PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA PUSAT PENELITIAN KIMIA LIPI

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Penulis melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Pusat Penelitian Kimia LIPI”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat) dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil di Pusat Penelitian Kimia LIPI baik secara langsung maupun tidak langsung, baik secara parsial maupun bersama-sama, serta untuk mengetahui variabel manakah yang lebih dominan dalam mempengaruhi kinerja pegawai. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan software statistik SPSS versi 2.3. Dalam penelitian ini digunakan populasi sebanyak 75 pegawai yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan dalam jangka waktu tiga tahun terakhir, jawaban dari populasi terkumpul sebanyak 64 jawaban, dikarenakan 11 pegawai berstatus pensiun, pindah dan diperbantukan, sehingga tidak dapat diambil jawabannya atas kuesioner yang penulis sebarkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui pengaruh ataupun juga hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner (angket), wawancara, dan kepustakaan. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan dan pelatihan (diklat) (X₁) dan motivasi kerja (X₂) terhadap kinerja pegawai (Y) di Pusat Penelitian Kimia LIPI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pendidikan dan pelatihan (diklat) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. (2) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. (3) Pendidikan dan pelatihan (diklat) dan motivasi kerja secara bersamasama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. (4) Motivasi kerja mempengaruhi kinerja secara dominan dibandingkan dengan pendidikan dan pelatihan (diklat). Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran bahwa untuk meningkatkan kinerja pegawai perlu mengadakan perkajian terhadap kebutuhan diklat yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan, dan perlu juga diberikan motivasi kepada pegawai untuk dapat meningkatkan kinerja.
Description
Keywords
Pendidikan dan pelatihan (diklat), Motivasi, Kinerja, Education and Training, Motivation, Performance
Citation
Collections