PENGARUH MODERNISASI ADMINISTRASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Survei pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Modernisasi Administrasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cibeunying Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah para wajib pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Cibeunying Kota Bandung. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling acak sederhana (simple random sampling). Jumlah sampel ditentukan sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan menggunakan media kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 100 eksemplar dan diterima kembali sebanyak 100 eksemplar. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan dengan tingkat signifikansi 5% bahwa Modernisasi Administrasi Perpajakan berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan nilai koefisien determinasi sebesar 26,5% dan sisanya sebesar 73,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis didapat nilai thitung = 5,941 > ttabel. = 1,664, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan yaitu “Modernisasi Administrasi Perpajakan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cibeunying Kota Bandung”.
Description
Keywords
Modernisasi Administrasi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak, Modernization of the Tax Administration System, Taxpayer Compliance
Citation