TINJAUAN SALURAN DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTUCTURE, Tbk
No Thumbnail Available
Date
2012
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Laporan tugas akhir ini merupakan hasil dari penelitian mengenai
pelaksanaan pemasaran yang dilakukan oleh PT Primarindo Tbk. (Thomkins)
terutama mengenai bauran saluran distribusi dalam peningkatan penjualan maka
dari itu penulis mengambil judul “Tinjauan Saluran Distribusi Dalam
Meningkatkan Volume Penjualan PT. Primarindo Asia Infrastructure Tbk.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan distribusi yang
dilakukan oleh PT. Primarindo. Primarindo adalah perusahaan yang bergerak
dalam industri sepatu. Bagi setiap perusahaan distribusi merupakan salah satu
faktor yang sangat penting dalam meningkatkan volume penjualan.
Dalam menyusun Tugas Akhir ini penulis mengguanakan metode
deksriptif menurut Ibu Hadjar, M.Ed metode deskriptif yaitu suatu metode yang
mendeskripsikan apa-apa yang saat ini berlaku dan didalamnya terdapat upaya
mendeskripsikan, menganalisis dan menginterprestasikan kondisi-kondisi yang
sedang terjadi.
Saluran distribusi yang digunakan PT. Primarindo dalam menggunakan
tidak langsung dari data yang telah diperoleh penulis mencoba menganalisis jenis
saluran mana yang lebih efisien dari analisis yang diperoleh penulis mendapatkan
saluran distribusi langsung lebih tinggi efisiensinya daripada saluran distribusi
tidak langsung.
Dalam melaksanakan distribusi PT Primarindo mengalami berbagai
kendala antara lain: perencanaan pencarian agen dan distributor yang andal dan
keterlambatan pengangkutan/transportasi.
Untuk mengatasi masalah yang dihadapi PT Primarindo dalam penyaluran
distribusi antara lain: Agen dan Distribusi harus memiliki cakupan area yang luas
serta memiliki keunggulan tersendiri sehingga produk dapat terdistribusi secara
merata, mempersiapkan bagian pengiriman agar benar-benar siap untuk mengirim
produk dengan rentang waktu 24 jam kerja. Dengan demikian barang akan tepat
waktu sampai ke tujuan.
Dari penelitian yang dilakukan penulis mengambil kesimpulan bahwa PT
Primarindo lebih baik menggunakan saluran distribusi langsung karena terbukti
lebih efisien daripada saluran distribusi tidak langsung, perusahaan harus bisa
mencari agen dan distributor yang berkualitas,serta dapat mengatasi keterlambatan
pengangkutan dan transportasi.
Description
Keywords
Saluran Distribusi, Penjualan