PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Survei pada 17 Dinas dan Inspektorat Kabupaten Garut)

Widyatama Repository

PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Survei pada 17 Dinas dan Inspektorat Kabupaten Garut)

Show full item record

Title: PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Survei pada 17 Dinas dan Inspektorat Kabupaten Garut)
Author: Budiman, Yasa Ramdhan
Abstract: Hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan(BPK) menunjukan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut dari tahun 2009-2013 masih mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Harry Azhar Azis selaku kepala BPK menyatakan bahwa diperlukan peningkatan kompetensi sumber daya manusia dan perbaikan sistem akuntansi keuangan pemerintah daerah melalui langkah-langkah nyata, agar dapat menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi sumber daya manusia, sistem akuntansi keuangan daerah dan kualitas laporan keuangan, pengaruh secara parsial maupun simultan kompetensi sumber daya manusia dan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan daerah pada 17 Dinas yang berada di Pemerintah Kabupaten Garut. Penelitian ini dilakukan di 17 Dinas dan Inspektorat Kabupaten Garut. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pegawai setiap Dinas bagian keuangan/akuntansi serta auditor dalam mengaudit laporan keuangan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis linier berganda. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS 20.0 for windows Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia, sistem akuntansi keuangan daerah dan kualitas laporan keuangan pada 17 Dinas yang berada di Pemerintah Kabupaten Garut sudah baik dan penelitian menunjukan bahwa baik secara parsial maupun simultan kompetensi sumber daya manusia dan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Dari hasil penelitian ini, penulis mengharapkan adanya perbaikan dalam pengetahuan, keahlian dan sikap sumber daya manusia pemerintah daerah serta lebih meningkatkan pengawasan terhadap penerapan sistem akuntansi keaungan daerah agar menghasilkan laporan keuangan pemerintah daerah yang lebih berkualitas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6693
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 186.3Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 475.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 112.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 268.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 129.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 110.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 101.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.9Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 255.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 695.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 577.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 470.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 111.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 142.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record