PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CLOTHING WADEZIG!
No Thumbnail Available
Date
2013
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Dunia clothing saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga perusahaan yang bergerak di bidang ini saling berlomba untuk menarik calon konsumen sesuai dengan target market yang mereka tentukan. Menggunakan artis yang terkenal dalam bidangnya adalah salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang Fashion dan Clothing saat ini disebut juga sebagai Celebrity Endorser.
Celebrity Endorser dapat menjadi suatu pertimbangan yang mempengaruhi keputusan pemebelian. Maka dari itu harus diketahui dengan benar apakah Endorser tersebut merupakan pilihan yang tepat dan memenuhi kriteria Physical Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, Respect, Similarity karena hal tersebut yang akan menentukan kesuksesan Endorser tersebut dalam mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.
Penelitian yang berjudul Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian di clothing Wadezig! ini menggunakan Metode Deskriptif dan Metode Survei untuk memperoleh data dari sebagian populasi atau sampel responden. Dalam penelitian ini penulis menyebarkan 50 kuesioner kepada konsumen Wadezig!. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa konsumen telah memberikan respon yang positif mengenai Celebrity Endorser yang dilakukan Wadezig! dan dinilai baik, karena nilai rata-rata 3,88 berada pada interval 3,40 – 4,19. Keputusan Pembelian Konsumen clothing Wadezig! dapat dikatakan tinggi karena nilai rata-rata adalah 3,77 berada pada interval 3.40 – 4,19.
Berdasarkan perhitungan korelasi Rank Spearman diperoleh nilai rs 0,627. Karena nilai rs berada pada interval 0,600 – 0,799, sehingga dapat dikatakan bahwa hubungan antara Celebrity Endorser dan keputusan pembelian dapat dikatakan kuat dan searah. Sedangkan menurut koefesien determinasi bahwa besarnya kontribusi Celebrity Endorser clothing Wadezig! terhadap Keputusan Pembelian sebesar 39,31% sementara sisanya 60,69% dipengaruhi variabel lainnya seperti kualitas produk dan harga. Dari perhitungan statistik uji t, nilai thitung 5,576 lebih besar dari ttabel 1,678, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis Celebrity Endorser berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian clothing Wadezig! dapat diterima.
Description
Keywords
Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian, Rank Spearman