EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KELAS INTENSIF AKSELERASI N5-N4 DI OHM STUDI JEPANG OHM STUDI JEPANG における加速集中クラスが使用する 学習方法の効果
Loading...
Date
2021
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi D3 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama
Abstract
Meningkatnya peminat bekerja maupun melanjutkan studi di Jepang, membutuhkan kemampuan bahasa Jepang minimal JLPT N4. Dengan demikian penulis tertarik untuk meneliti apakah belajar intensif selama 3 bulan cukup efektif untuk mencapai JLPT N4. PT OHM Studi Jepang adalah perusahaan jasa konsultasi dan pengurusan dokumen untuk bekerja dan sekolah di Jepang, dengan memfasilitasi kelas intensif untuk membantu peserta lulus JLPT N4. Penelitian ini membahas mengenai efektivitas dari metode pembelajaran yang diterapkan di kelas intensif akselerasi N5-N4 terhadap 18 orang peserta didik yang dijadikan subjek penelitian oleh penulis. Data yang diperoleh merupakan nilai dari beberapa tes dan hasil wawancara dengan responden yang diolah dengan metode deskriptif kuantitatif untuk menghasilkan dua kesimpulan, yaitu seberapa efektif metode pembelajaran di kelas intensif akselerasi N5-N4 OHM, dan apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kelas intensif akselerasi N5-N4 OHM. Penulis berharap penelitian dan hasil temuan ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca mengenai metode pembelajaran bahasa Jepang yang efektif.
Description
Keywords
Belajar bahasa Jepang, Program kelas intensif, Metode pembelajaran, Learning Japanese language, Intensive Class Program, Learning Method