Informatics - Bachelor

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 572
  • Item
    JAPANESE MUSIC CHANNEL SEBAGAI MEDIA PROMOSI KOMUNITAS J-MUSIC DI BANDUNG
    (Program Studi D3 Bahasa Jepang Fakultas Ilmu Bahasa Universitas Widyatama, 2016) Wiguna, Adi
    Kebutuhan akan informasi pada zaman yang serba canggih saat ini mendorong akan permintaan masyarakat untuk mendapatkan berita yang actual dan terpercaya. Tentunya melalui media elektronik, informasi tersebut akan lebih cepat di konsumsi oleh publik, selain itu melalui media elektronik informasi dapat dinikmati secara visual. Atas dasar ini GET!!! TV J-Music Channel menjadi media promosi bagi komunitas J-music agar lebih berkembang lagi di masa depan. Penulis melaksanakan PKL di GET!!! TV J-Music Channel yang dilaksanakan terhitung dari tanggal 20 Januari 2016 s.d 23 Februari 2016. GET!!! TV J-Music Channel berlokasi di Jl.Babakan Sukaresik No.32 Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi Bandung 40163 Jawa Barat. Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan GET!!! TV J-Music Channel mempromosikan band lokal yang berkiblat ke musik Jepang dan band Jepang itu sendiri di Bandung, selain itu cara GET!!! TV J-Music Channel membuat segmen-segmen yang mudah menarik hati para penonton sehingga dapat menyebarluaskan kultur Jepang di Indonesia. Dalam penulisan Tugas Akhir ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode untuk pembuatan laporan melalui pengamatan langsung di lapangan dan pengumpulan data dari perusahaan. Selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan, penulis ditugaskan oleh pihak perusahaan di bagian produksi yang bertugas untuk membuat skenario, naskah, dan segala hal yang akan dilakukan pada saat shooting berlangsung. Dari Praktek Kerja Lapangan ini penulis mendapat kesimpulan bahwa GET!!! TV J-Music Channel sebagai media promosi yang berfokus kepada JMusic berperan dalam perkembangan musik di Bandung khususnya untuk para musisi yang baru saja memulai karirnya, dan juga pengemasan segmen acara GET!!! TV J-Music Channel yang seru dan unik dapat menarik perhatian penggemar musik Jepang di Bandung.
  • Item
    SISTEM SALES AND DISTRIBUTION PADA PERUSAHAAN DESIGN GRAFIS (STUDI KASUS: CV. BANDUNG DESIGN)
    (Program Studi S1 Informatika fakultas Teknik Universitas Widyatama, 2020) Taufiq, Dinar Mohammad
    Peranan sistem informasi sangat diperlukan bagi setiap perusahaan untuk menghasilkan suatu informasi yang akurat, informatif, dan up to date yang dapat digunakan bagi pihak perusahaan. Permasalahan yang terjadi di perusahaan CV.Bandung Design saat ini adalah belum adanya sebuah sistem yang dapat mengintegarsikan semua proses bisnis perusahaan, dimana proses yang saat ini berjalan masih diproses secara manual dan menggunakan media yang berbeda-beda sehingga mengakibatkan proses bisnis dirasa kurang efektif. Sistem informasi yang akan dibangun ini menggunakan konsep sistem Sales and Distribution. Sistem Sales and Distribution ini dipilih karena dapat mencatat seluruh aktivitas yang berkaitan degan proses penjulan dan mengendalikan serta memonitor proses penjualan di suatu perusahaan. Dengan adanya Pengembangan sistem informasi Sales and Distribution ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan proses bisnis di CV.Bandung Design yang selama ini sudah berjalan dengan mengintegrasikan semua proses bisnisnya dalam sebuah Sistem Informasi sehingga proses pembagian pekerjaan, proses reporting, proses analisis penjualan dan proses lainnya dapat dikerjakan dalam Sistem Informasi tersebut.
  • Item
    PENERAPAN MARKETING AUTOMATION DENGAN METODE K-MEANS CLUSTERING DAN FUZZY-AHP UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN
    (Program Studi S1 Informatika Fakultas Teknik Universitas Widyatama, 2020) Mendrofa, Masuno
    Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan menerapkan CRM (Customer Relationship Management). CRM adalah fungsi terintegrasi yang menunjang sebuah perusahaan dalam bidang penjualan yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan potongan harga atau diskon kepada pelanggan. Tetapi hal ini menjadi suatu masalah apabila memberikan diskon dengan nominal yang sama kepada setiap pelanggan, hal itu dikarenakan setiap pelanggan dapat melakukan transaksi yang berbeda-beda. Disini diperlukan adanya pengelompokan pelanggan dari yang sering melakukan transaksi dan tidak, dan masalah itu dapat dibantu dengan metode K-Means Clustering. K-Means Clustering dapat membuat pengelompokan pelanggan. Setelah pengelompokan pelanggan, maka perlu diketahui kelompok siapa saja yang mempunyai nilai dari yang tertinggi hingga yang terendah. Maka dari itu diperlukanlah Fuzzy-AHP, metode Fuzzy-AHP dapat memberikan nilai bobot pada setiap kelompok pelanggan yang dapat menghasilkan perangkingan dari setiap kelompok pelanggan.
  • Item
    PENANGANAN SERANGAN SQL INJECTION PADA WEBSITE PEMERINTAH DENGAN METODE PATTERN MATCHING ALGORITHM
    (Program S1 Informatika Fakultas Teknik Universitas Widyatama, 2020) Sumbowo, Agung
    Structured Query Language (SQL) injection merupakan salah satu teknik serangan berupa kode pemrograman. Dampak yang dapat ditimbulkan dari SQL injection ini sangatlah berbahaya karena attacker yang tidak bertanggung jawab masuk ke dalam halaman administrator sehingga dapat melihat informasi-informasi penting di database yang ada dalam sebuah Website, dan dapat merubah isi tampilan Website tanpa sepengetahuan administrator pada situs tersebut. Website resmi pemerintah Jawa Barat sudah banyak dibuat, akan tetapi masih mempunyai beberapa kekurangan, salah satunya mengenai keamanan database dan informasi, dikarenakan belum melakukan pencegahan serangan SQL Injection. Tujuan penelitian ini yaitu mengusulkan sebuah sistem untuk melakukan penanganan dan pencegahan SQL Injection menggunakan machine learning dan tools injection. Metode yang digunakan yaitu pattern matching algorithm dimana cara kerjanya yaitu mencocokkan pola dari query SQL injection. Dataset yang digunakan yaitu dataset plain text dan SQL querys. Hasil dari penelitian ini yaitu metode pattern matching algorithm berhasil mendeteksi SQL Injection pada website pemerintah dengan akurasi sebesar 99.1%.
  • Item
    SMART AGRICULTURE BERBASIS IOT MENGGUNAKAN MQTT PROTOCOL
    (Program Studi S1 Informatika Fakultas Teknik Universitas Widyatama, 2020) Wirawan, Rio Arya
    Sampai saat ini pertanian masih menjadi mata pencaharian utama bagi sebagian masyarakat di Indonesia yang berprofesi sebagai petani, tetapi seiring perkembangan jaman, pertanian sudah menjadi salah satu hobi yang digemari oleh sebagian orang. Berbagai jenis tanaman yaitu bunga, buah dan sayuran menjadi pilihan bagi sebagian orang yang ditanam di kebunnya. Dalam memelihara tanamannya, memberi air yang teratur sudah menjadi suatu keharusan yang harus dilakukan agar tanah dan tanaman tidak kekurangan air yang dapat berakibat kematian pada tanaman. Adapun kendala yang umum terjadi pada pemeliharaan tanaman adalah ketidaktepatan dalam pemberian air pada tanaman. Akibatnya banyak tanaman menjadi kurang air dan tidak subur bahkan sampai berakibat kematian pada tanaman tersebut. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan pertanian pintar yang menggunakan Internet of Things serta menggunakan protokol MQTT. Sistem ini menggunakan NodeMCU ESP8266 sebagai board dan dapat memberikan air secara otomatis ketika tanah kekurangan air serta dapat memonitoring keadaan tanah menggunakan sensor kelembaban tanah dan dapat melakukan monitoring untuk mengetahui perkembangan kondisi tanahnya di web Thingspeak, serta dibantu protokol MQTT dalam pengiriman datanya agar menjadi lebih cepat dan ringan. Sistem ini dapat memudahkan bagi pemelihara tanaman yang sibuk dengan aktifitasnya agar tanamannya dapat tetap terawat.