PENERAPAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN E-MARKETPLACE SEBAGAI ONLINE SHOPPING

Loading...
Thumbnail Image
Date
2022
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Sistem Informasi, Universitas Widyatama
Abstract
E-marketplace merupakan model bisnis yang paling sering digunakan untuk melakukan belanja secara online dan memberikan kemudahan terhadap pebisnis maupun pengguna. Selain itu, e-marketplace mampu menarik pengguna untuk melakukan belanja online dan sudah memiliki pengunjung yang cukup banyak. Oleh sebab itu, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui persepsi pengguna dalam menggunakan e-marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) terhadap pengguna dalam menggunakan e-marketplace. Konstruk-konstruk yang digunakan yaitu Social Influence, Brand Image, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Actual System Use. Semakin mudah persepsi pengguna maka semakin tinggi juga keinginan pengguna untuk menggunakan suatu teknologi. Penelitian ini menggunakan teknik sampling dengan responden sebanyak 356 orang selama 14 hari. Hasil responden diolah menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0 untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna dalam menggunakan e-marketplace. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif.
Description
Keywords
E-marketplace, Technology Acceptance Model, Social Influence, Brand Image, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Actual System Use, SmartPLS, Metode Pendekatan Kuantitatif
Citation