Information System - Bachelor
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Information System - Bachelor by Issue Date
Now showing 1 - 20 of 333
Results Per Page
Sort Options
- ItemImplementasi Aplikasi E-Learning Dengan Menggunakan Moodle (Studi Kasus : Prodi Sistem Informasi)(Universitas Widyatama, 2010) Bhakti, R. Mohamad HerdianUniversitas Widyatama merupakan suatu lembaga pendidikan yang memberikan pelayanan dalam bidang pendidikan. Dengan cara belajar yang konfensional maka dapat menyebabkan belajar kurang maksimal, misalnya kondisi kelas yang tidak seimbang dengan jumlah mahasiswa, dll. Pada laporan tugas akhir ini diajukan implementasi E-Learning dengan menggunakan moodle untuk mengatasi masalah di atas. Dengan menggunakan sistem yang berbasis web makan akan sangat mudah di akses oleh semua mahasiswa dan kapan saja. Dengan adanya sistem E-Learning ini maka dapat mengatasi masalah yang terjadi pada saat proses pembelajaran berlangsung, dosen dapat memberikan materi dengan lengkap dan mahasiswa akan lebih leluasa untuk bertanya dengan dosen.
- ItemSISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET KENDARAAN DI UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG(Universitas Widyatama, 2010) Ismail, IrwanUniversitas Widyatama merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan. Untuk mendukung dalam proses kerjanya diperlukan asset diantaranya berupa kendaraan. Sistem Informasi Manajemen Aset Kendaraan di bangun untuk memfasilitasi bagian pemeliharaan dalam melakukan service kendaraan dan mengontrol SparePart. Dalam proses manajemen asset kendaraan ini terdiri dari pengelolan SparePart, kendaraan, transaksi service kendaraan, dan pembuatan laporan bulanan. Sistem informasi ini dibangun dengan menggunakan aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0 dan Microsoft access 2003 sebagai data basenya. Metode yang digunakan untuk analisis dan perancangan sistem adalah metoda Data Flow Oriented dengan menggunakan tools Data Flow Diagram (DFD). Perancangan basis data menggunakan model relasi dengan tool Entity-Relationship Diagram (E-R Diagram). Hasil dari Tugas akhir ini adalah Sistem Informasi Manajemen Aset Kendaraan. Dimana sistem ini memiliki kemampuan untuk mengelola kendaraan, SparePart, dan membuat laporan surat tiap periode. Sehingga perangkat lunak ini dapat membantu kinerja Pegawai Bagian Pemeliharaan dalam mengontrol SparePart kendaraan.
- ItemAPLIKASI PENGGAJIAN PERUSAHAAN CV. JAYA SAKTI ELEKTRONIK(Universitas Widyatama, 2012) Setiadi, Aji BowoProgram penggajian saat ini telah menjadi bagian yang penting dalam menyambut era moderen saat ini, sebuah perusahaan harus mampu untuk mengikuti perubahan yang terjadi baik di dalam maupun di luar perusahaan, keterlambatan sering terjadi dalam memproses gaji karyawan yang disebabkan penumpukan proses pembayaran gaji yang masih dilakukan secara manual, karena data harus dicatat atau diproses berulang kali dalam upaya menyusun laporan gaji karyawan. Solusi mengatasi masalah keterlambatan penggajian kepada karyawan dan untuk mencegah berkurangnya produktivitas perusahaan dengan menggunakan aplikasi penggajian yang terkomputerisasi. Dan bagi perusahaan yang mempunyai karyawan yang cukup besar, maka karyawan juga menjadi masalah yang harus dipecahkan. CV. Jaya Sakti Elektronik merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan mesin dan air minum Furnal’s. CV. Jaya Sakti Elektronik dalam pembuatan mesin air minum memiliki 4 kategori yaitu mesin air minum cup, mesin air minum botol, mesin air minum galon dan mesin isi ulang air minum galon. CV. Jaya Sakti Elektronik juga memproduksi air minum sendiri yang diberi label air minum Furnal’s berupa cup, botol dan galon. Metode pendekatan yang digunakan dalam perancangan sistem ini adalah metode pendekatan berorientasi objek dengan menggunakan waterfall sebagai metode pengembangannya. Alat yang digunakan untuk merancang sistem, yaitu UML (Unified Modeling Language), use case diagram, activity diagram, class diagram, sequence diagram, collaboration diagram, dan component diagram. Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara dan penelitian kepustakaan. Dan aplikasi yang digunakan dalam pembuatan sistem yaitu Pascal dan Microsoft Access. Sistem aplikasi penggajian yang dirancang dapat memberikan kemudahan, keakuratan bagi user dalam proses penggajian.
- ItemAPLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN UMKM BINAAN BPPKU KADIN KOTA BANDUNG(Universitas Widyatama, 2012) Ibrahim, Irawan MaulanaSistem Informasi Geografis atau Geographic Information System (disingkat GIS) adalah sistem informasi khusus untuk mengelola data yang memiliki informasi spasial. Atau dalam arti yang lebih sempit, GIS adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis serta data yang teridentifikasi menurut lokasinya, Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini, memunculkan suatu ide atau gagasan dari penulis untuk mencoba mengimplementasikan salah satu program aplikasi SIG ke dalam aktifitas pemetaan UMKM Binaan BPPKU Kadin Kota Bandung. Penulis mencoba membangun sebuah aplikasi yang membantu untuk mempermudah dalam pencarian informasi mengenai UMKM binaan kadin Kota Bandung, serta mempermudah dalam pencarian alamat karena sudah di lengkapi dengan antar muka peta 2 dua dimensi serta pencarian UMKM secara otomatis. Sistem yang akan di buat adalah “Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pemetaan UMKM Binaan BPPKU Kadin Kota Bandung” sistem ini dibangun mengunakan aplikasi Map Info 7.5 untuk mengolah data peta dalam bentuk grafis pemetaan dan database Microsoft Visual Basic 6.0 sebagai interface sistem ini akan mengunakan metode Waterfall serta tool untuk pemodelan mengunakan UML ( Unified Modeling Langue ). Sistem yang dibuat, berfungsi untuk memberikan informasi UMKM binaan BPPKU Kadin Kota Bandung yang telah bekerja sama dengan Program Studi Sistem Informasi Universitas Widyatama, berupa pemetaan digital yang telah di sesuaikan berdasarkan kategori usaha masing-masing UMKM. Dalam aplikasi ini informasi yang di berikan meliputi Nama Perusahan, Alamat, Nomor Telepon, Omset Perusahaan, Jumlah Karyawan dan titik lokasi pada peta Kota Bandung sehingga memudahkan pencarian secara otomatis.
- ItemPERANGKAT LUNAK SISTEM ABSENSI KARYAWAN PADA BAGIAN TATA USAHA DI PUSAT SURVEI GEOLOGI(Universitas Widyatama, 2012) YuliantoAbsensi karyawan di pusat survey Geologi Bandung masih dilaksanakan secara manual, hal ini dapat di lihat dari pencatatan absen yang masih dilakukan manual melalui pembukuan. Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini, memunculkan suatu ide atau gagasan dari penulis untuk mencoba mengimplementasikan salah satu program aplikasi absensi. Pembangunan dan perancangan user interface aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemograman Microsoft Visual Basic 6.0, sedangkan perancangan databases dibangun menggunakan Microsoft Access. Untuk pembuatan reportnya menggunakan Seagate Crystal report. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah paradigma Waterfall dengan menggunakan tool Data Flow Diagram (DFD). Perancangan basis data menggunakan model relasi dengan tool Entity- Relationship Diagram ( E-R Diagram ). Hasil penelitian berupa aplikasi absensi karyawan di pusat survey Geologi Bandung yang merupakan aplikasi pengelolaan absensi dan mengelola cuti, izin, dan menghitung jumlah keterlambatan pegawai di bagian tata usaha Pusat Survei Geologi Bandung. Pada aplikasi ini pegawai mengelola beberapa proses yaitu olah data absensi, mengelola data cuti dan izin, serta dapat mencetak laporan absensi, laporan cuti dan izin secara periodik.
- ItemAPLIKASI CASH FLOW PADA CLOTHING DISTRO DEPABRIC MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL(Universitas Widyatama, 2012) Kamaruddin, HidayatArus kas adalah suatu analisis dari semua perubahan yang mempengaruhi kas dalam kategori operasi, investasi, dan keuangan. Laporan arus kas merupakan ringkasan transaksi keuangan yang berhubungan dengan kas tanpa memperhatikan hubungannya dengan penghasilan yang diperoleh maupun biaya-biaya yang terjadi. Dengan demikian subjek dari laporan arus kas adalah penerimaan dan pengeluaran kas. Distro merupakan trend berpakaian yang memfokuskan kalangan pemakainya pada usia remaja, sangat diminati oleh remaja-remaja sekolah dan mahasiswa. Dan kini distro pun menjadi salah satu persaingan dalam menjalankan Usaha Kecil Menengah (UKM). Kini telah banyak program aplikasi keuangan yang beredar di masyarakat luas, bahkan sudah memenuhi standar International dan digunakan dari berbagai kalangan. Tetapi pada kenyataannya tidak sedikit pula yang kurang paham dalam penggunaan maupun pembuatan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, penulis mencoba membuatkan sebuah aplikasi laporan keuangan yang cukup sederhana, yang diharapkan dapat membantu toko-toko distro dalam mencatat dan mengelola keuangan toko mereka. Aplikasi ini menggunakan Microsoft Excel, yang sangat mudah digunakan, tidak membutuhkan biaya besar, dan user friendly. Sistem yang akan dibuat adalah Aplikasi Cash Flow pada Distro Depabric. Aplikasi ini juga diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat mengenai sistem pengelolaan keuangan toko, mulai dari penjualan, pembelian hingga penghitungan rugi dan laba.
- ItemPEMBANGUNAN WEBSITE DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PATI JAWA TENGAH(Universitas Widyatama, 2012) Prayikno, Rosid Mansur HadiDinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pati Jawa Tengah mempunyai tugas melaksanakan sebagian urusan Pemerintahan Daerah berdasarkan azaz otonomi dan tugas pembantu di bidang kebudayaan dan pariwisata di bawah naungan Pemerintahan Kabupaten Pati Jawa Tengah.sebagai pusat informasi tentang kebudayaan dan pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pati Jawa Tengah sering menerbitkan informasi-informasi mengenai objek-objek pariwisata dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Pati yang dikemas melalui sebuah brosur yang sangat menarik.Tetapi banyak kelemahan dari brosur yang di cetak baik dari pengurus Dinas Pariwisata dan Kebudayaan maupun dari sisi pembaca seperti biaya percetakan yang mahal, jumlah isi dan halaman yang terbatas, dan pembuatan brosur dalam satu kali terbit membutuhkan waktu yang lama, sehingga berita tidak up to date.maka dapat disimpulkan Pembangunan Website Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pati Jawa Tengah sangat dibutuhkan baik dari pengurus instansi daerah maupun pembaca. Website Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pati Jawa Tengah yang akan dibuat adalah menggunakan tampilan edisi online. Edisi online, adalah dimana informasi-informasinya telah diatur dalam menu pengkategorian yang dapat memudahkan pembacanya. Pembaca dapat langsung memilih informasi yang benar-benar ingin dilihatnya pada saat itu tanpa perlu mencari terlebih dahulu. Biasanya berita-berita dan informasi yang dikeluarkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan adalah bersifat straight news atau berita langsung yang digunakan untuk menyampaikan kejadian penting yang secepatnya perlu diketahui pembaca. Pengembangan sistem ini dilakukan dengan menggunakan metode Waterfall, sedangkan tools untuk pemodelan menggunakan UML (Unifield Modeling Language). Bahasa pemrograman yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah PHP dan XAMPP untuk database.
- ItemMEDIA INFORMASI LOWONGAN KERJA BERBASIS WEB (Study Kasus di Universitas Widyatama Bandung)(Universitas Widyatama, 2012) Destinia, RiskiUniversitas Widyatama merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki kewajiban untuk menyedikan media informasi untuk memperkenalkan dunia kerja kepada para lulusannya. Maka dari itu di butuhkan suatu wadah atau media yang menyediakan informasi yang mampu memberikan informasi yang sangat di butuhkan oleh para lulusan, seperti informasi tentang lowongan kerja. Untuk mengatasi masalah tersebut di perlukan sebuah aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan para pencari kerja dimana setiap informasi lowongan pekerjaan dapat diketahui oleh semua pencari kerja pada khususnya semua lulusan Universitas Widyatama. Metode yang diajukan dalam pengembangan system yaitu Pengembangan sistem menggunakan analisa berorientasi objek dengan metoda waterfall dengan menggunakan tools Unified Modeling Language (UML) dan menggunakan Software Macromedia DreamWeaver 8, bahasa pemrograman PHP, MySQL Database Server dan tools PHPMyAdmin.
- ItemAPLIKASI PEMBELAJARAN BERMAIN GITAR BERBASIS MULTIMEDIA(Universitas Widyatama, 2012) Rosita, TitaPelajaran musik berbentuk buku atau video merupakan media pembelajaran yang statis dan tidak interaktif.Media pelajaran tersebut dianggap membosankan.Banyak musisi yang ingin mempelajari musik dengan cara yang dinamis dan interaktif.Karena itu perlu dibuat suatu aplikasi pembelajaran musik yang berbasis multimedia interaktif. Aplikasi pembelajaran Gitar Berbasis Multimedia adalah apalikasi yang memberikan pelajaran musik secara interaktif.Aplikasi ini merupakan salah satu media belajar berbasis multimedia untuk musisi pemula dalam mempelajari musik.Pembelajaran yang dibahas meliputi pelajaran dasar note dan chord.Setiap pelajaran tersebut disertai contoh suara dan gambar. Aplikasi ini dibuat dngan menggunakan software Macromedia Flash 8 sebagai pembuat animasi dan user interface.Juga digunakan software tambahan seperti macromedia Fireworks 8 dan adobe Photoshop 7.0 sebagai pembuat dan pengedit grafik,dan Cool Edit Pro 2.0 sebagai pembuat dan pengedit suara. Dari aplikasi ini berupa grafik dan animasi instrumen musik yang dapat ditekan dibeberapa bagian.Dengan demikian pengguna dapat dengan mudah menggunakan aplikasi ini karena aplikasi ini merupakan aplikasi yang user friendly.Karena itu pengguna dapat lebih cepat memahami isi dari pembelajaran yang diberikan oleh aplikasi ini.Hasil dari aplikasi ini berupa software yang dikemas dalam bentuk CD-ROM dan dijalankan secara autorun pada komputer.
- ItemAPLIKASI SISTEM INFORMASI JALUR ANGKUTAN KOTA DI BANDUNG BERBASIS ANDROID(Universitas Widyatama, 2012) Saragih, Deny RianovitaAngkutan kota merupakan transportasi umum yang sudah menjadi pilihan banyak masyarakat di kota Bandung terutama bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi untuk berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain tarif yang terjangkau, jumlah armada dan trayek angkutan kota di Bandung cukup banyak sehingga membuat calon penumpang tidak perlu menunggu lama. Namun, calon penumpang juga sering mengalami kesulitan dalam mencari angkutan kota untuk dapat sampai ke tempat tujuan. Hal itu dikarenakan calon penumpang tidak mengetahui jalur angkutan kota tersebut. Oleh karena itu, penulis mencoba membangun sebuah aplikasi yang akan membantu untuk mempermudah dalam mencari angkutan kota dan mendapatkan informasi jalur setiap angkutan kota serta informasi lokasi terminal atau tempat pemberhentian angkutan kota di Bandung yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Sistem yang akan dibuat adalah Aplikasi Sistem Informasi Jalur Angkutan kota di Bandung Berbasis Android. Sistem ini akan menggunakan metode waterfall serta tools untuk pemodelan menggunakan UML (Unified Modeling Language). Aplikasi ini akan dijalankan pada perangkat bergerak dengan system Android spesifikasi minimal versi 2.2 (Froyo) dan dalam kondisi internet serta perangkat GPS sedang menyala. Aplikasi ini diharapkan dapat juga digunakan pada banyak tipe perangkat bergerak dengan system operasi Android versi lainnya, serta dapat memberikan informasi dengan tampilan sederhana namun mudah digunakan oleh banyak kalangan masyarakat.
- ItemAPLIKASI PERMAINAN PUZZLE UNTUK MELATIH DAYA KREATIVITAS ANAK-ANAK DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0(Universitas Widyatama, 2012) Suhendar, Budi RamdaniPuzzle merupakan salah satu jenis permainan yang biasanya menggunakan potongan (pieces), dan pemain diminta memindahkan potongan (pieces) secara bebas. Umumnya puzzle memiliki potongan (pieces) dengan bentuk yang kompleks sehingga selama kita berusaha mencocokkan gambar, kita juga harus mencocokan bentuk sambungannnya. Permaian puzzle ini dimulai dari jenis potongan Puzzle yang berjumlah belasan keping, hingga berjumlah puluhan bahkan ratusan keping. Pemain memindahkan potongan secara bebas di posisi mana saja, tanpa harus tergantung pada keberadaan ruang kosong. Program permainan ini adalah bentuk potongannya adalah kotak. Tampilan gambar Puzzle pun dilengkapi pemutar musik dan keterangan pengetahuan dari gambar sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran khususnya ilmu pengetahuan umum (Game Education) yang dapat digunakan sebagai permainan sekaligus meningkatkan memori atau menguji daya ingat motorik dan menambah kecerdasan anak-anak. Metodologi yang dipakai dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan metodologi Waterfall, sedangkan tools pemodelan menggunakan UML (Unifield Modeling Language). Bahasa pemrograman yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah Visual Basic 6.0. Aplikasi ini sangat user friendly karena penggunaannya sangat mudah.
- ItemAPLIKASI PENJUALAN PC GAME SECARA ONLINE (STUDI KASUS : PENJUALAN PC GAME DI GO_GAMING)(Universitas Widyatama, 2012-06) Gustiawan, FebryABSTRAK Go_Gaming adalah sebuah re-seller yang bergerak dibidang penjualan pc game dan mulai berjalan sejak bulan September 2011. Pada awal memulai bisnis ini go_gaming menggunakan Kaskus dan Twitter sebagai media untuk menjual dan mempromosikan dagangannya, tidak hanya membeli bahkan konsumen dapat memesan game yang tidak ada didalam daftar. Apabila game tersebut ada maka game itu pun akan dijual kepada konsumen yang memesannya dan memasukkan kedalam daftar game. Lambat laun go_gaming merasa membutuhkan sebuah aplikasi yang berbasis web untuk lebih bisa mengontrol data lebih baik lagi dan juga lebih praktis, sehingga bisnisnya dapat berjalan lebih lancar lagi. Untuk itu penulis mempunyai ide membuat sebuah aplikasi penjualan dan pemesanan secara online yang menggunakan bahasa pemrograman php dan sebagai toolnya penulis menggunakan macromedia dreamweaver 8, sedangkan untuk mengedit gambar menggunakan paint, fireworks 8 atau juga bisa dengan adobe photoshop. Lalu untuk melihat hasil penulis menggunakan browser mozila firefox, selain firefox bisa juga menggunakan browser yang lainnya. Untuk menjalankan aplikasi tidak lupa juga harus di instal xampp yang berfungsi sebagai perangkat yang menggabungkan tiga aplikasi ke dalam satu paket, yaitu Apache, MySQL dan PHPMyAdmin. Aplikasi ini terdapat konten-konten menu yang mudah diakses dan dimengerti oleh konsumen dan terdapat kategori-kategori untuk produk, sehingga konsumen dapat mencari game sesuai dengan kategori yang diinginkan. Bukan hanya itu, tapi juga terdapat produk-produk best seller. Kata kunci : aplikasi, game, penjualan
- ItemPERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN DI UKM ( Studi Kasus : TAS KULIT HOUSE OF LEATHER BANDUNG)(Universitas Widyatama, 2012-06) Astuti, Karina DewiABSTRAK House Of Leather merupakan salah satu Usaha Kecil Menengah yang bergerak di bidang penjualan tas kulit, di HOL sistem yang sedang berjalan saat ini masih di tulis manual menggunakan buku (manual book), dari proses pencatatan data supplier,data barang , stok barang, data penjualan barang,laporan penjualan dll.sistem ini dirasa masih kurang optimal karena masih menggunakan buku sebagai media pencatatannya. untuk mempermudah pimpinan maupun petugas penjualan Maka dari itu di butuhkan suatu wadah atau media yang mampu membantu dalam mengelola data agar tidak tercecer,Untuk mengatasi masalah tersebut di perlukan sebuah aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan untuk pimpinan maupun petugas penjualan. Metode yang diajukan dalam pengembangan system yaitu Pengembangan sistem menggunakan analisa berorientasi objek dengan metoda waterfall dengan menggunakan tools Unified Modeling Language (UML) dan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0, Microsoft Office Access 2007 Database Server. Hasilnya berupa aplikasi yang dapat di implementasikan melalui Desktop. Kata Kunci : Visual Basic 6.0, Microsoft Office Access 2007. Unified Modelling Language (UML)
- ItemSISTEM INFORMASI PENJUALAN PAKAIAN JADI PADA DISTRO BLINDWEAR BANDUNG(Universitas Widyatama, 2012-06) Hasyim, Faisal IbnuABSTRAKSI Dengan kemajuan teknologi terutama pada bidang teknologi informasi, website salah satu media yang tepat untuk memberikan layanan informasi. Dengan membangun sebuah perangkat lunak layanan informasi berbasis media website, tentunya segala layanan informasi yang hendak di berikan terhadap masyarakat ataupun sekedar mengenalkan identitas perusahaan itu sendiri dapat menggunakan media website tanpa ada keterbatasan ruang informasi karena website bersifat dinamis sehingga dapat berubah-ubah isi website itu sendiri sesuai dengan kebutuhan. Sistem informasi penjualan ini diharapkan menjadi metode alternatif dalam melakukan promosi dan transaksi pembelian yang lebih mudah, efektif dan efisien. Sistem ini terfokus pada user (pelanggan) dan admin. Fitur yang dapat diakses oleh pelanggan setelah melakukan pendaftaran dan login yaitu melakukan proses pemesanan. Perancangan dilakukan menggunakan tool software Xampp dengan web desainer Macromedia Dreamweaver 8, serta flash untuk animasi. Pembuatan sistem penjualan ini memudahkan pelanggan dalam melakukan proses pembelian serta memudahkan pemilik toko dalam melakukan promosi produk nya lebih efektif dan efisien. Kata Kunci : Waterfall, Data Flow Diagram (DFD), XAMPP, PHP, Macromedia Dreamweaver 8, Website
- ItemPEMBUATAN ELECTRONIC MAGAZINE MENGGUNAKAN TAMPILAN EDISI ONLINE (STUDI KASUS DI PKM SENTRA UNIVERSITAS WIDYATAMA) TUGAS AKHIR(Universitas Widyatama, 2012-06) Pradeka, DedenABSTRAK Pers Kampus Mahasiswa sEntra merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa dibidang jurnalistik yang berada di bawah naungan Lembaga Kemahasiswaan Universitas Widyatama. Sebagai pusat informasi bagi mahasiswa Universitas Widyatama, sEntra sering menerbitkan majalah cetak yang dikemas dalam artikel yang menarik. Tetapi banyak kelemahan dari majalah cetak baik dari sisi pengurus sEntra maupun pembaca, seperti biaya percetakan yang mahal, jumlah majalah dan halaman yang terbatas, dan pembuatan majalah cetak dalam satu kali terbit membutuhkan waktu yang lama, sehingga berita tidak up to date. Maka dapat disimpulkan Electronic Magazine sangat dibutuhkan baik dari sisi pengurus sEntra maupun pembaca. Website Electronic Magazine yang akan dibuat adalah menggunakan tampilan edisi online. Edisi online, adalah dimana artikel-artikelnya telah diatur dalam menu pengkategorian yang dapat memudahkan pembacanya. Pembaca dapat langsung memilih informasi yang benar-benar ingin dilihatnya pada saat itu tanpa perlu mencari terlebih dahulu. Biasanya berita-berita yang dikeluarkan majalah elektorinik adalah bersifat straight news atau berita langsung yang digunakan untuk menyampaikan kejadian penting yang secepatnya perlu diketahui pembaca. Pengembangan sistem ini dilakukan dengan menggunakan metode Waterfall, sedangkan tools untuk pemodelan menggunakan UML (Unifield Modeling Language). Bahasa pemrograman yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah PHP dan XAMPP untuk database. Kata Kunci : Up to date, Electronic Magazine, Edisi Online, Straight News, Waterfall, UML (Unifield Modeling Language).
- ItemPEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI TRAVEL BERBASIS WEB (STUDI KASUS : DI BARAYA TRAVEL BANDUNG)(Universitas Widyatama, 2012-06) FakhruroziABSTRAK Perkembangan teknologi yang semakin maju dalam bidang komputer menjadikan sistem informasi memiliki peranan penting dalam semua sektor manajemen suatu perusahaan, termasuk di dalamnya mengenai proses pengolahan data. Apalagi dengan perkembangan dunia internet yang begitu pesat dewasa ini sehingga menuntut setiap orang untuk memperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat. Baraya Tarvel adalah sebuah perusahaan jasa yang bergerak dibidang transportasi darat dengan jurusan Bandung-Jakarata. Sebagai salah satu perusahaan jasa transportasi, Baraya Travel dituntut untuk selalu standby dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal reservasi tiket, seperti informasi jadwal keberangkatan, pemesanan tiket, maupun pembelian tiket travel. Metode pendekatan yang digunakan dalam perancangan sistem ini adalah metode pendekatan berorientasi objek dengan menggunakan waterfall sebagai metode pengembangannya. Alat yang digunakan untuk merancang sistem, yaitu UML (Unified Modeling Language), use case diagram, activity diagram, class diagram, sequence diagram, collaboration diagram, dan component diagram. Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara dan penelitian kepustakaan. Dan aplikasi yang digunakan dalam pembuatan sistem yaitu PHP dan MySQL. Sistem pemesanan tiket yang dirancang dapat memudahkan operator dalam melakukan pencarian data penumpang, melihat detail pemesanan, dan mengupdate data penumpang, mengelola pembuatan jadwal, dengan menggunakan database sebagai media penyimpanannya. Diharapkan dengan aplikasi ini dapat meningkatkan pelayanan dan kinerja operator dalam melayani pemesanan tiket. Kata Kunci : Perangakat lunak, reservasi tiket, waterfall, UML (Unified Modeling Language), PHP (Personal Home Page), MySQL.
- ItemAUDIT IT GOVERNANCE DI UNIVERSITAS WIDYATAMA DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT PADA DOMAIN AQUISITION AND IMPLEMENTATION (AI)(Universitas Widyatama, 2013) Wibawa, HadianaInformation Technology Governance (IT Governance) merupakan faktor penting bagi organisasi dalam memanfaatkan teknologi informasi. Adanya IT Governance akan memberikan jaminan bahwa pemanfaatan teknologi informasi sejalan dengan tujuan organisasi. Dalam membangun sebuah IT Governance, dapat diadopsi beberapa standar seperti ITIL, COSO, ISO27001, ISO38500 dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan COBIT, dengan pertimbangan COBIT dibuat dengan menggunakan standar IT lain sebagai referensinya, sehingga keselarasan pengembangan IT dengan tujuan institusi relatif lebih terjamin. Pengembangan model IT Governance dimulai dengan menentukan critical success factor (CSF) dari sasaran IT institusi, pengukuran tingkat kematangan current IT Governance, analisis gap hingga analisa resiko untuk mengidentifikasi proses IT yang urgent untuk diimplementasikan. Pada bagian akhir diberikan rekomendasi perbaikan proses IT sesuai dengan maturity level-nya. Hasil penelitian ini adalah usulan model IT Governance yang diharapkan cukup sesuai bagi organisasi Universitas Widyatama. Domain AI pada COBIT berkaitan dengan implementasi solusi IT dan integrasinya dalam proses bisnis organisasi, juga meliputi perubahan dan perawatan yang dibutuhkan sistem yang sedang berjalan untuk memastikan daur hidup sistem tersebut tetap terjaga. Secara umum, untuk mencapai tingkat yang lebih baik organisasi perlu mendefinisikan (secara formal) dan mensosialisasikan kebijakan, prosedur serta standar yang dibutuhkan dalam pengelolaan informasi; mengelola dokumen pengoperasian setiap proses layanan IT; menjalankan fungsi pengawasan, pelaporan dan evaluasi proses, serta memfasilitasi knowledge sharing antar individu penanggung jawab proses sehingga diharapkan ketergantungan sistem IT terhadap individu dapat diperkecil.
- ItemAUDIT SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT DENGAN DOMAIN DELIVERY AND SUPPORT (DS) STUDI KASUS : UNIVERSITAS WIDYATAMA(Universitas Widyatama, 2013) Dianisa, FahrinSistem informasi merupakan kumpulan elemen-elemen atau sumber daya dan jaringan prosedur yang saling berkaitan secara terpadu, terintegrasi dalam suatu hubungan hierarki tertentu, dan bertujuan mengolah data menjadi informasi. Audit sistem adalah sebuah proses yang sistematis dalam mengumpulkan dan mengevaluasi bukti-bukti untuk menentukan bahwa sebuah sistem informasi berbasis komputer yang digunakan oleh organisasi telah dapat mencapai tujuannya. Universitas Widyatama merupakan salah satu universitas swasta yang terkenal dibandung. Universitas Widyatama memiliki bagian TI yang cukup baik, E-campus salah satu program aplikasi yang dibuat oleh bagian TI. Metode pendekatan yang dilakukan penulis dalam pembuatan Audit Sistem Informasi ini menggunakan model IT Governance dengan standar Framework Cobit dengan Domain Delivery and Support (DS). Metode yang digunakan untuk merancang audit sistem informasi ini yaitu dengan survey langsung, pengumpulan data, menentukan CSF(Critical Succes Factor),KGI(Key Goal Indicators), KPI(Key Performance Indicators), penyusunan instrument kuesioner, pelaksanaan audit dan pengumpulan kuesioner, analisis dan evaluasi hasil temuan. Audit sistem informasi yang dilakukan ini untuk dapat mengetahui dan mempelajari tata kelola bagian TI di Universitas Widyatama.
- ItemSISTEM INFORMASI PERTANIAN JAWA BARAT BERBASIS WEB DI PT.RAPIDSOFT INTERNATIONAL(Universitas Widyatama, 2013) Saputra, RokiPT.RapidSoft International merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Akumulasi pengalaman tim membuat RapidSoft tetap eksis dan tercatat sebagai perusahaan IT yang tumbuh dengan cepat. Jejaring dan kerjasama global mendorong Rapidsoft untuk selangkah demi selangkah menjadi pemain profesional dalam bidang ICT (Information and Communication Technology). PT. RapidSoft International ingin mengembangkan bisnis di bidang Pertanian untuk dapat meningkatkan kinerja perusahaan, maka akan di bangun website Sistem Informasi Pertanian Jawa Barat. Pengembangan sistem ini dilakukan dengan menggunakan metode Waterfall, sedangkan tools untuk pemodelan menggunakan UML (Unifield Modeling Language). Bahasa pemrograman yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah PHP dan XAMPP untuk database. Website Sistem Informasi Pertanian Jawa Barat yang akan dibuat adalah menggunakan tampilan edisi online. Edisi online, adalah dimana informasi-informasinya telah diatur dalam menu pengkategorian yang dapat memudahkan pembacanya. Pembaca dapat langsung memilih informasi yang benar-benar ingin dilihatnya pada saat itu tanpa perlu mencari secara langsung terlebih dahulu.
- ItemSISTEM PENDUKUNG PEMBELAJARANBERBASIS WEB DI SMA NEGERI 1 BANTAENG DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER(Universitas Widyatama, 2013) Bakri, Fadely GunawanSeiring dengan perkembangan Teknologi Informasi yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis TImenjadi tidak terelakan lagi. Terdapat sebuah konsep yang di kenal dengan sebutan e-learning inimembawa pengaruh terjadinya proses tranformasi pendidikan kovensional ke bentuk digital, baik secara isi maupun sistemnya. Sistem Pendukung Pembelajaranmerupakan sistem pendidikan yang menggunakan aplikasielektronik untuk mendukung pengembangan kegiatan belajar mengajar dengan media elektronika. Sistem Pendukung Pembelajarandapat mempermudahinteraksi antara peserta didik dengan bahan materi, peserta didik dengan pengajar, maupun antara sesama peserta didik. Sistem Pendukung Pembelajarandapat membuat peserta didik saling berbagi infomasi dan mengakses bahan-bahan pelajaran setiap saat dan berulang-ulang, dengan tampilan yang cukup menyenangkan bagi para peserta didik, dengan kondisi yang demikianlah peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaanya terhadap materi pelajaran. Teknologi Informasi merupakan pokok penting dalam ilmu pengetahuan apalagi di era globalisasi seperti sekarang yang rata-rata sudah menerapkan beberapa aplikasi Teknologi Informasi. Pelajaran seperti Teknologi Informasi bukan pelajaran yang bisa dikuasai dengan hanya menghafal materi tetapi perlu diselingi dengan praktek yang rutin. Proses belajar mengajar di dalam kelas tidak akan cukup. Untuk itu perlu suatu media yang bisa membantu proses belajar konvensional. Pengembangan Sistem Pendukung Pembelajaran berbasis web ini dilakukan dengan menggunakan metode Waterfall, sedangkan tools¸yang untuk pemodelan menggunakan UML (Unified Modeling Language). Bahasa pemrograman yang digunakan untuk pembuatan Sistem Pendukung Pembelajaran ini adalah PHP dengan menggunakan framework CodeIgniter dan Appserv untuk web server serta PHPMyAdmin untuk database. Sistem Pendukung Pembelajaran berbasis web dapat membantu kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik.Karena belum adanya website sekolah, Sistem Pendukung Pembelajaran berbasis web ini juga menampilkan berita-berita terbaru tentang sekolah seperti pengumuman, agenda, dll.