PENGARUH KEBERADAAN FASILITAS PRAKTIKUM MANAJEMEN TERHADAP NIAT MAHASISWA MENGAMBIL KONSENTRASI MANAJEMEN KEUANGAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN PADA FAKULTAS BISNIS & MANAJEMEN PROGRAM STUD1 S-1 UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG

No Thumbnail Available
Date
2010
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Penelitian Internal Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana niat mahasiswa mengambil konsentrasi bidmg manajemen setelah mereka menempuh kuliah praktikum manajemen. Masalah yang akan diteliti dalam peilelitian ini adalah mengenai persepsi mahasiswa terhadap fasilitas praktikiun manajemen dan hubungannya dengan niat mahasiswa mengambil konsentrasi bidang manajemen. Penelitian ini menggunakan metode metode deskriptif dan metode verifikatif dengan pendekatan survei dengan sarnpel sebanyak 260 mahasiswa Fakultas Bisnis & Manajemen Universitas Wi&jatama yang aktif melakukan herregistrasi pada semester genap tahun akademik 20091201 0. Sample yang diambil merupakan mahasiswa angkatan 2006,2007, dan 2008 yang telah menempuh mata kuliah praktikurn manajemen. Analisis data menggunakan alat statistika parametric dengan analisis korelasi Rank Spearman dan pengolahan data melalui melalui perangkat lunak SPSS V. 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa item fasilitas dan pelaksanaan praktikum manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia dan manajemen operasi memadai, baik dan lancar untuk mendukung proses belajar mengaj& Selanjutnya item pernyataan mahasiswa mengambil konsentrasi manajemen keuangan dan manajemen pemasaran dipersepsikan bahwa kedua konsentrasi ini dapat dijadikan pilihan berkarir ketika mahasiswa menyelesaikan studinya, sedangkan untuk niat mahasiswa mengambil konsentrasi manajemen sumber daya manusia dan manajemen operasi direspon dengan sikap tidak berpendapat. Hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap fasilitas praktikum manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia dan manajemen operasi dengan niat mahasiswa mengambil konsentrasi manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia dan manajemen operasi adalah rendah secara signifikan. Sedangkan hubungan antara manajemen keuangan, pemasaran, sumber daya manusia dan operasi dengan konsentrasi bidang manajemen yang tidak searah menunjukkan hubungan masing-masing fasilitas praktikum dengan konsentrasi bidang manajemen tidak memiliki hubungan secara signifikan karena memang fingkat korelasinya sangat rendah.
Description
Keywords
FASILITAS PRAKTIKUM, MANAJEMEN KEUANGAN, MANAJEMEN PEMASARAN, FAKULTAS BISNIS & MANAJEMEN, UNIVERSITAS WIDYATAMA
Citation
Collections