ANALISA PELAKSANAAN PENGENDALIAN MUTU UNIT GANGGUAN PADA PT PLN (PERSERO) UNIT PELAYANAN DAN PENJARINGAN (UPJ) KOPO BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2008
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penulis membahas masalah mengenai pelaksanaan pengendalian mutu
yang dilakukan oleh PT PLN UPJ Kopo, dan hasilnya dituangkan dalam tugas
akhir dengan judul “ Analisa Pelaksanaan Pengendalian Mutu Unit Ganggun
pada PT PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Kopo “. PT PLN
adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa. Agar pelayanan
yang diberikan memiliki mutu dan sesuai dengan permintaan konsumen, maka
sangat diperlukan adanya pengendalian mutu.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan pengendalian mutu yang diterapkan oleh PT PLN UPJ Kopo terhadap
pelayanan yang diberikan, masalah yang timbul dan faktor penyebabnya, serta
tindakan apa yang sebaiknya dilakukan oleh PT PLN untuk mengatasi masalah
tersebut. Untuk tugas akhir ini, penulis menggunakan metode penelitian lapangan
(field research) dan penelitian keperpustakaan (library research).
Setelah diteliti, ternyata masalah yang ada di PT PLN UPJ Kopo adalah
tidak mempunyai standar mutu kecepatan pemulihan gangguan. Dengan
menggunakan diagram sebab akibat, di analisis penyebab timbulnya masalah
tersebut adalah Manusia ( Kelalaian karyawan, kelalaian supervisor, karyawan
lamban kurang termotivasi), bahan baku (keterbatasan bahan baku), serta metode
(diadakannya kerja lembur).
Dari hasil pengamatan, maka penulis memberikan saran-saran bagi pihak
perusahaan untuk mengatasi penyebab masalah tersebut yaitu meberikan
pengarahan sebelum bekerja bagi karyawan yang lalai, melakukan safety stock
untuk keterbatasan bahan baku,dan pemberian bonus agar karyawan tidak lamban
dalam bekerja.
Description
Keywords
Pengendalian Mutu