Accounting

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 199
  • Item
    PENGARUH KOMPLEKSITAS OPERASI, LABA/RUGI OPERASI DAN KONVERGENSI IFRS TERHADAP AUDIT DELAY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2015)
    (Program Studi Sekolah Pasca Sarjana Magister Akuntansi Universitas Widyatama, 2017) Ginanjar, Yogi
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bukti empiris tentang pengaruh kompleksitas operasi, laba/rugi operasi dan konvergensi IFRS terhadap audit delay pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksplanatori dengan teknik survey. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 153 data perusahaan dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan study literature dan dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan yaitu penentuan metode estimasi data panel, uji asumsi klasik, analisis regresi, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi menggunakan aplikasi Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompleksitas operasi tidak berpengaruh terhadap audit delay dengan arah hubungan positif. Laba/rugi operasi tidak berpengaruh terhadap audit delay dengan arah hubungan negatif. Konvergensi IFRS berpengaruh terhadap audit delay dengan arah hubungan negatif. Secara simultan bahwa kompleksitas operasi, laba/rugi operasi dan konvergensi IFRS berpengaruh terhadap audit delay dengan kontribusi sebesar 74,69%.
  • Item
    PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, KOMPETENSI KOMITE AUDIT DAN PENGUNGKAPAN SUKARELA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Survey pada Perusahaan Property, Real Estate, dan Building Construction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014)
    (Sekolah Pasca Sarjana Magister Akuntansi Universitas Widyatama, 2016) Novita, Devi Cindi
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan, komptenesi komite audit, dan pengungkapan sukarela terhadap nilai perusahaan baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan laporan tahunan 30 perusahaan property, real estate, dan building construction yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010 sampai dengan 2014 dengan total 150 sampel. Penelitian ini menggunakan metode studi eksplanatori pada perusahaan property, real estate, dan building construction yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan data sekunder yaitu laporan tahunan perusahaan property, real estate, dan building construction periode tahun 2010-2014. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan hipotesis diuji dengan uji t dan uji F dengan tingkat signifikansi senilai 5% dengan menggunakan program Eviews 8.0. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa struktur kepemilikan berpengaruh positif tehadap nilai perusahaan, kompetensi komite audit tidak berpengaruh positif tehadap nilai perusahaan, dan pengungkapan sukarela tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa struktur kepemilikan, kompetensi komite audit, dan pengungkapan sukarela berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan property, real estate, dan building construction yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010-2014.
  • Item
    PENGARUH PERSEPSI PENEGAKAN HUKUM PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (SURVEY PADA 5 KANTOR PELAYANAN PAJAK DI KOTA BANDUNG)
    (Program Pasca Sarjana Magister Akuntansi Universitas Widyatama, 2016) Utami, Citra Kharisma
    Dalam meningkatkan penerimaan negara pemerintah perlu melakukan upaya dan kebijakan bidang perpajakan. Belum optimalnya penerimaan pajak dikarenakan tingkat kepatuhan wajib pajak badan maupun pribadi masih rendah. Penelitian ini mengkaji tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi di 5 Kantor Pelayanan Pajak Di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara persepsi penegakan hukum pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pemilihan sampel simple random sampling, sebanyak 100 responden wajib pajak badan. Uji statistik yang dilakukan adalah regresi berganda. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Version 21. Hasil pengujian simultan yang dilakukan membuktikan bahwa persepsi penegakan hukum pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak badan pada Kantor Pelayanan Pajak Di Kota Bandung, dengan total kontribusi sebesar 52,5%
  • Item
    PENGARUH ETIKA PROFESI, INDPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT
    (Program Sekolah Pasca Sarjana Magister Akuntansi Universitas Widyatama, 2016) Wildan, Moch.
  • Item
    PENGARUH PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI (PMDN), PENANAMAN MODAL ASING (PMA), DAN BELANJA MODAL PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (Studi Kasus di Pemerintahan Provinsi Banten)
    (Program Sekolah Pasca Sarjana Magister Akuntansi Universitas Widyatama, 2016) Pratiwi, Risa Refina
    Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi tidak akan lepas dari adanya peranan otonomi daerah yang berlaku di setiap daerah. Otonomi daerah sebagai salah satu bentuk desentralisasi pemerintahan pada hakekatnya bertujuan untuk memenuhi kepentingan bangsa secara keseluruhan. Namun karena keterbatasan sumber daya yang dimiliki, sedangkan kebutuhan dana untuk pembangunan ekonomi sangat besar. Maka cara untuk mencapai pertumbuhan ekonomi itu adalah dengan meningkatkan investasi melalui penanaman modal dalam negeri maupun penanaman modal asing. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh Penanaman Modal Dalam Negeri terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Banten, mengetahui pengaruh Penanaman Modal Asing terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Banten, mengetahui pengaruh Belanja Modal Pemerintah Provinsi Banten terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Banten dan mengetahui pengaruh Penanaman Modal Dalam Negeri, Penanaman Modal Asing dan Belanja Modal Pemerintah Provinsi Banten terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Banten. Metode penelitian penulis menggunakan deskriptif explanatory, melalui pengumpulan data sekunder berupa data time series. Hasil penelitian menunjukkan Penanaman Modal Dalam Negeri secara positif signifikan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Kota dan Kabupaten Provinsi Banten. Penanaman Modal Asing berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah Kota dan Kabupaten Provinsi Banten. Belanja modal pemerintah berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Pertumbuhan ekonomi daerah Kota dan Kabupaten Provinsi Banten. Hasil uji statistik Penanaman Modal Dalam Negeri, Penanaman Modal Asing dan belanja modal pemerintah berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah Kota dan Kabupaten Provinsi Banten.