PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Survei pada 17 Dinas dan Inspektorat Kabupaten Garut)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan(BPK) menunjukan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut dari tahun 2009-2013 masih mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Harry Azhar Azis selaku kepala BPK menyatakan bahwa diperlukan peningkatan kompetensi sumber daya manusia dan perbaikan sistem akuntansi keuangan pemerintah daerah melalui langkah-langkah nyata, agar dapat menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi sumber daya manusia, sistem akuntansi keuangan daerah dan kualitas laporan keuangan, pengaruh secara parsial maupun simultan kompetensi sumber daya manusia dan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan daerah pada 17 Dinas yang berada di Pemerintah Kabupaten Garut. Penelitian ini dilakukan di 17 Dinas dan Inspektorat Kabupaten Garut. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pegawai setiap Dinas bagian keuangan/akuntansi serta auditor dalam mengaudit laporan keuangan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis linier berganda. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS 20.0 for windows Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia, sistem akuntansi keuangan daerah dan kualitas laporan keuangan pada 17 Dinas yang berada di Pemerintah Kabupaten Garut sudah baik dan penelitian menunjukan bahwa baik secara parsial maupun simultan kompetensi sumber daya manusia dan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Dari hasil penelitian ini, penulis mengharapkan adanya perbaikan dalam pengetahuan, keahlian dan sikap sumber daya manusia pemerintah daerah serta lebih meningkatkan pengawasan terhadap penerapan sistem akuntansi keaungan daerah agar menghasilkan laporan keuangan pemerintah daerah yang lebih berkualitas.
Description
Keywords
Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Human Resource Competency, Quality of Local Financial Report, Local Financial Accounting System
Citation