KAMPANYE PENYELAMATAN SATWA LANGKA ELANG JAWA

No Thumbnail Available
Date
2014
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) adalah burung nasional Indonesia karena kemiripannya dengan Garuda dan juga merupakan simbol jenis satwa langka di Indonesia. Elang Jawa hanya terdapat di Pulau Jawa dan penyebarannya terbatas di hutan-hutan. Sebagai predator puncak, Elang Jawa memainkan peran yang penting dalam menjaga keseimbangan dan fungsi dari bioma hutan di Jawa. Elang Jawa merupakan salah satu jenis burung pemangsa terlangka di dunia. Berdasarkan kriteria keterancaman terbaru dari IUCN, Elang Jawa dimasukan dalam kategori Endangered atau “Genting”. Badan Konservasi Dunia (International Union for Conservation of Nature/IUCN) memasukkan elang jawa ke dalam “daftar merah” sebagai satwa terancam punah (threatened) dengan kategori genting atau endangered. Selanjutnya, elang jawa masuk Apendiks I Konvensi Internasional untuk Perdagangan Spesies Terancam Punah (the Convention on International Trade in Endagered Species of Wild Fauna and Flora/CITES). Perancangan visual kampanye dibuat dengan visualisasi yang mewakili masalah yang akan diangkat. Implementasi konsep menjadi desain sebagai pemecahan permasalahan, digagas menggunakan pendekatan bidang desain komunikasi visual (spesifik pada ilmu desain grafis).
Description
Keywords
Kampanye
Citation