PEMBANGUNAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DENGAN STUDI KASUS TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS WIDYATAMA

No Thumbnail Available
Date
2010-07-15
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Konsep yang terkenal dengan sebutan e-learning membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi dan sistemnya. Penelitian yang dilakukan di Jurusan Teknik Informatika Universitas Widyatama sendiri belum diterapkan sebuah konsep pembelajaran e-learning sebagai pendukung proses belajar mengajar, tetapi masih konvensional yang selama ini diterapkan. Tapi berdasarkan survei dengan menggunakan kuesioner dengan responden mahasiswa Jurusan Teknik informatika Universitas Widyatama dapat disimpulkan bahwa dalam hal sumber daya kita sudah siap masuk dalam dunia pembelajaran online atau e-learning sehingga dibutuhkan suatu fasilitas mahasiswa untuk belajar mandiri. Untuk menunjang mahasiswa belajar mandiri diperlukan fasilitas e-learning yang memadai. Di Universitas Widyatama sudah ada koneksi internet maka e-learning bisa diterapkan. Dan perlu dukungan perangkat lunak e-learning, pembangunan perangkat lunak e-learning dengan menggunakan Fountain Model dengan tools Unified Modeling Language (UML). Perangkat lunak e-learning yang dibangun secara umum disebut dengan Learning Management System (LMS).
Description
Keywords
Learning Management System, Pembangunan
Citation