PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BELANJA ONLINE LAZADA (Studi pada mahasiswa Widyatama jurusan manajemen Angkatan 2015)
Loading...
Date
2018
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 pada Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of
Mouth, dan Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan Belanja Online Lazada.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling, yaitu
sampling purposive dengan sampel berjumlah 100 orang. Analisis data
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas,
heterokedastisitas, multikolinearitas, dan autokorelasi), Analisis Regresi Berganda
uji T, uji F dan Koefisien Determinasi dengan menggunakan program SPSS 20 for
Windows.
Hasil penelitian menunjukkan pengaruh Electronic Word of Mouth (X1)
terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) berdasarkan pada hasil pengolahan data yang
menunjukkan signifikansi sebesar 0,006 yang lebih kecil dari nilai alpha (α) 0,05.
Berdasarkan hal tersebut, berarti semakin tinggi variabel electronic word of mouth
maka semakin tinggi pula variabel loyalitas pelanggan. Pengaruh Brand Image
(X2) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) berdasarkan pada hasil pengolahan data
yang menunjukkan signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai alpha (α)
0,05. Berdasarkan hal tersebut, berarti semakin tinggi variabel electronic word of
mouth maka semakin tinggi pula variabel loyalitas pelanggan. Sedangkan
berdasarkan secara simultan mengenai variabel X1 dan X2 terhadap Y
menunjukkan signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai alpha (α) 0,05
Artinya semakin tinggi variabel electronic word of mouth dan brand image maka
semakin tinggi juga variabel loyalitas pelanggan. Diketahui juga R Square yaitu
sebesar 0,605, artinya 60,5% dari variasi loyalitas pelanggan bisa dijelaskan oleh
variabel electronic word of mouth dan brand image. Sedangkan sisanya yaitu
sebesar 39,5% dijelaskan oleh sebab-sebab lain yang tidak diteliti.
Description
Keywords
Electronic Word of Mouth, Brand Image, Loyalitas Pelanggan, Electronic Word of Mouth, Brand Image, Customer Loyalty