PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT TIRTA UTAMA ABADI

No Thumbnail Available
Date
2021
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1, Universitas Widyatama
Abstract
Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian barang dan jasa. Mempelajari dan menganalisa perilaku konsumen dalam keputusan pembelian adalah hal yang penting, sebab dengan pengetahuan dasar yang baik mengenai perilaku konsumen akan dapat memberikan masukan yang berarti bagi perencanaan strategi pemasaran. Suatu strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Tirta Utama Abadi adalah melakukan Kualitas pelayanan yang baik. Konsumen menilai pelayanan tersebut dengan cara membandingkan pelayanan yang mereka terima dengan pelayanan yang mereka harapkan. Konsumen menjadi semakin kritis terhadap berbagai bentuk jasa pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan. Di samping kualitas pelayanan yang baik, yang mempengaruhi terhadap keputusan pembelian yang tidak kalah pentingnya adalah lokasi. Dalam penentuan lokasi, manajer harus berusaha menentukan suatu lokasi yang dapat memaksimumkan laba dan penjualannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan Lokasi terhadap keputusan pembelian pada PT Tirta Utama Abadi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode Probability Sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 115 responden. Pengolahan data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial, hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Keputusan pembelian. Hasil yang sama menunjukkan bahwa Lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Keputusan pembelian. Secara simultan, hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan dan Lokasi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian
Description
Keywords
Kualitas pelayanan, Lokasi, keputusan pembelian, Service quality, Location, Purchase Decision
Citation