ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK SHAR-E BANK MUAMALAT INDONESIA

No Thumbnail Available
Date
2013-10-23
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Seminar Nasional, Program Studi Pendidikan Ekonomi Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh faktor agama, teknologi, fasilitas, dan pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk Shar-E pada Bank Muamalat Indonesia. Variabel yang menjadi fokus penelitian ini adalah Agama (X1), Teknologi (X2), Fasilitas (X3), Pelayanan (X4) sebagai variabel bebas dan Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden yang tersebar di wilayah DKI Jakarta. Teknik analisisnya menggunakan regresi linier berganda dan hipotesis dari uji T & uji F. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel agama, teknologi, fasilitas, dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk Shar-E sebesar 93,2%, sedangkan sisanya sebesar 6,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya, seperti motif pembelian dari budaya setempat(etnik khas). Sedangkan hasil pengujian, baik secara parsial (uji T) maupun simultan (uji F) masingmasing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian produk Shar-E.
Description
Keywords
Shar-E, Nasabah, Keputusan Pembelian
Citation