PENGARUH WORD OF MOUTH DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI MAHASISWA PROGRAM MAGISTER UNIVERSITAS WIDYATAMA (Studi pada Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Widyatama Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh word of mouth dan reputasi perusahaan terhadap keputusan untuk menjadi mahasiswa Program Magister Manajemen Universitas Widyatama. Ketatnya persaingan bisnis di sektor pendidikan di Indonesia, khususnya di Kota Bandung, membuat Universitas Widyatama bersaing dengan beberapa kampus lain yang memiliki Program Magister. Saat ini Bandung memiliki cukup banyak PTN dan PTS yang memiliki reputasi baik di skala internasional dan regional. Oleh karena itu sangat penting bagi Universitas Widyatama untuk menjalankan komunikasi dengan konsumen dari mulut ke mulut dan membangun reputasi yang dimilikinya. Jenis penelitian adalah deskriptif dan verifikatif, data penelitian adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data melalui kuesioner, sampel penelitian adalah 80 responden, metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari 1 variabel dependen (Y) yaitu keputusan pembelian dan 2 variabel independen (X) yaitu word of mouth dan reputasi perusahaan. Penelitian ini diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedatisitas, uji korelasi, regresi linier berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji T dan uji F, serta koefisien determinasi. Hasil uji regresi linier berganda pada keputusan pembelian menunjukkan bahwa word of mouth memiliki pengaruh sebesar 0,308, dan reputasi perusahaan memiliki pengaruh sebesar 0,569, sedangkan pengaruh simultannya sebesar 0,313. Jadi kesimpulannya adalah variabel word of mouth dan reputasi perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
Description
Keywords
Word of Mouth, Reputasi Perusahaan, Keputusan Pembelian, Corporate Reputation, Purchase Decision
Citation
Collections