KAMPANYE PENYELAMATAN SATWA LANGKA ELANG JAWA
No Thumbnail Available
Date
2014
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) adalah burung nasional Indonesia karena kemiripannya
dengan Garuda dan juga merupakan simbol jenis satwa langka di Indonesia. Elang Jawa hanya terdapat
di Pulau Jawa dan penyebarannya terbatas di hutan-hutan. Sebagai predator puncak, Elang Jawa
memainkan peran yang penting dalam menjaga keseimbangan dan fungsi dari bioma hutan di Jawa.
Elang Jawa merupakan salah satu jenis burung pemangsa terlangka di dunia. Berdasarkan kriteria
keterancaman terbaru dari IUCN, Elang Jawa dimasukan dalam kategori Endangered atau “Genting”.
Badan Konservasi Dunia (International Union for Conservation of Nature/IUCN) memasukkan elang
jawa ke dalam “daftar merah” sebagai satwa terancam punah (threatened) dengan kategori genting
atau endangered. Selanjutnya, elang jawa masuk Apendiks I Konvensi Internasional untuk
Perdagangan Spesies Terancam Punah (the Convention on International Trade in Endagered Species
of Wild Fauna and Flora/CITES).
Perancangan visual kampanye dibuat dengan visualisasi yang mewakili masalah yang akan
diangkat. Implementasi konsep menjadi desain sebagai pemecahan permasalahan, digagas
menggunakan pendekatan bidang desain komunikasi visual (spesifik pada ilmu desain grafis).
Description
Keywords
Kampanye