PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)
No Thumbnail Available
Date
2017
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2013-2015. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengungkapan corporate social responsibility (CSR) sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang diukur menggunakan proksi effective tax rate (ETR). Penelitian ini mereplikasi penelitian yang dilakukan oleh Lanis dan Richardson (2012). Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2013-2015. Sampel penelitian dipilih dengan metode purposive sampling dan diperoleh 17 perusahaan per tahun yang memenuhi kriteria. Total pengamatan dalam penelitian ini adalah 51 laporan tahunan perusahaan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap agresivitas pajak. Perusahaan yang memiliki tingkat pengungkapan CSR yang tinggi akan mengakibatkan perusahaan lebih agresif terhadap pajaknya.
Description
Keywords
Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Agresivitas Pajak, Effective Tax Rate, Corporate Social Responsibility Disclosure, Corporate Tax Aggressiveness