Informatics - Bachelor

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 575
  • Item
    IDENTIFIKASI KEMEMARAN BUAH APEL MENGGUNAKAN EKSTRAKSI CIRI GLCM DAN KLASIFIKASI SVM
    (Program Studi Informatika Universitas Widyatama, 2020) Maulana, Andriansyah
    Identifikasi memar adalah salah satu bagian penting dalam menentukan kualitas dari buah apel. Deteksi yang dilakuan secara manual memiliki beberapa keterbatasan yaitu sangat memakan waktu, membutuhkan tenaga kerja yang intensif dan dipengaruhi oleh pengamatan manusia. Penelitian ini menggunakan apel Granny Smith, Citra Apel yang sudah disesuaikan ukurannya menjadi 100x100 piksel kemudian diubah menjadi citra grayscale. Dalam tugas akhir ini menggunakan ekstraksi ciri GLCM yang berfungsi untuk melakukan ekstraksi ciri terhadap citra buah apel grayscale, dan klasifikasi menggunakan SVM yang berfungsi untuk melakukan klasifikasi terhadap buah apel, apakah buah apel tersebut termasuk buah apel yang memar atau buah apel yang tidak memar. Algoritma diimplementasikan menggunakan matlab R2017b. Penelitian ini menggunakan dataset sebanyak 1000 citra buah apel Granny Smith yang terdiri dari 500 citra buah apel Granny Smith memar dan 500 citra buah apel Granny Smith yang tidak memar. Sistem nantinya akan melakukan pelatihan dengan melakukan random terhadap dataset untuk dijadikan data latih berdasarkan jumlah presentase data latih yang dimasukan oleh user. Pengujian dilakukan menggunakan sistem, sistem nantinya akan melakukan pengujian dengan melakukan random terhadap dataset untuk dijadikan data uji berdasarkan jumlah presentase data uji yang dimasukan user. Hasil pengujian terbaik adalah pengujian berdasarkan jenis kernel dengan menggunakan 70 % data latih dan 30 % data uji serta jarak GLCM 10 cm menghasilkan tingkat akurasi data latih 92 % dan akurasi data uji 92,97 %.
  • Item
    PENERAPAN METODE BIOMETRIC MENGGUNAKAN FACE RECOGNITION & VOICE RECOGNITION SEBAGAI DUA LANGKAH VERIFIKASI DAN PENINGKATAN KEAMANAN PADA ABSENSI PEGAWAI MAGANG (STUDI KASUS PEGAWAI FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI UNIVERSITAS TELKOM)
    (Program Studi Informatika, Universitas Widyatama, 2021) Ardiansyah Hs
    Percepatan perkembangan zaman sangat mempengaruhi beberapa lingkungan sekitar, termasuk teknologi yang banyak mengambil peran dalam perkembangan tersebut. Teknologi biometrik belakangan ini menjadi sangat populer karena mekanisme identifikasi mengandalkan karakteristik fisik dari setiap individu sehingga diharapkan identik dengan sang pemilik identitasnya. Pada beberapa perusahaan masih ada yang menggunakan system absensi secara manual yang mana akan mempersulit untuk data laporan dll, oleh karena itu penulis ingin mengembangkan absensi ini menggunakan absensi biometrik, dengan face dan voice, agar dapat tercipta suatu sistem yang terstruktur dan dapat mempermuda laporan absensi pegawai Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan sebuah sistem yaitu Aplikasi Absensi Biometrik merupakan teknologi yang menggunakan Smartphone Android sebagai alat penghubung dalam absensi dan dengan beberapa fitur yang terdapat pada Smartphone Android yaitu camera dan microphone sebagai media komunikasinya. Hasil yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah membangun sebuah sistem yang dapat mempermudah dalam penggunaan absensi. Sistem ini akan dibangun menggunakan web dan menggunakan perangkat Smartphone Android sebagai media untuk melakukan absensi. Diharapkan sistem ini dapat membantu pegawai magang untuk mempermudah melakukan absensi.
  • Item
    IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE SEBAGAI PENDUKUNG ANALISIS PRODUKTIVITAS SISWA DAN GURU DI SD MERAIH BINTANG
    (Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Widyatama, 2023) Maulidya, Alfina Nilam
    Sekolah Dasar (SD) Meraih Bintang, sebuah lembaga pendidikan swasta yang didirikan pada tahun 2020, saat ini masih mengelola data siswa dan guru secara manual menggunakan dokumen berbentuk word yang disimpan dalam bentuk kertas dan arsip. Kondisi ini menyebabkan efisiensi dan akurasi monitoring data siswa dan guru oleh pihak eksekutif menjadi kurang optimal. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan implementasi Business Intelligence (BI) dengan pendekatan roadmap BI. Proyek ini akan melibatkan beberapa langkah kunci. Pertama, perlu dilakukan analisis mendalam terhadap kebutuhan sekolah terkait pengelolaan data dan informasi yang diperlukan oleh pihak eksekutif. Selanjutnya, akan dilakukan perancangan dan implementasi data warehouse dengan menggunakan alat Pentaho Data Integration (PDI) untuk mengelola proses Ekstraksi, Transformasi, dan Pemuatan (ETL) data dari berbagai sumber. Langkah berikutnya adalah memanfaatkan Microsoft Power BI, alat visualisasi data yang handal, untuk menghasilkan dashboard interaktif. Dashboard ini akan menyajikan informasi secara jelas dan intuitif, termasuk data siswa per kelas, perkembangan nilai, absensi guru, dan indikator kinerja kelas. Dengan menerapkan solusi BI ini, SD Meraih Bintang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data dan mengurangi potensi kesalahan manusia.
  • Item
    PEMBANGUNAN SISTEM INVENTORI PADA RUMAH MAKAN SOTO SADANG ASLI PURWAKARTA REST AREA KM 57
    (Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Widyatama, 2013) Kurniawan, Doni
    Sistem inventori merupakan suatu sistem untuk mengelola persedian stock barang. Sistem inventori kini sudah banyak digunakan oleh rumah makan berkembang padaumumnya, terutama dalam hal pengelolaan stock barang.stock barang sangat dalam setiap rumah makan sangat penting Rumah makan Soto Sadang Asli Purwakarta yang bergerak dalam bidang makan di kota Purwakarta yang berbentuk makan siap saji. dalam mengelola stock barang masuk keluar dan laporan stock barang ketika dibutuhkan oleh rumah makan. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumah makan memiliki keinginan untuk memanfaatkan teknologi informasi secara baik melalui pembangunan sistem inventori, dikarenakan sistem kegiatan pengelolaan stock barang rumah makan di gudang saat ini belum dirasa maksimal oleh perusahaan. Sistem inventori ini menggunakan metode FIFO (First in First out) untuk mengatur masuk keluar sisa stock barang dirumah makan ke gudang. Model pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah waterfall dan model aliran data yang digunakan adalah UML (Unified Modeling Language). Bahasa pemrograman menggunakan VB 6.0 dan database Microsoft Access. Sistem dibangun dengan konsep user friendly, sehingga sistem dilengkapi dengan interface yang mudah dipahami dan dibuat semenarik mungkin.
  • Item
    JAPANESE MUSIC CHANNEL SEBAGAI MEDIA PROMOSI KOMUNITAS J-MUSIC DI BANDUNG
    (Program Studi D3 Bahasa Jepang Fakultas Ilmu Bahasa Universitas Widyatama, 2016) Wiguna, Adi
    Kebutuhan akan informasi pada zaman yang serba canggih saat ini mendorong akan permintaan masyarakat untuk mendapatkan berita yang actual dan terpercaya. Tentunya melalui media elektronik, informasi tersebut akan lebih cepat di konsumsi oleh publik, selain itu melalui media elektronik informasi dapat dinikmati secara visual. Atas dasar ini GET!!! TV J-Music Channel menjadi media promosi bagi komunitas J-music agar lebih berkembang lagi di masa depan. Penulis melaksanakan PKL di GET!!! TV J-Music Channel yang dilaksanakan terhitung dari tanggal 20 Januari 2016 s.d 23 Februari 2016. GET!!! TV J-Music Channel berlokasi di Jl.Babakan Sukaresik No.32 Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi Bandung 40163 Jawa Barat. Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan GET!!! TV J-Music Channel mempromosikan band lokal yang berkiblat ke musik Jepang dan band Jepang itu sendiri di Bandung, selain itu cara GET!!! TV J-Music Channel membuat segmen-segmen yang mudah menarik hati para penonton sehingga dapat menyebarluaskan kultur Jepang di Indonesia. Dalam penulisan Tugas Akhir ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode untuk pembuatan laporan melalui pengamatan langsung di lapangan dan pengumpulan data dari perusahaan. Selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan, penulis ditugaskan oleh pihak perusahaan di bagian produksi yang bertugas untuk membuat skenario, naskah, dan segala hal yang akan dilakukan pada saat shooting berlangsung. Dari Praktek Kerja Lapangan ini penulis mendapat kesimpulan bahwa GET!!! TV J-Music Channel sebagai media promosi yang berfokus kepada JMusic berperan dalam perkembangan musik di Bandung khususnya untuk para musisi yang baru saja memulai karirnya, dan juga pengemasan segmen acara GET!!! TV J-Music Channel yang seru dan unik dapat menarik perhatian penggemar musik Jepang di Bandung.