ANALISA DAN PERANCANGAN DATA MINING DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN PT. BLOODS INDUSTRIES Studi Kasus : PT. Bloods Industries

No Thumbnail Available
Date
2016
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Perkembangan teknologi komputasi dan media penyimpanan telah memungkinkan manusia untuk mengumpulkan dan menyimpan data dari berbagai sumber dengan jumlah yang besar. Fenomena tersebut dapat terjadi dalam berbagai bidang kehidupan termasuk dunia bisnis. Salah satu sumber informasi yang dapat digunakan untuk membantu kegiatan penjualan perusahaan adalah system database. Cara lain untuk mendapatkan informasi berharga dari data transaksi adalah dengan menggunakan analisis dan perancangan data mining dengan metode market basket analysis. Saat ini database yang dimiliki oleh PT. Bloods Industries belum dimanfaatkan secara optimal. Kondisi ini mengakibatkan banyak data yang tersimpan tertapi sedikit informasi yang bisa digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan yang strategis. PT. Bloods Industries memerlukan tambahan data bagi perusahaan untuk melakukan pembuatan keputusan strategi yang mampu meningkatkan profit perusahaan. Hal tersebut yang melatar belakangi penulis untuk membuat system data mining yang berfungsi untuk mensimulasikan assosiasi item product antara satu produk dengan item produk lainnya. Data yang di pakai sebagai bahan pengolahan berasal dari data transaksi PT. Bloods Industries. System data mining ini dikembangkan memakai metode pengembangan waterfall dengan pemodelan visual menggunakan Data Flow Diagram (DFD). Pada akhirnya, sistem ini digunakan untuk memberikan simulasi mengenai aturan assosiasi item untuk mengetahui pola belanja konsumen.
Description
Keywords
Database, Data Mining, Market Basket Analysis, Waterfall, Data Flow Diagram
Citation