PERANAN KEGIATAN PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. H.U. PIKIRAN RAKYAT BANDUNG
Loading...
Date
2002
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Manajemen Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama
Abstract
Salah satu kegiatan pemasaran yang penting adalah promosi. Promosi pada hakekatnya
adalah semua kegiatan yang dimaksudkan untuk menyampaikan atau mengkomunikasikan suatu
produk ke pasar sasaran, untuk memberikan informasi tentang kelebihan, keistimewaan,
kegunaaan dan yang paling penting untuk mengubah sikap ataupun mendorong konsumen untuk
membeli.
Kerena demikian pentingnya kegiatan promosi harus ada pengendalian dari anggaran
khusus terhadap kegiatan promosi agar dapat be~alan secara efektif dan efesien. Peningkatan
penjualan produk juga tidak terlepas dari pengaruh diterapkannya kegiatan promosi. Karena
salah satu tujuan kegiatan promosi adalah untuk meningkatkan volume penjualan.
Atas dasar itulah penulis tertarik menyususn skripsi dengan judul Peranan Kegiatan
Promosi dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. H.U. Pikiran Rakyat Bandung.
Masalah yang ingin diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah :
1. Dalam bentuk apa saja kegiatan promosi yang dilaksanakan oleh PT. Pikiran Rakyat ?
2. Kendala-kendala apa yang dihadapi PT. Pikiran Rakyat dalam melaksanakan kegiatan
promosi?
3. Sejauh mana peranan promosi yang dilaksanakan PT. Pikiran Rakyat terhadap
peningkatan volume penjualan ?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif anal isis yaitu metode
penelitian dengan memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai faktafakta
dan korelasi antara variabel yang diteliti.
Pengolahan data dilakukan dengan cara menghitung anal isis korelasi dan analisis
determinasi. Berdasarkan penelitian terdapat hubungan yang cenderung kuat antara kegiatan
promosi dengan volume penjualan (r = 0,92), kemudian besarnya kegiatan promosi terhadap
volume penjualan ( kd = 86 % ). Sehingga dapat diambil kesimpulan jika kegiatan promosi
meningkat dengan konsekwensi biaya promosi meningkat maka volume penjualan akan
meningkat.
Terakhir penulis menyarankan agar pihak H.U. Pikiran Rakyat mampu mempertahankan
kegiatan promosi yang sudah dianggap baik dan diharapkan mampu meningkatkan kegiatan
promosi secara bertahap serta memperbaiki secepat mungkin kekurangan-kekurangan yang
dimiliki H.U. Pikiran Rakyat 8andung.