PENERAPAN MARKETING AUTOMATION DENGAN METODE K-MEANS CLUSTERING DAN FUZZY-AHP UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Informatika Fakultas Teknik Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan menerapkan CRM (Customer Relationship Management). CRM adalah fungsi terintegrasi yang menunjang sebuah perusahaan dalam bidang penjualan yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan potongan harga atau diskon kepada pelanggan. Tetapi hal ini menjadi suatu masalah apabila memberikan diskon dengan nominal yang sama kepada setiap pelanggan, hal itu dikarenakan setiap pelanggan dapat melakukan transaksi yang berbeda-beda. Disini diperlukan adanya pengelompokan pelanggan dari yang sering melakukan transaksi dan tidak, dan masalah itu dapat dibantu dengan metode K-Means Clustering. K-Means Clustering dapat membuat pengelompokan pelanggan. Setelah pengelompokan pelanggan, maka perlu diketahui kelompok siapa saja yang mempunyai nilai dari yang tertinggi hingga yang terendah. Maka dari itu diperlukanlah Fuzzy-AHP, metode Fuzzy-AHP dapat memberikan nilai bobot pada setiap kelompok pelanggan yang dapat menghasilkan perangkingan dari setiap kelompok pelanggan.
Description
Keywords
Citation