kepemilikan publik, dan biaya agensi berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial, kepemilikan publik berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan biaya agensi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Description
Keywords
Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Publik, Biaya Agensi, Nilai Perusahaan, Institusional Ownership, Managerial Ownership/Insider Ownership, Public Ownership, Agency Cost, Firm’s Value
Citation