PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BELANJA ONLINE LAZADA (Studi pada mahasiswa Widyatama jurusan manajemen Angkatan 2015)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 pada Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth, dan Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan Belanja Online Lazada. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling, yaitu sampling purposive dengan sampel berjumlah 100 orang. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, heterokedastisitas, multikolinearitas, dan autokorelasi), Analisis Regresi Berganda uji T, uji F dan Koefisien Determinasi dengan menggunakan program SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh Electronic Word of Mouth (X1) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) berdasarkan pada hasil pengolahan data yang menunjukkan signifikansi sebesar 0,006 yang lebih kecil dari nilai alpha (α) 0,05. Berdasarkan hal tersebut, berarti semakin tinggi variabel electronic word of mouth maka semakin tinggi pula variabel loyalitas pelanggan. Pengaruh Brand Image (X2) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) berdasarkan pada hasil pengolahan data yang menunjukkan signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai alpha (α) 0,05. Berdasarkan hal tersebut, berarti semakin tinggi variabel electronic word of mouth maka semakin tinggi pula variabel loyalitas pelanggan. Sedangkan berdasarkan secara simultan mengenai variabel X1 dan X2 terhadap Y menunjukkan signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai alpha (α) 0,05 Artinya semakin tinggi variabel electronic word of mouth dan brand image maka semakin tinggi juga variabel loyalitas pelanggan. Diketahui juga R Square yaitu sebesar 0,605, artinya 60,5% dari variasi loyalitas pelanggan bisa dijelaskan oleh variabel electronic word of mouth dan brand image. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 39,5% dijelaskan oleh sebab-sebab lain yang tidak diteliti.
Description
Keywords
Electronic Word of Mouth, Brand Image, Loyalitas Pelanggan, Electronic Word of Mouth, Brand Image, Customer Loyalty
Citation