PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA PUSAT PENELITIAN KIMIA LIPI
No Thumbnail Available
Date
2017
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Penulis melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Pendidikan dan
Pelatihan (Diklat) dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai
Negeri Sipil Pada Pusat Penelitian Kimia LIPI”. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat)
dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil di Pusat
Penelitian Kimia LIPI baik secara langsung maupun tidak langsung,
baik secara parsial maupun bersama-sama, serta untuk mengetahui
variabel manakah yang lebih dominan dalam mempengaruhi kinerja
pegawai. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda
dengan bantuan software statistik SPSS versi 2.3. Dalam penelitian ini
digunakan populasi sebanyak 75 pegawai yang telah mengikuti
pendidikan dan pelatihan dalam jangka waktu tiga tahun terakhir,
jawaban dari populasi terkumpul sebanyak 64 jawaban, dikarenakan 11
pegawai berstatus pensiun, pindah dan diperbantukan, sehingga tidak
dapat diambil jawabannya atas kuesioner yang penulis sebarkan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis
dengan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui pengaruh ataupun
juga hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, kuesioner (angket), wawancara, dan
kepustakaan. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang
signifikan antara pendidikan dan pelatihan (diklat) (X₁) dan motivasi
kerja (X₂) terhadap kinerja pegawai (Y) di Pusat Penelitian Kimia LIPI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pendidikan dan pelatihan
(diklat) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. (2)
Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. (3)
Pendidikan dan pelatihan (diklat) dan motivasi kerja secara bersamasama
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. (4) Motivasi
kerja mempengaruhi kinerja secara dominan dibandingkan dengan
pendidikan dan pelatihan (diklat). Berdasarkan hasil penelitian dapat
dikemukakan saran bahwa untuk meningkatkan kinerja pegawai perlu
mengadakan perkajian terhadap kebutuhan diklat yang sesuai dengan
kebutuhan pekerjaan, dan perlu juga diberikan motivasi kepada
pegawai untuk dapat meningkatkan kinerja.
Description
Keywords
Pendidikan dan pelatihan (diklat), Motivasi, Kinerja, Education and Training, Motivation, Performance