PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Kasus pada 2 Perusahaan BUMN Bidang jasa di Kota Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Dalam menghadapi persaingan global para manajer perusahaan tidak dapat lagi menerapkan cara-cara tradisional dalam melakukan proses perencanaan dan pengendalian aktivitas perusahaan. Manajemen dalam perusahaan dituntut untuk selalu mempelajari teknik terbaru yang digunakan untuk memotivasi karyawan agar dapat meningkatkan pelaksanaan kinerja mereka. Total Quality Management (TQM) memaksimalkan daya saing organisasi melalui perbaikan secara terus-menerus atas produk, jasa, tenaga kerja, proses dan lingkungannya. Kinerja manajerial didefinisikan sebagai tingkat kecakapan manajer dalam melaksanakan aktivitas manajemen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui total quality management, kinerja manajerial dan pengaruh total quality management terhadap kinerja manajerial pada dua Perusahaan BUMN di Bidang jasa (PT. Kereta Api, dan PT PLN) di Bandung. Metode yang digunakan adalah metode explanatory dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode sampling jenuh yang berjumlah 86 responden pada dua perusahaan BUMN di bidang jasa kota Bandung. Pengumpulan data dan informasi diperoleh melalui studi kepustakaan dan penelitian lapangan dengan melakukan observasi langsung, wawancara dan penyebaran kuesioner. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi pearson, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji statistik t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Total quality management memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial.
Description
Keywords
Total Quality Management, Kinerja Manajerial, Managerial Performance
Citation