PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM DAN BIAYA AGENSI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2009 – 2013
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Perusahaan yang baik dapat dilihat dari seberapa besar nilai perusahaan tersebut.
Nilai perusahaan yang tinggi dapat meningkatkan kemakmuran bagi para pemegang
saham, sehingga para pemegang saham akan menginvestasikan modalnya kepada
perusahaan tersebut. Dengan adanya pendanaan dari para investor maka
kepemilikan perusahaan terbagi menjadi kepemilikan institusional, kepemilikan
manajerial, dan kepemilikan publik. Setiap perbedaan kepentingan dari para
pemilik saham akan menimbulkan suatu biaya yang disebut dengan biaya agensi.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah pengaruh
kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kepemilikan publik, dan biaya
agensi terhadap nilai perusahaan secara simultan dan parsial. Penelitian dilakukan
selama periode 2009 – 2013. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan
verifikatif dengan menggunakan data sekunder. Data diperoleh dari laporan
keuangan perusahaan yang diakses melalui IDX dan ICMD. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa secara simultan kepemilikan institusional, kepemilikan
manajerial, kepemilikan publik, dan biaya agensi berpengaruh terhadap nilai
perusahaan. Secara parsial, kepemilikan publik berpengaruh signifikan terhadap
nilai perusahaan, sedangkan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan
biaya agensi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Description
Keywords
Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Publik, Biaya Agensi, Nilai Perusahaan, Institusional Ownership, Managerial Ownership/Insider Ownership, Public Ownership, Agency Cost, Firm’s Value