ANALISA STRATEGI BERSAING DAN SWOT ANALISIS PT. CAPRIFARMINDO DALAM UPAYA MENGHADAPI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) SECARA MENYELURUH PADA TAHUN 2019
No Thumbnail Available
Date
2018
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Persaingan di industri farmasi sangat ketat dan di tahun 2014 terdapat 206 perusahaan farmasi. Untuk memenangkan persaingan perusahaan farmasi dituntut untuk merumuskan dan melaksanakan strategi bersaing yang sesuai dengan kemampuan internal perusahaan dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan eksternal perusahaan. PT. Caprifarmindo Laboratories telah merumuskan dan melaksanakan strategi dalam bersaing dengan mempertimbangkan arahan dari strategi global, prinsip perusahaan dan pengalaman yang dimiliki. Hal yang pertanyaan adalah apakah PT. Caprifarmindo Laboratories mampu memanfaatkan potensi pertumbuhan pasar yang menjanjikan dengan strategi yang telah ada saat ini. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi bersaing PT. Caprifarmindo Laboratories, menganalisis kondisi internal & eksternal perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara atau pemberian pertanyaan dan studi pustaka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menarik kesimpulan apakah strategi perusahaan masih efektif untuk diterapkan saat ini dan memberikan alternatif strategi untuk meningkatkan kemampuan bersaing dan pertumbuhan penjualan obat perusahaan di industri farmasi Indonesia. Untuk mengetahui keberhasilan strategi perusahaan saat ini penulis menggunakan indikator pertumbuhan penjualan perusahaan dibandingkan dengan pertumbuhan pasar farmasi nasional. Analisis ekternal seperti faktor porter’s five competitive dan forces driving forces digunakan untuk memaksimalkan peluang dan mengantisipasi tantangan dari lingkungan industri untuk memenangkan persaingan dalam industri farmasi Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dirumuskan dan diterapkan oleh PT. Caprifarmindo Laboratories masih belum efektif karena menghasilkan rerata pertumbuhan penjualan obat perusahaan di bawah rerata pertumbuhan pasar farmasi nasional, maka penulis mengusulkan perbaikan strategi untuk bisnis obat non resep. Rekomendasi yang diberikan adalah melakukan kegiatan continuous improvement untuk dapat selalu meningkatkan penghematan disemua sektor dan membangun kerjasama dan komunikasi dengan mitra strategis, kerjasama dengan pemerintah, penggunaan dan pengembangan teknologi dan restrukturisasi atau pengembangan organisasi dan sumber daya manusia harus tetap dilakukan dengan melakukan peningkatan penjualan sehingga meningkatkan rerata penjualan obat.
Description
Keywords
Analisis Strategi, Pertumbuhan Penjualan, Analisis Lingkungan Internal Perusahaan, Analisis Lingkungan Eksternal Perusahaan, Strategy Analysis, Sales Growth, Internal Corporate Environmental Analysis, External Company Environmental Analysis