Informatics - Bachelor
Permanent URI for this collection
Browse
Recent Submissions
- ItemIDENTIFIKASI KEMEMARAN BUAH APEL MENGGUNAKAN EKSTRAKSI CIRI GLCM DAN KLASIFIKASI SVM(Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Widyatama, 2020) Maulana, AndriansyahIdentifikasi memar adalah salah satu bagian penting dalam menentukan kualitas dari buah apel. Deteksi yang dilakuan secara manual memiliki beberapa keterbatasan yaitu sangat memakan waktu, membutuhkan tenaga kerja yang intensif dan dipengaruhi oleh pengamatan manusia. Penelitian ini menggunakan apel Granny Smith, Citra Apel yang sudah disesuaikan ukurannya menjadi 100x100 piksel kemudian diubah menjadi citra grayscale. Dalam tugas akhir ini menggunakan ekstraksi ciri GLCM yang berfungsi untuk melakukan ekstraksi ciri terhadap citra buah apel grayscale, dan klasifikasi menggunakan SVM yang berfungsi untuk melakukan klasifikasi terhadap buah apel, apakah buah apel tersebut termasuk buah apel yang memar atau buah apel yang tidak memar. Algoritma diimplementasikan menggunakan matlab R2017b. Penelitian ini menggunakan dataset sebanyak 1000 citra buah apel Granny Smith yang terdiri dari 500 citra buah apel Granny Smith memar dan 500 citra buah apel Granny Smith yang tidak memar. Sistem nantinya akan melakukan pelatihan dengan melakukan random terhadap dataset untuk dijadikan data latih berdasarkan jumlah presentase data latih yang dimasukan oleh user. Pengujian dilakukan menggunakan sistem, sistem nantinya akan melakukan pengujian dengan melakukan random terhadap dataset untuk dijadikan data uji berdasarkan jumlah presentase data uji yang dimasukan user. Hasil pengujian terbaik adalah pengujian berdasarkan jenis kernel dengan menggunakan 70 % data latih dan 30 % data uji serta jarak GLCM 10 cm menghasilkan tingkat akurasi data latih 92 % dan akurasi data uji 92,97 %.
- ItemRANCANG BANGUN DETEKSI KENDARAAN DENGAN METODE ANPR PADA MULTI LANE FREE FLOW(Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Widyatama, 2022) Yumardila, Viriansyah EkaTeknologi ANPR merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk membaca Plat Nomor pada Kendaraan Bermotor. Metode ini dapat bekerja melalui citra image atau menggunakan video baik hasil rekaman atau real time. Metode ANPR dapat digunakan di berbagai bidang seperti tempat parkir, tilang elektronik (ETLE) dan juga untuk jalur bebas hambatan (jalan tol). terdapat beberapa metode algoritma yang dapat dipakai pada teknologi ANPR, salah satunya metode algoritma KNN. Metode KNN ini bekerja dengan mengambil sejumlah K data terdekat (tetangga) sebagai acuan untuk menentukan kelas dari data baru. Kali ini peneliti membuat Rancang Bangun Deteksi Kendaraan Dengan Metode ANPR Pada Multi Lane Free Flow menggunakan metode algoritma KNN. Sistem tersebut bekerja dengan cara melakukan take picture melalui Webcam, kemudian hasil image tersebut akan di proses pada program dan hasil output dari proses tersebut akan dicocokkan dengan database yang ada. Hasil akhir dari program ini berupa hasil citra image yang sudah ditambahkan berupa string teks pada citra image dan memberikan informasi hasil dari pembacaan juga sisa saldo saat ini melalui E-Mail kepada para pengguna yang sudah terdaftar.
- ItemAPLIKASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID(Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Widyatama, 2022) Sihombing, Sinta MonikaPendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jalur pendidikan nonformal yang melaksanakan program pembelajaran secara fleksibel. Sistem monitoring sangat diperlukan pada lembaga pendidikan khususnya PAUD yang mengelola data guna menghasilkan informasi perkembangan anak yang akurat, relevan dan tepat waktu. Pendidikan adalah suatu sarana pembelajaran dimana kita dapat mengetahui atau mendasari ilmu pengetahuan yang sangat luas dan mencakup banyak aspek melalui sebuah pengajaran. Salah satu cara/metode yang mungkin menarik minat pada anak usia dini untuk mau belajar adalah dengan bermain,melihat sebuah video menarik atau berlatih soal" yang bisa menuntun anak tersebut agar bisa terbiasa untuk menerapkan kegiatan belajar di kehidupannya sehari-hari. Tujuan diterapkannya pendidikan dari mulai usia dini adalah melatih dan mengajarkan etika-etika yang sudah harus diterapkan dari mulai kecil, contohnya etika dalam beragama, etika moral, dll. Sehingga diwaktu sudah beranjak dewasa, anak tersebut sudah paham dengan hal-hal apa saja yang boleh dilakukan dan hal-hal apa saja yang harus dihindari. Sistem pembelajaran berbasis android dapat membantu suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menghilangkan rasa bosan. Metode pengumpulan data yang akurat dapat diketahui melalui metode observasi, dan studi pustaka. Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem yaitu menggunakan metode waterfall (metode dilakukan secara terstuktur dan sistematis (berurutan) sesuai dengan siklus pengembangan yang ada). Berdasarkan hasil dari pengolahan data yang dilakukan selama proses pengumpulan data, maka dihasilkan rancangan sistem informasi berbasis androis yang dapat memonitor perkembangan dari anak usia dini yang harapannya mampu memberikan solusi dari permasalahan yang dialami oleh taman kanak-kanak.
- ItemPENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN AKSARA KOREA (HANGEUL) MENGGUNAKAN FRAMEWORK REACT NATIVE(Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Widyatama, 2022) Rigita, Silvia AmandaPengaruh budaya Korea Selatan yang semakin mendunia membuat banyak masyarakat tertarik banyak hal yang berhubungan dengan budaya Korea. Salah satu hal yang banyak diminati adalah mempelajari bahasanya. Bahasa Korea memiliki tulisan yang berbeda, tidak seperti pada umumnya yang menggunakan huruf alfabet, bahasa Korea memiliki tulisannya sendiri yang disebut dengan Hangeul. Karena perbedaan tulisan ini, membuat masyarakat yang tertarik belajar bahasa Korea cukup merasa kesulitan untuk mempelajarinya. Maka dari itu, sebelum ingin mendalami bahasanya, diwajibkan untuk mempelajari serta menghafal tulisan Hangeul terlebih dahulu. Perkembangan teknologi yang begitu pesat bisa dimanfaatkan untuk memecahkan permasalahan ini. Pengembangan aplikasi mobile pembelajaran aksara Korea sangat diperlukan bagi mereka yang ingin mempelajari tulisan Korea sebelum lanjut ke tingkat pembelajaran bahasanya. Aplikasi ini dibangun menjadi aplikasi berbasis android menggunakan bahasa pemograman Javascript dengan framework React Native. Metode yang digunakan dalam proses pengembangan perangkat lunak adalah waterfall. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi inilah, aplikasi pengenalan dan pembelajaran aksara Korea dapat memudahkan masyarakat yang tertarik untuk belajar Hangeul. Aplikasi ini menjadi solusi bagi mereka yang ingin mempelajari Hangeul di mana pun dan kapan pun tanpa memerlukan koneksi internet.
- ItemVIDEO ANIMASI SOSIALISASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK(Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Widyatama, 2022) Karyani, RitaPosyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan dengan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari masyarakat, oleh masyarakat, untuk masyarakat, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan sosial dasar di Posyandu. Pelaksanaan Pembangunan di Kota Bandung yang dilaksanakan selama ini tidak terlepas dari orientasi strategi pembangunan yang dilakukan dengan berkembangnya paradigma dan spirit yaitu: Otonomi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat, dengan harapan dapat membangun kehidupan yang lebih demokratis, menempatkan hak-hak masyarakat dan aspirasi dari bawah dalam posisi sentral yang harus menjadi perhatian pemerintah dan jajaranya yang dilakukan dengan metode Pemberdayaan Masyarakat sebagai salah satu spirit perubahan masyarakat. Salah satu kegiatan yang dikembangkan dalam Program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat di Kota Bandung adalah Posyandu, dimana Posyandu merupakan salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat yang diselenggarakan dari masyarakat, oleh masyarakat, untuk masyarakat dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan kebutuhan sosial dasar masyarakat melalui pelayanan di Posyandu yang terintegrasi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi di lapangan mecari bentuk tekstur untuk membuat animasi dan juga wawancara semi terstruktur pada DP3A. Penulis menemukan bahwa DP3A telah melakukan Upaya Pengembangan SDM Posyandu.