PENGEMBANGAN SITUS PROMOSI PARIWISATA PULAU FLORES BERBASIS KOLABORASI
No Thumbnail Available
Date
2012-06-30
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Seminar Nasional Informatika,Jurusan Teknik Informatika, UPN Veteran Yogyakarta
Abstract
Perkembangan teknologi internet membuat ICT menjadi enabler bagi berbagai proses bisnis, termasuk
pariwisata.. Kehadiran ICT memungkinkan diterapkannya teknologi pemasaran baru melalui teknologi berbasis
webyang menibulkan berbagai peluang di bidang industri wisata seperti perjalanan wisata, akomodasi dan
organisasi tujuan wisata. Semua informasi ini sebaiknya dipadukan secara integrasi sehingga semua informasi
didapat dalam bentuk “one stop shopping”. Kehadiran web juga memungkinkan timbulnya gaya interaksi baru
antar pengguna web yang dikenal sebagai web collaboration.
Flores memiliki wisata yang belum dikelola dengan baik selain Taman Nasional Komodo, Taman Nasional
Danau Kelimutu, perburuan ikan paus di Lamalera yang masih menggunakan peralatan tradisional, dll. Data
terakhir menunjukkan kunjungan wisatawan di Pulau Flores pada 2010 hanya 2,08 persen dibandingkan
dengan wisatawan asing yang berkunjung ke Pulau Bali. Oleh karena itu akan dibangun sebuah aplikasi wisata
yang memberi kesempatan para pengusaha untuk mendaftarkan dirinya dan mempublikasikan usahanya
langsung dengan rancangan tampilan yang mudah digunakan.
Kolaborasi web didefinisikan sebagai pemanfaatan teknologi web dan internet yang memungkinkan para
pengguna untuk berkomunikasi secara langsung, tanpa terikat tempat dan waktu, sehingga meminimalisasi
biaya dan menghemat waktu. Bentuk-bentuk kolaborasi berbasis web memudahkan tersebarnya informasi dan
melibatkan user secara aktif untuk membangun informasi tersebut ataupun melakukan penambahan atau koreksi
atas informasi yang sudah ada.
Description
Keywords
Promosi Wisata, Pulau Flores, Kolaborasi Web