ANALISIS MINAT NASABAH SALAH SATU BANK DI KOTA BANDUNG DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INTERNET BANKING DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

No Thumbnail Available
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Kota Bandung untuk menggunakan produk internet banking ABCD pada Bank XYZ. Penelitian ini merupakan penelitian survey yaitu suatu penelitian yang dilakukan melalui pengambilan data. Data penelitian diperoleh dari studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan kuesioner. Pengisian kuesioner diukur melalui lima skala likert. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software SMARTPLS Version 3.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari dan menjelaskan hubungan atau pengaruh antara variabel dengan melakukan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji T. Penelitian ini mengambil sampel sebesar 100 responden dari suatu populasi dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai T-Statistics pada variabel Persepsi Manfaat (X1) bernilai 5,276, variabel Persepsi Kemudahan (X2) bernilai 2,765, variabel Keamanan (X3) bernilai 1,708, dan variabel Kepercayaan (X4) bernilai 4,208. Nilai T-Statistics untuk semua variabel diatas nilai T-Tabel 1,65 (α=10%). Hasil ini menunjukkan bahwa semua variabel mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat masyarakat Kota Bandung untuk menggunakan internet banking ABCD dari Bank XYZ. Nilai tertinggi T-Statistics dalam penelitian ini adalah variabel Persepsi Manfaat (5,276) ini menunjukkan bahwa produk internet banking ABCD membawa manfaat bagi para nasabah. Nilai R square penelitian ini sebesar 0,746, yang artinya seluruh variabel bebas yakni Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan, Kepercayaan mempunyai kontribusi secara bersama-sama sebesar 74,6% terhadap variabel terikat, sedangkan sisanya 25,4% dipengaruhi oleh faktor- faktor lain.
Description
Keywords
SMARTPLS, Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan, Kepercayaan, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Security, Trust
Citation